7 Komponen Wajib Pada Annual Report Perusahaan

Sociomile


Penulis : Administrator - Selasa, 06 Desember 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Annual report. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Annual report. Shutterstock.

"Annual report bukan sekadar laporan berisi data bagi perusahaan saja, namun berfungsi untuk kemajuan perusahaan"

Setiap perusahaan yang sadar akan pentingnya suatu perkembangan umumnya akan memiliki annual report. Annual report bukan sekadar laporan berisi data saja bagi perusahaan. Ada pun annual report sendiri memiliki fungsi yang sangat penting untuk kemajuan perusahaan seperti misalnya mengetahui kondisi keuangan perusahaan secara rinci, mengecek keberhasilan suatu marketing, hingga rangkuman lengkap aktivitas operasional di dalam suatu perusahaan.

Pada artikel ini kamu akan mengetahui sedikit banyak tentang annual report. Pertama-tama, kita akan mengetahui sebuah annual report yang baik itu isinya seperti apa, sih? Berikut adalah komponen penting yang wajib ada pada annual report!

Komponen Penting pada Annual Report

Hal yang perlu diperhatikan saat membuat annual report adalah kelengkapan komponennya. Jika komponennya tidak terpenuhi maka besar kemungkinan report ini tidak memberikan gambaran jelas mengenai keunggulan, keberhasilan, dan kondisi operasional di dalam perusahaan. Nah, komponen-komponen itu terdiri dari hal-hal sebagai berikut:

  • Surat-Surat Penting

Satu komponen penting yang harus ada pada annual report adalah surat-surat penting. Setiap perusahaan membutuhkan jenis surat yang berbeda-beda. Surat ini bisa dikatakan sebagai surat yang menyatakan legalisasi report tersebut. Pada perusahaan yang ingin mendapat annual report keuangan, maka surat yang harus disiapkan adalah surat kepada stakeholder atau surat kepada pemegang saham.

  • Data Perkembangan

Tentunya, annual report dibuat karena adanya penyusunan data-data yang menyimpulkan perkembangan tertentu dalam suatu perusahaan. Oleh karena itu, komponen penting yang harus ada pada suatu annual report berikutnya adalah data-data perkembangan perushaan dari tahun ke tahun. Misalnya, untuk perkembangan keuangan, maka dibutuhkan data perkembangan keuangan dan kondisi keuangan perusahaan dari satu waktu ke waktu lain.

  • Analisis dan Pembahasan Manajemen

Setelah seluruh data perkembangan terkumpul, kesimpulan perkembangan ini baru bisa ditarik setelah adanya analisis. Maka, hal berikutnya yang harus ada pada annual report adalah analisis itu sendiri. Analisis juga bukan berfokus pada datanya akan tetapi juga pembahasan manajemen kerja. Seorang manajer akan membahas dan menganalisis data-data yang sudah terkumpul untuk mengerucutkan suatu kesimpulan pada annual report. Annual report yang baik memerlukan kesimpulan yang jelas.

  • Catatan Manajemen

Selain menganalisis data, pada suatu annual report dibutuhkan pula catatan manajemen yang lengkap. Catatan manajemen ini harus bisa menjelaskan manajemen yang ada pada perusahaan termasuk sistem laporan kinerja. Pada perusahaan yang menginginkan annual report untuk keuangan, maka catatan manajemen harus membahas sistem laporan keuangan.

  • Catatan Internal Perusahaan

Sebagai pelengkap yang adil untuk menyimpulkan keberhasilan suatu kinerja, maka catatan lain dibutuhkan pada suatu annual report yang baik adalah catatan mengenai internal perusahaan. Suatu perusahaan memiliki kontrol internal yang berbeda sehingga hal ini perlu dibahas dalam annual report untuk melengkapi data dan melihat dari sisi yang berbeda juga.

  • Pernyataan Auditor

Komponen penting lain yang harus ada pada suatu annual report selanjutnya adalah pernyataan dari orang-orang yang berkompetensi memeriksa sebuah laporan. Dalam suatu perusahaan yang membutuhkan annual report tentang keuangan, maka pernyataan seorang auditor harus melengkapi annual report tersebut. Seorang auditor berjasa dalam pemeriksaan laporan keuangan agar terbebas dari kesalahan uji, maka dari itu komponen ini bisa dikatakan sangat perlu untuk dimasukkan dalam annual report.

  • Laporan Keuangan

Pada suatu annual report perusahaan yang membutuhkan data laporan keuangan, maka laporan keuangan ini sudah tentu wajib ada pada annual report karena memang inilah inti dibuatnya suatu annual report. Sistem laporan keuangan sendiri memiliki komponen wajib yang juga harus ada pada saat menyusunnya, komponen ini adalah neraca, laporan laba rugi, ekuitas pemegang saham, arus kas perusahaan, catatan tentang laporan keuangan, hingga daftar nama orang-orang penting yang diperlukan.

Nah, itu dia ketujuh komponen penting yang wajib ada pada sebuah annual report yang baik. Karena kamu sudah mengetahuinya, pastikan kamu memasukkan komponen-komponen ini sebelum menarik kesimpulan penting pada annual report perusahaanmu, ya!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami