Meningkatkan Business Growth pada Industri Keuangan dengan WhatsApp

Ivosights


Penulis : Administrator - Jumat, 11 Agustus 2023
Ket. Foto: Tiga penanya terbaik di acara Exploring WhatsApp for Business Growth in Financial Industry. Dok. Ivosights
Ket. Foto: Tiga penanya terbaik di acara Exploring WhatsApp for Business Growth in Financial Industry. Dok. Ivosights

"WhatsApp memberikan potensi menciptakan pengalaman pelanggan yang baik, memperkuat reputasi perusahaan, dan menghasilkan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan dalam industri keuangan"

Tahukah Anda jika industri keuangan bisa meningkatkan business growth dengan menggunakan WhatsApp Business API? WhatsApp Business API dapat menjadi kunci untuk business growth dalam industri keuangan. Hal ini dikarenakan WhatsApp Business API dapat memberikan kesempatan bagi perusahaan untuk mengoptimalkan interaksi dengan pelanggan secara lebih efektif. Dengan kemampuan untuk memberikan layanan pelanggan yang cepat dan responsif, serta berkomunikasi dalam waktu nyata, perusahaan keuangan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan membangun hubungan yang lebih dekat dengan mereka.

WhatsApp Business API juga memungkinkan perusahaan untuk melakukan personalisasi pesan dan segmentasi pelanggan, sehingga pesan yang dikirimkan menjadi lebih relevan dan memiliki potensi lebih besar untuk meraih respon positif dari pelanggan. Melalui platform ini, perusahaan keuangan dapat mengirimkan notifikasi transaksi, informasi keuangan, dan pengingat pembayaran, yang meningkatkan keamanan dan mempermudah akses pelanggan terhadap informasi akun mereka.

Lebih dari itu, WhatsApp Business API dapat digunakan untuk tujuan pemasaran dan promosi, sehingga memungkinkan perusahaan untuk mencapai lebih banyak calon nasabah dan memperluas pangsa pasar. Dengan analisis data yang disediakan oleh WhatsApp Business API, perusahaan dapat memantau kinerja kampanye dan beradaptasi sesuai kebutuhan, sehingga dapat meningkatkan efektivitas strategi komunikasi mereka. Dengan manfaat-fitur yang ditawarkan, WhatsApp Business API memberikan potensi untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih baik, memperkuat reputasi perusahaan, dan menghasilkan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan dalam industri keuangan.

Hal inilah yang coba disampaikan Ivosights bersama META pada #Ivotalk yang bertajuk ‘Exploring WhatsApp for Business Growth in Financial Industry’ awal Agustus lalu. Dengan memberikan kemudahan akses, komunikasi cepat, dan layanan pelanggan yang responsif, WhatsApp Business API memberikan peluang besar bagi perusahaan keuangan untuk memperluas jangkauan bisnis, meningkatkan keterlibatan pelanggan, dan menciptakan hubungan yang lebih dekat dengan pasar sasaran.

Bangun Hubungan Pelanggan yang Kuat dengan WhatsApp Business API

Pada acara tersebut, Erni Karunia Dwiyanti, Business Development Manager Ivosights menjelaskan sejumlah alasan mengapa industri keuangan perlu beralih ke WhatsApp Business API. Di antara adalah WhatsApp Business API memiliki jangkauan yang luas, ampuh meningkatkan kepuasan pelanggan, memiliki keamanan yang terjamin dan memungkinkan efisiensi operasional dijalankan dengan lebih baik.

“Melalui penggunaan chatbot yang canggih, WhatsApp dapat memberikan layanan yang lebih responsif. Ini bisa berpengaruh pada happiness pelanggan, semakin happy pelanggan semakin tinggi pula loyalitas pelanggan. Selain itu, WhatsApp Business API juga memiliki centang yang bisa dicek oleh pelanggan. Adanya centang ini membuktikan bahwa dengan enkripsi dan verifikasi pengirim pesan, WhatsApp menawarkan keamanan dan integritas data untuk industri keuangan yang lebih baik,” katanya.

Selain itu, salah satu poin penting lainnya adalah WhatsApp bisa memaksimalkan produktivitas bisnis dengan cost yang seminimal mungkin. Mereka juga bisa membangun chatbot untuk membantu membalaskan semua pesan simpel, sehingga agen bisa lebih terfokus untuk tugas lainnya, “Jika dikembangkan lebih lanjut (WhatsApp) bisa mendukung beberapa layanan secara digital dalam industri keuangan, seperti pengajuan pinjaman, KPR, ticketing, dan lain sebagainya,” tambah Erni.

WhatsApp Business memiliki dua tipe yaitu satu arah dan dua arah, bergantung pada keperluannya. Fitur dua arah digunakan untuk menghadirkan layanan pelanggan yang lebih interaktif, seperti penanganan pesanan, tanggapan keluhan, dan customer service secara keseluruhan. Sementara itu, satu arah berfungsi sebagai sarana keluar untuk pesan broadcast dan penguatan pemasaran. Seminar ini juga menyoroti banyaknya opsi untuk menggunakan WhatsApp sebagai alat customer service. Ini meliputi integrasi ke IVR, situs web perusahaan, aplikasi internal, QR Code, tautan pendek wa.me, dan iklan berbayar yang langsung mengarah ke aplikasi.

Acara ini juga menekankan pentingnya membangun hubungan pelanggan yang kokoh melalui tiga tahap: pra-penjualan, pembelian, dan perawatan pelanggan. Masa pra-penjualan melibatkan kegiatan pemasaran, dengan WhatsApp berperan dalam memberikan informasi kepada pelanggan potensial, seperti promosi produk, perbandingan suku bunga pinjaman, dan penawaran kartu kredit yang menguntungkan. Ini membuka peluang untuk menarik pelanggan baru dan memberikan mereka informasi yang jelas untuk mengambil keputusan.

Dalam industri keuangan, integrasi yang lebih dalam dengan WhatsApp Business API diharapkan mendorong efisiensi dalam berbagai aspek, dari layanan pelanggan hingga dukungan transaksi. Seminar ini juga membuka wawasan tentang bagaimana teknologi, seperti Sociomile, dapat digunakan untuk memperluas jangkauan komunikasi dan memperkuat hubungan pelanggan.

Sociomile: Membuka Potensi Business Growth Lebih Maksimal!

Selain WhatsApp Business API, acara ini juga berfokus pada produk potensial lainnya yang bisa dijadikan solusi business growth untuk industri keuangan di Indonesia, yakni Sociomile. Sociomile adalah platform omni-channel yang memudahkan interaksi bisnis melalui berbagai saluran digital. Jenis layanan komunikasi ini membuka peluang baru dalam manajemen bisnis yang lebih terintegrasi.

Melalui dasbor Sociomile, pelaku bisnis dapat mengelola, memantau, dan melacak semua saluran media sosial dan digital dalam satu tempat. Dengan tambahan chatbot yang fleksibel, interaksi dengan pelanggan dapat dioptimalkan. Dengan mengedepankan solusi business growth pada seminar, bisa disimpulkan bahwa sinergi antara WhatsApp Business API dan Sociomile mampu menjadi kunci keberhasilan perkembangan bisnis untuk industri keuangan Indonesia.

Tentunya, di tengah lingkungan yang semakin berubah, kolaborasi antara teknologi dan bisnis menjadi kunci untuk mencapai kesuksesan. Dengan semangat untuk terus mendukung pertumbuhan industri keuangan Indonesia, Ivosights terus berkomitmen untuk memberikan solusi inovatif yang memadukan teknologi dan kebutuhan bisnis. #Ivotalk telah memberikan wawasan yang dalam tentang bagaimana WhatsApp dan Sociomile dapat berkolaborasi untuk menghadirkan pertumbuhan yang berkelanjutan dan mengakselerasi transformasi digital dalam industri keuangan Indonesia.

Jika Anda tertarik untuk memanfaatkan potensi WhatsApp Business API dan Sociomile, jangan ragu untuk menghubungi Ivosights sebagai mitra yang terpercaya dalam mewujudkan tujuan bisnis Anda. Khusus di bulan Agustus ini, Anda bisa menikmati promo AGUSTUS untuk Financial Industry yakni GRATIS setup, monthly, dan juga dashboard. Tunggu apa lagi! Konsultasikan sekarang dan rasakan potensi business growth terbaik!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami