9 Teknologi yang Tersedia dalam Layanan BPO Contact Center

BPO Contact Center


Penulis : Administrator - Selasa, 22 Agustus 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - BPO Contact Center. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - BPO Contact Center. Shutterstock

"Ternyata, layanan BPO Contact Center menyediakan lebih dari satu teknologi pendukung untuk operasional layanan pelanggan bisnis Anda!"

Dalam era globalisasi saat ini, setiap pelanggan menuntut bisnis untuk memberikan layanan pelanggan yang lebih baik, lebih cepat, dan lebih responsif. Dengan memerhatikan ketiga aspek ini, pelanggan akan merasa diprioritaskan oleh bisnis sehingga meningkatkan loyalitas mereka terhadap bisnis. Sebagai salah satu pilihan, bisnis bisa menggunakan pihak ketiga berupa layanan BPO Contact Center. Dengan begitu, pelanggan dapat menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Layanan BPO Contact Center menyediakan sejumlah teknologi mutakhir yang mendukung efisiensi dan kualitas layanan pelanggan bisnis.

Kenali Apa Itu Layanan BPO Contact Center

Layanan BPO Contact Center adalah suatu bentuk strategi bisnis di mana suatu bisnis mengontrakkan sebagian atau seluruh fungsi layanan pelanggannya kepada pihak ketiga, yang disebut sebagai penyedia layanan BPO. Dalam konteks contact center, layanan BPO mengacu pada penanganan interaksi pelanggan melalui berbagai saluran komunikasi seperti telepon, email, chat, dan media sosial.

Baca juga: 3 Produk BPO Contact Center Ini Dapat Mendukung Layanan Pelanggan Anda

Teknologi yang Tersedia dalam Layanan BPO Contact Center

Inilah sembilan teknologi yang disediakan oleh layanan BPO Contact Center:

  • Sistem Contact Center Omnichannel

Adanya sistem contact center omni-channel memungkinkan pelanggan untuk berinteraksi dengan bisnis melalui berbagai saluran komunikasi, seperti telepon, email, pesan teks, media sosial, dan lainnya.

  • Sistem Telephony

Kemudian, BPO Contact Center juga menyediakan sistem telephony sebagai solusi panggilan suara yang mampu menyederhanakan pengelolaan panggilan masuk dan keluar serta routing panggilan ke agen yang tepat.

  • Robocall

Robocall merupakan sebuah teknologi otomatisasi yang mampu mengirim pesan suara ke pelanggan dengan informasi penting atau promosi.

  • Chatbot

Sementara itu, chatbot adalah sebuah sistem otomatis yang bisa menjawab pertanyaan pelanggan melalui chat, memberikan respons cepat, dan mengurangi waktu tunggu.

  • BSP Whatsapp

Integrasi Whatsapp dalam layanan BPO Contact Center dapat memberikan dukungan pelanggan melalui platform populer ini.

  •   SIP Trunk Provider

Layanan BPO Contact Center mampu memberikan konektivitas melalui protokol SIP sehingga bisnis dapat melakukan panggilan suara dan video melalui jaringan data.

  • Premium Number Provider

Kemudian BPO Contact Center juga menyediakan premium number yang mampu memberikan tingkat layanan yang lebih tinggi untuk pelanggan yang membayar lebih.

  • Digital Monitoring Terintegrasi

Berkat digital monitoring tools yang disediakan BPO Contact Center, bisnis mampu memantau aktivitas digital dan sosial media pelanggan secara real-time. Dengan ini, bisnis dapat memberikan tanggapan cepat terhadap umpan balik pelanggan.

  • Tech Support 24/7

Terakhir, BPO Contact Center juga menyediakan dukungan teknis sepanjang waktu untuk pelanggan yang mengalami masalah teknis terkait produk atau layanan yang disediakan.

Cara Memilih Layanan BPO Contact Center untuk Layanan Pelanggan Bisnis Anda?

Memilih teknologi yang sesuai untuk layanan BPO contact center Anda adalah sebuah langkah yang penting dalam meningkatkan efisiensi operasional layanan pelanggan. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan adalah berikut ini:

  • Kebutuhan Pelanggan

Pertama, lakukan identifikasi saluran komunikasi yang paling relevan dengan audiens Anda, seperti media sosial, chat, atau panggilan suara.

  • Skalabilitas

Pilihlah teknologi yang dapat dengan mudah ditingkatkan seiring pertumbuhan bisnis Anda.

  • Integrasi

Kemudian, jangan lupa untuk memastikan juga bahwa teknologi yang Anda pilih dapat terintegrasi dengan sistem dan platform yang sudah ada dalam bisnis.

  • Keamanan

Pertimbangkan keamanan data pelanggan dan informasi sensitif lainnya yang akan dikelola oleh teknologi tersebut.

  • Kemampuan Analisis

Pilihlah teknologi yang dapat memberikan wawasan dan analisis yang berguna tentang perilaku dan preferensi pelanggan bisnis Anda.

Tips Memilih Layanan BPO Contact Center yang Sesuai dengan Kebutuhan Bisnis Anda

Berikut ini adalah sejumlah tips memilih layanan BPO Contact Center yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda:

  • Lakukan Riset Mendalam

Pelajarilah teknologi yang tersedia. Lakukan perbandingkan antara fitur dan apa saja manfaatnya untuk kebutuhan bisnis Anda.

  • Tanyakan kepada Pakar

Konsultasikan dengan layanan BPO Contact Center untuk mendapatkan pandangan mereka tentang teknologi yang paling sesuai dengan bisnis Anda.

  • Uji Coba

Lakukan uji coba teknologi yang hendak digunakan sebelum mengimplementasikannya secara penuh dalam bisnis.

  • Dukungan Pelanggan

Jangan lupa untuk memastikan bahwa ada dukungan teknis yang baik dari layanan BPO Contact Center.

  • Perencanaan Implementasi

Rencanakan dengan matang bagaimana teknologi tersebut akan diimplementasikan dan diintegrasikan dalam operasional bisnis Anda.

Baca juga: Catat Teknologi yang Bantu Kembangkan Perusahaan BPO Anda

Percayakan Kami Sebagai Penyedia Layanan BPO Contact Center yang Terpercaya!

Teknologi yang tersedia dalam layanan BPO Contact Center memiliki peran krusial dalam meningkatkan hubungan pelanggan, meningkatkan efisiensi, dan menjaga reputasi bisnis. Dengan memahami berbagai teknologi ini dan memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda, Anda dapat meningkatkan kualitas layanan pelanggan dan meraih keunggulan kompetitif di pasar.

Untuk mendapatkan teknologi tersebut, lakukan kolaborasi dengan layanan BPO Contact Center dari Ivosights. Kami menyediakan berbagai teknologi terkait berupa sistem omnichannel, Whatsapp Business API, hingga digital listening tools. Ketiga platform ini sudah mendukung API Integration sehingga dapat diintegrasikan dengan sistem yang sudah ada di bisnis Anda. Perusahaan kami sudah mendapatkan sertifikasi dari Kementrian Komunikasi dan Informatika sehingga keamanannya sudah terjamin. Tunggu apalagi? Segera hubungi tim kami untuk mendapatkan layanan terkait BPO Contact Center ini!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami