5 Fitur WhatsApp yang Jarang Orang Tahu!

Whatsapp Bussiness API | Selasa, 13 September 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Fitur WhatsApp. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Fitur WhatsApp. Shutterstock.

Belakangan waktu ini, aplikasi WhatsApp banyak digunakan oleh pengguna dengan segala fitur yang bisa digunakan dengan cepat, singkat dan memudahkan. Berdasarkan laporan statista, aplikasi ini berhasil mendapatkan 2 miliar pengguna aktif di seluruh dunia hingga Januari 2022 lalu.

Dengan begitu, artinya semua fitur yang dimiliki aplikasi ini sangat membantu pengguna dalam urusan komunikasi. Namun dari beberapa fitur yang seringkali digunakan, masih banyak fitur yang belum banyak diketahui borang. Ini dia 5 diantaranya fitur whatsapp yang jarang diketahui orang banyak! Yuk, disimak!

#1 Perbedaan Nada Dering antar Kontak

Sebagian pengguna aplikasi WhatsApp ada yang sudah menggunakan fitur ini dan banyak pula yang belum mengetahui bagaimana cara fitur ini bekerja. Biasanya yang menggunakan fitur nada dering/ nada pemberitahuan khusus ini digunakan oleh pengguna yang ingin membedakan antara kontak satu dengan kontak lainnya pada saat notification masuk. Fitur ini sangat memudahkan untuk mereka yang malas melihat layar ponsel namun mereka ingin tahu siapa yang mengirim pesan untuknya tanpa perlu melihat layar. Dengan syarat, mereka mengetahui apa perbedaan nada dering kontak yang digunakan dengan nada dering kontak lainnya.

Bagi pengguna whatsapp android, bisa memilih kontak obrolan teman yang akan diubah nada deringnya > pilih custom notifications > beri centang pada kotak bertuliskan “use custom notifications” > pilih nada dering apa yang akan dipilih untuk membedakan nada deringnya dengan kontak yang lain. Setelah itu secara otomatis fitur tersebut akan bekerja ketika waktunya kontak tersebut mengirim pesan pada kalian.

Sedangkan bagi para pengguna Iphone, kalian bisa membuka nama kontak yang akan diubah > pilih nada khusus. Setelah itu tentukan nada yang akan diberikan. Secara otomatis fitur itu akan bekerja.

#2 Menyembunyikan Centang Biru

Bagi sebagian orang centang biru pada Whatsapp cukup penting, namun ada juga yang beranggapan bahwa mereka akan jauh lebih tenang jika centang birunya dimatikan agar orang tidak mengetahui apakah pesan mereka sudah kita baca ataupun belum dengan alasan privasi dan alasan-alasan lainnya. Selain itu fitur ini akan sangat bermanfaat bagi mereka yang memang tidak ingin terlalu diketahui eksistensinya selama menggunakan Whatsapp. Contohnya ketika mereka membuka cerita orang di Whatsapp, tanpa orang itu ketahui bahwa mereka sebenarnya sudah melihat ceritanya. Karena fitur ini pun bisa menghilangkan namanya pada daftar “pemirsa” cerita orang tersebut. Menarik Untuk mencobanya, bukan?

Untuk kalian yang ingin mencobanya, kalian bisa menonaktifkan centang biru dengan membuka Pengaturan > Akun > Privasi > Turn off Receipt. Setelah itu, fitur akan otomatis bekerja dan akan menghilangkan tanda biru pada room chat lawan chat maupun di room chat kalian.

#3 Mute Notification

Fitur whatsapp yang jarang diketahui selanjutnya adalah fitur mute notification. Dengan begitu ketika kita merasa terganggu dengan entah itu chat personal maupun dentingan notifikasi dari grup WhatsApp yang terkadang bisa membuat kalian geram sendiri. Kini bisa diatasi dengan fitur WhatsApp yang satu ini. Kalian bisa memilih akan berapa waktu notifikasi tersebut akan kalian mute. Entah itu dalam jangka waktu 8 jam, satu minggu ataupun selalu dimatikan. Sehingga kalian tidak perlu pusing dan merasa terusik ketika banjir notifikasi. Karena sudah dicegah dengan cara memakai fitur mute notification ini.

Caranya mudah sekali. Pertama kalian memilih dan menekan kontak/grup mana yang akan kalian mute > setelah ditekan, pada bagian atas terdapat ikon audio > coret pada ikon tersebut lalu pilih akan berapa lama kontak/ percakapan grup tersebut akan kalian mute.

#4 Mematikan Fitur Download Otomatis

Fitur Whatsapp yang jarang diketahui banyak orang salah satunya yaitu mematikan fitur download otomatis pada seluler. Biasanya, berbagi pesan secara personal maupun di dalam grup dengan banyak sekali jenis pengiriman entah itu gambar, video maupun file yang tentu akan membuat memori internal kalian otomatis penuh tanpa kamu sadari. Nah, dengan adanya fitur WhatsApp ini, akan sangat membantu bagi kalian yang tidak suka melihat file seperti itu menumpuk dan akan memakai ruang penyimpanan dengan sia-sia.

Jika kalian ingin mencobanya, khusus pengguna android kalian bisa langsung menuju pengaturan > penyimpanan dan data > nonaktifkan mengunduh otomatis. Fitur whatsapp ini akan bekerja secara otomatis jika kalian sudah mengoperasikan tutorial di atas. Sehingga tidak akan banyak ruang penuh di penyimpanan kalian. Melainkan ketika kalian ingin melihat gambar yang dikirim oleh teman/ grup kalian, bisa menekan download terlebih dahulu setelah itu gambar akan bisa kalian lihat.

Bagi pengguna Iphone, kalian bisa langsung membuka pengaturan > penggunaan data dan penyimpanan > media > hentikan gambar dan video yang tersimpan otomatis. Setelah itu kalian bisa menikmati fitur WhatsApp yang jarang diketahui orang banyak ini. Selamat mencoba!

#5 Memberi Reaction Chat

Fitur whatsapp yang satu ini sangat terbaru yang baru saja diperbarui oleh Whatsapp belakang waktu ini. Fitur ini membantu kalian ketika malas memberikan tanggapan berupa kalimat panjang. Dengan adanya fitur ini kalian bisa mengungkapkan apa yang kalian ingin sampaikan melalui emoji yang telah disediakan keyboard seluler kalian dan juga yang terdapat pada. Dengan begitu, percakapan menjadi lebih hidup ketika pesan tersebut ditanggapi daripada tidak sama sekali.

Cara menggunakan fitur ini sangat mudah. Kalian tinggal menekan pesan yang akan kalian beri reaction > pilih emoji reaction yang akan kalian kirim. Setelah tu secara otomatis notification akan muncul pada seluler yang bersangkutan. Sehingga komunikasi kalian bisa menjadi lebih berwarna.

Kesimpulan

Banyak fitur WhatsApp yang belum diketahui banyak orang, padahal fitur tersebut sangat membantu usernya untuk memenuhi kebutuhan komunikasinya bersama teman, keluarga dan yang lainnya. Denan itu, fitur-fitur WhatsApp ini akan bermanfaat sekali bagi kalian yang ingin mencobanya. Selamat mencoba!

Bagikan

Akselerasikan Bisnis Anda dengan Ivosights!

Saatnya membangun interaksi pelanggan yang lebih baik lagi untuk kemajuan bisnis Anda. Hubungi kami segera!

Silahkan pilih produk & layanan yang Anda inginkan (boleh lebih dari satu).
logo product checked ripple10
icon checked
logo product checked sociomile
icon checked
logo product checked sociomation
icon checked
logo product checked whatsapp business api
icon checked
logo product checked bpo
icon checked
logo product checked command center
icon checked
logo product checked comprehensive analytic
icon checked
Perhatian! Lengkapi semua data Anda.
Team kami akan segera menghubungi Anda.