Ideaspark 2023: Program Segar Membangun Budaya Inovasi di Ivosights

Ivosights


Penulis : Administrator - Kamis, 27 April 2023
Ket. Foto: Pemenang Ideaspark 2023. Dok. Ivosights.
Ket. Foto: Pemenang Ideaspark 2023. Dok. Ivosights.

"Ideaspark, wadah bagi karyawan untuk menyalurkan ide-ide. Tujuannya untuk membangun budaya inovatif dan menciptakan lingkungan kerja yang produktif & insightful"

Perusahaan yang ingin maju dan bertahan dalam industri saat ini membutuhkan karyawan yang memiliki kemampuan untuk berinovasi dan beradaptasi dengan cepat. Saat ini, sudah banyak perusahaan yang mau melakukan kemajuan internal dengan cara membuka peluang ide dari para karyawan untuk berinovasi.

Tentunya, karyawan yang memiliki inovasi ide dapat membantu memajukan perusahaan! Mulai dari membangun meningkatkan efisiensi dan produktivitas, meningkatkan daya saing perusahaan, mengembangkan budaya positif yang baru, hingga menyuntikkan semangat karyawan karena keterlibatannya. Hal ini adalah benih positif yang harus ditanamkan sebab ketika karyawan memiliki kesempatan untuk berinovasi, akan timbul rasa aktualisasi diri dan kepercayaan terhadap perusahaan. Setelah itu, bukan hal tidak mungkin jika karyawan akan merasa memiliki tanggung jawab dan peran penting dalam kesuksesan perusahaan.

Untuk memberikan solusi dari permasalahan tersebut, Ivosights mengadakan program tahunan yang bertajuk 'Ideaspark 2023'. Ideaspark 2023 bermaksud memajukan perusahaan sekaligus untuk memberikan wadah bagi karyawan untuk menyalurkan ide-ide mereka. Selain itu, program ini bertujuan untuk membangun budaya inovatif dalam perusahaan dengan memberikan wadah bagi karyawan untuk mengutarakan ide yang implementatif, membangun kesadaran karyawan, dan menciptakan lingkungan kerja yang lebih produktif dan insightful.

Program internal perusahaan sudah terbukti ampuh mengembangkan perusahaan secara keseluruhan, terutama dalam hal motivasi karyawan. Program internal perusahaan memberikan berbagai manfaat bagi karyawan, mulai dari peningkatan keterampilan, motivasi karyawan, kepuasan karyawan karena mendapatkan ruang aspirasi, hingga menambah loyalitas karyawan terhadap perusahaan, termasuk menjaga kinerja perusahaan menjadi stabil bahkan lebih baik.

Ivosights menyadari bahwa program internal seperti Ideaspark 2023 dapat membantu memenuhi kebutuhan dan aspirasi karyawan. Hal ini penting untuk direalisasikan sebab kepuasan karyawan dapat meningkatkan kinerja mereka pada pekerjaan mereka dan perusahaan secara keseluruhan. Karyawan yang merasa dihargai dan didukung cenderung lebih bahagia dan bertahan dalam pekerjaan mereka dalam jangka panjang. Secara keseluruhan, Ivosights menegaskan bahwa Ideaspark 2023 harus mampu memberikan manfaat signifikan bagi karyawan, yang pada akhirnya dapat meningkatkan keberhasilan dan keberlanjutan perusahaan.

Dalam acara Ideaspark 2023, karyawan akan diberikan kesempatan untuk melombakan ide-ide inovatif mereka ke dalam lima tema yang telah ditentukan, yaitu Cross Division Collaboration, Selling Strategy, Innovation & Improvement, Business Process, dan Financial Aspect. Setiap tema ini sudah diukur oleh panitia agar masuk ke dalam batasan-batasan yang sesuai dan sejalan dengan visi dan misi Ivosights.

Untuk mengikuti perlombaan ini, peserta akan melakukan registrasi kepada HR dan mengikuti pembahasan terkait teknis kegiatan serta pembentukkan tim. Setelah ide-ide terkumpul, setiap tim akan mempresentasikan ide-ide mereka di hadapan para juri dan peserta lainnya. Para juri akan menilai ide-ide tersebut berdasarkan kreativitas, implementasi, dan dampak yang dapat diberikan kepada perusahaan. Ide yang telah dipresentasikan akan mendapat penilaian mutlak dari para juri, yakni para petinggi Ivosights, mulai dari CEO, Head of HR, hingga Head of Operational, termasuk seluruh Kepala Departemen di Ivosights.

Selain memahami alur registrasi dari acara ini, peserta juga harus memahami kriteria berlomba. Untuk memajukan perusahaan, tentunya kriteria peserta lomba dari Ideaspark 2023 adalah mengajukan referensi dan argument dasar untuk ide yang jelas. Tentunya, lomba tidak akan berjalan dengan baik jika ide tidak matang. Oleh karena itu, peserta harus mengajukan ide yang sesuai dengan kategori yang disepakati, mengetahui output plan dari ide tersebut, dan memahami potential impact dari ide yang diajukan. Peserta juga harus mematuhi aturan mengikuti lomba, yaitu ide harus relevan dengan kondisi perusahaan, dapat diterapkan, dan memiliki aspek yang bisa diperhitungkan pada saat diimplementasikan.

Demi mendorong rasa semangat para karyawan yang menjadi peserta lomba, tentunya setiap ide terbaik yang dihasilkan dari program Ideaspark 2023 akan diimplementasikan untuk kemajuan perusahaan. Selain itu, pendaftar juga berkesempatan untuk memenangkan hadiah jika mereka memiliki ide terbaik! Hadiah ini adalah bentuk reward yang bisa menjadi pendorong karyawan untuk maju mengekspresikan ide-ide terbaik mereka. Tidak tanggung-tanggung, hadiah untuk acara ini adalah sejumlah uang mulai dari Rp500.000 hingga jutaan rupiah!

Selain itu, selama acara Ideaspark 2023, karyawan akan diajak untuk berdiskusi dan berkolaborasi dengan sesama karyawan dari berbagai departemen untuk meningkatkan kesadaran dan semangat inovasi di dalam perusahaan. Dengan begitu, kolaborasi antar tim di lingkungan karyawan Ivosights juga meningkat dengan pesat!

"Harapannya program Ideaspark 2023 dapat memberikan kontribusi positif bagi kemajuan Ivosights dan menciptakan budaya inovatif yang lebih kuat," tutur Elga Yulwardian, selaku CEO Ivosights sekaligus Ketua Tim Juri Ideaspark 2023.

Dengan Ideaspark 2023, lanjutnya, Ivosights tentunya memiliki harapan besar untuk dapat menciptakan lingkungan kerja yang lebih produktif, insightful, dan inovatif. Dengan adanya inisiatif ini, diharapkan karyawan dapat berkontribusi dalam menciptakan solusi untuk tantangan bisnis yang dihadapi perusahaan, sehingga dapat memajukan perusahaan dan meningkatkan daya saing di pasar.

Sekedar informasi, empat ide berhasil masuk keputaran akhir. Di antaranya, 'Branding Matters: A New Mindset for Communication' buah pemikiran Aufar Novri Shadiq, 'Ivosights Product Integration' ide milik Ayub Fikri Ghazali, 'Ripple10 Retail' ide dari Erni Karunia Dwiyanti, dan 'Employee Awareness: Product Knowledge and Employee Engagement to Boost Sales' ide dari Alief Dwiki Yudistira. Ide milik Erni berhasil keluar sebagai pemenangnya. Selamat kepada para pemenang.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami