5 Tools Wajib Bagi Pekerja WFH

Ripple10 | Kamis, 15 September 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Digital tools. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Digital tools. Shutterstock.

Akibat pandemi, tren WFH (Work from Home) menjadi tren di dunia pekerjaan. Sebenarnya, sebelum adanya pandemi, pekerjaan WFH ini sudah ada di beberapa perusahaan. Namun karena adanya pandemi dan semua orang diharuskan berkegiatan di rumah, maka istilah WFH ini menjadi semakin marak. Pekerja yang tadinya WFO (Work from Office) banyak yang beralih menjadi WFH.

Masa pandemi kini mulai sedikit pulih. Orang-orang mulai kembali melakukan aktivitas dengan normal. Pekerja WFO mulai banyak yang kembali bekerja di kantornya. Pekerja WFH tetap melakukan pekerjaannya secara fleksibel di rumah ataupun di mana saja.

Berbicara mengenai pekerja WFH, mereka lebih identik menggunakan media online sebagai sarana bekerja. Mereka juga mengandalkan beberapa tools yang dapat menunjang aktivitas kerja secara efektif dan efisien. Nah, berikut ini kami akan membagikan beberapa rekomendasi tools wajib buat pekerja WFH.

#1 Zoom

Tools WFH yang pertama adalah Zoom. Zoom merupakan aplikasi video conference yang dapat membuatmu berkomunikasi dengan orang lain melalui video. Dengan Zoom, kamu bisa mengadakan rapat, kelas pembelajaran, webinar, ataupun sesi interview. Zoom memiliki beberapa fitur yakni kualitas audio & video HD, screen sharing, whiteboard, virtual background, record meeting, schedule meeting, dan breakout room.

Zoom ada yang gratis dan berbayar. Untuk Zoom gratis, kamu hanya bisa membuat rapat dengan total maks 100 partisipan dan dikenai limit waktu rapat selama 40 menit. Sedangkan Zoom berbayar jumlah partisipan yang disediakan adalah 100-1000 orang, tanpa dikenai limit waktu pertemuan. Zoom berbayar juga memberikan fasilitas cloud storage sebanyak 5 GB. Zoom dapat digunakan di desktop maupun mobile.

#2 Google Meet

Google Meet adalah sebuah aplikasi video conference milik Google. Setiap orang yang memiliki akun Google bisa memakai aplikasi ini. Sama seperti Zoom, aplikasi ini juga memungkinkan kamu berkomunikasi dengan orang lain via video. Fitur-fiturnya juga tak jauh beda dengan yang dimiliki Zoom. Namun perbedaanya, Google Meet terintegrasi dengan Google Calendar. Dengan begitu, kamu bisa mengatur jadwal meeting dengan mudah. Batas jumlah partisipan Google Meet hanya sampai 250 orang, tanpa batasan waktu. Jadi, Google Meet hanya cocok untuk mengadakan pertemuan yang tidak terlalu besar. Google Meet dapat digunakan di desktop maupun mobile.

#3 Google Drive

Tools WFH ini bisa menjadi solusi bagi kamu yang mempunyai banyak file, tetapi tidak mempunyai media penyimpanan yang memadai. Google Drive adalah aplikasi penyimpanan file dari Google. Google Drive akan menyimpan file-file kamu di sebuah cloud storage (media penyimpanan virtual).

Kapasitas penyimpanan Google Drive cukup beragam. Untuk Google Drive yang gratis, kapasitas penyimpanan yang diberikan adalah 15 GB. Sedangkan yang berbayar, Kapasitas penyimpanan yang tersedia mulai dari 100 GB-2 TB. Di Google Drive kamu bisa menyimpan file dalam berbagai format seperti .DOC, .XLS, .PPT, .ZIP, .RAR, .JPEG, MP3, MP4, dan format yang lainnya.

#4 Trello

Tools WFH yang satu ini berguna untuk hal manajemen kerja. Trello adalah aplikasi yang dapat mengatur sebuah proyek atau tugas pribadi. Trello juga dapat membantu kamu dalam merancang ide, kolaborasi proyek, mengatur alur kerja, dan melacak progres proyek dalam bentuk visual. Bentuk visual yang dimaksud adalah semacam board atau card. Pada dua fitur tersebut, kamu dapat menambahkan hal-hal mengenai proyek atau tugas kamu.

#5 Slack

Slack adalah sebuah aplikasi obrolan instan yang didesain khusus untuk keperluan kerja. Komunikasi di Slack lebih mengarah kepada hal yang bersifat profesional. Dengan Slack, kamu bisa mengirim pesan teks, melakukan video call, membagikan file, dan membuat channel (semacam grup diskusi). Dalam channel Slack, kamu bisa menambahkan maksimal 1000 anggota. Slack dapat digunakan baik di desktop maupun mobile.

Demikian penjelasan mengenai beberapa tools WFH yang wajib digunakan oleh pekerja WFH. Beberapa tools WFH tersebut memiliki fungsi masing-masing yang dapat membantu aktivitas kerja. Jadi, gunakanlah tools-tools tersebut sesuai dengan kebutuhan kamu dalam bekerja!

Bagikan

Akselerasikan Bisnis Anda dengan Ivosights!

Saatnya membangun interaksi pelanggan yang lebih baik lagi untuk kemajuan bisnis Anda. Hubungi kami segera!

Silahkan pilih produk & layanan yang Anda inginkan (boleh lebih dari satu).
logo product checked ripple10
icon checked
logo product checked sociomile
icon checked
logo product checked sociomation
icon checked
logo product checked whatsapp business api
icon checked
logo product checked bpo
icon checked
logo product checked command center
icon checked
logo product checked comprehensive analytic
icon checked
Perhatian! Lengkapi semua data Anda.
Team kami akan segera menghubungi Anda.