5 Manfaat Omni-channel Marketing yang Perlu Anda Tahu

Sociomile | Senin, 08 Agustus 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Omni-channel. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Omni-channel. Shutterstock.

Pernahkah Anda melihat satu iklan yang sama di beragam platform sosial media, di instagram, facebook, atau linkedin, mungkin? Mengapa bisa seperti itu? Nah, apa yang Anda lihat merupakan salah satu strategi marketing bernama omni-channel. Dengan menggunakan strategi marketing ini, Anda akan menemukan konten yang serupa di berbagai saluran yang biasa digunakan untuk marketing.

Nah sebenarnya, apa sih definisi dari omnichannel marketing itu? Terus gimana manfaatin strategi ini buat keuntungan bisnis kita? Buat Anda yang penasaran, yuk simak artikel ini. Baca sampai habis yah.

Definisi Omni-channel Marketing

Menurut Hubspot, omni-channel marketing merupakan pendekatan/strategi dimana perusahaan memberikan promosi produk, penawaran, dan layanan mereka kepada pelanggan di semua saluran, platform, dan perangkat.

Jadi, dibanding hanya mengandalkan satu saluran, melalui strategi ini promosi dilakukan lewat beragam saluran. Baik melalui saluran yang dimiliki, seperti sosial media, website, dan email, atau saluran berbayar yang menggunakan ads. Dengan omni-channel, konsumer bisa membeli produk dari beragam platform yang mereka lihat.

Manfaat Omni-channel Marketing

Ada beragam manfaat yang bisa Anda raih dengan memanfaatkan strategi ini. Diantaranya adalah bisa mendatangkan traffic dan penjualan, lebih mampu memahami customer journey, serta lebih mudah mendapat insight dari customer.

Penting untuk diketahui bahwa setiap orang punya saluran favorit dalam mencari produk yang mereka beli. Itu bisa mencari langsung lewat mesin pencari seperti google, melihat-lihat lewat instagram atau facebook, hingga membuka langsung aplikasi marketplace. Maka penting untuk mempromosikan produkmu lewat berbagai channel. Beberapa manfaat diantaranya:

#1 Mudahkan Calon Customer Menemukan Produk

Seperti dikatakan di atas, setiap calon customer punya channel favoritnya ketika mencari suatu produk. Beberapa lebih nyaman berselancar langsung di sosial media, dan beberapa lebih suka mencarinya langsung lewat google.

Maka penting untuk mempromosikan produkmu lewat beragam channel, tentu dengan karakteristik setiap channel masing-masing. Hal ini akan memudahkan calon customer untuk menemukan produkmu, dan kemudian berkemungkinan besar untuk membeli/memanfaatkan produkmu.

#2 Efisien

Perlu diketahui bahwa setiap channel punya karakteristik dan target audiencenya masing-masing. Misalnya, pengguna instagram dan tiktok kebanyakan adalah anak muda. Sedangkan facebook mayoritas penggunanya merupakan orang dewasa.

Selain itu, tiap saluran juga punya fungsi yang berbeda-beda pula. Tiktok cocok untuk mengupload video pendek, sedang linkedin merupakan platform untuk mencari relasi profesional. Mempromosikan produkmu lewat beragam channel punya banyak manfaat, salah satunya efisiensi.

Efisiensi ini artinya setiap platfrom bisa saling melengkapi satu sama lain. Misalnya, Anda bisa menarik awareness calon konsumen lewat instagram. Lalu, ajaklah mereka untuk mengunjungi websitemu untuk membaca deskripsi produkmu secara lebih lengkap. Kemudian, bila mereka ingin membelinya, arahkanlah mereka ke marketplace agar proses pembelian lebih simple dan mudah. Kolaborasi banyak channel tersebut akan membuat bisnismu lebih efisien.

#3 Lebih Mudah Mengumpulkan Data Customer

Salah satu manfaat dari marketing secara digital adalah Anda bisa memasarkan produk bisnis mu ke audiens yang tepat. Dengan melakukan marketing secara digital, Anda bisa tau demografi, karakteristik, serta kepuasaan dari setiap customer, atau calon customer yang memanfaatkan bisnismu.

Anda bisa tau postingan mana yang paling banyak disukai, konten mana yang paling sering dilihat, dan produk mana yang paling laris dibeli. Dengan menggunakan strategi omnichannel marketing kita bisa tahu, apa saluran yang paling relevan dengan target audiens mu.

#4 Meningkatkan Penjualan

Manfaat berikutnya adalah meningkatkan penjualan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, setiap orang membeli/menemukan produk melalui berbagai channel yang berbeda. Tentu dengan adanya promosi produk lewat beragam channel, akan meningkatkan probabilitas penjualan. Namun, tetap perlu diperhatikan karakteristik setiap channel dan target audiensmu yah.

#5 Berpeluang Mendapat Rekomendasi dari Customer

Salah satu perilaku customer adalah mempromosikan produk yang mereka suka secara sukarela. Salah satu cara agar mereka menyukai produkmu adalah dengan membuat konten-konten yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan mereka. Anda juga perlu “merawat’ own media (media yang Anda punya) secara baik. Misalnya, sering-seringlah berinteraksi dengan pengunjung sosial media yang Anda punya.

Atau jika Anda punya website, buatlah websitemu agar memiliki navigasi yang mudah dan template yang mobile friendly. Nah itulah tadi definisi dan manfaat dari omnichannel marketing. Anda bisa memanfaatkan strategi ini untuk memaksimalkan bisnismu. Namun, Anda jangan khawatir Sociomile dari Ivosights dapat membantu mengoptimalkan bisnis Anda secara maksimal untuk lebih lanjutnya bisa klik link disini!

Bagikan

Akselerasikan Bisnis Anda dengan Ivosights!

Saatnya membangun interaksi pelanggan yang lebih baik lagi untuk kemajuan bisnis Anda. Hubungi kami segera!

Silahkan pilih produk & layanan yang Anda inginkan (boleh lebih dari satu).
logo product checked ripple10
icon checked
logo product checked sociomile
icon checked
logo product checked sociomation
icon checked
logo product checked whatsapp business api
icon checked
logo product checked bpo
icon checked
logo product checked command center
icon checked
logo product checked comprehensive analytic
icon checked
Perhatian! Lengkapi semua data Anda.
Team kami akan segera menghubungi Anda.