Yuk, Buat Diagram Database untuk Annual Report Perusahaan Disini!

Comprehensive Analytic


Penulis : Administrator - Senin, 12 Desember 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Annual report. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Annual report. Shutterstock.

"Skema database menggambarkan deskripsi struktur database, tipe data, dan batasan pada database"

Database pada annual report sudah sewajarnya ada. Bahkan hampir lebih dari setengah halaman annual report mungkin berisikan data-data yang dilaporkan mengenai perkembangan dan keuangan perusahaan selama setahun. Tentunya hal ini membutuhkan skema database yang baik, bisa dalam bentuk statistik ataupun diagram. Skema database sendiri menggambarkan deskripsi struktur database, tipe data, dan batasan pada database. Perancangan skema database menjadi salah satu langkah pertama dan penting untuk mengembangkan isi dari annual report perusahaan.

Diagram sendiri harus ada pada annual report perusahaan karena diagram dapat membantu menyajikan informasi finansial dan operasional perusahaan secara lebih mudah dicerna oleh pembaca. Dengan menggunakan diagram, annual report perusahaan dapat menyajikan informasi yang kompleks dengan cara yang lebih visual dan intuitif, sehingga memudahkan pembaca untuk memahami kinerja perusahaan secara keseluruhan.

Selain itu, diagram juga dapat membantu menunjukkan hubungan antara berbagai elemen dalam laporan keuangan perusahaan, seperti penjualan, pendapatan, biaya, dan laba. Dengan menggunakan diagram, pembaca dapat memahami bagaimana berbagai elemen tersebut saling terkait dan mempengaruhi kinerja perusahaan secara keseluruhan.

Dengan demikian, diagram sangat bermanfaat untuk menyajikan informasi finansial dan operasional perusahaan secara lebih mudah dicerna dan memahami, sehingga membantu pembaca dalam mengevaluasi kinerja perusahaan.

Saat ini, annual report sudah bisa didesain secara mandiri dan digital. Jika kamu berniat memperluas kreativitas dalam produksi annual report, bagian data bisa kamu kembangkan dengan desain diagram yang menarik tetapi juga mudah untuk dibaca, lho! Apalagi saat ini untuk membuat diagram data tidaklah sulit karena sudah banyak perangkat lunak yang menyediakan fasilitas ini.

Melalui artikel ini kamu akan mengetahui beberapa aplikasi atau perangkat lunak yang bisa kamu manfaatkan untuk membantu kamu membentuk diagram data pada annual report! Cek selengkapnya sampai selesai, ya!

Aplikasi dan Software Pembuat Diagram Database

Berikut adalah daftar 5 aplikasi desain diagram database terbaik dan gratis menurut Anthony Thong Do yang bisa membantumu dengan tepat, cepat, dan mudah untuk merancang diagram skema database:

  • dbdiagram.io

Aplikasi ini gratis dengan objek dan diagram yang tidak terbatas. Aplikasi dbdiagram.io adalah alat perancang database yang cepat dan sederhana bagi Anda yang menggambar diagram database dengan menggunakan bahasa khusus seperti Domain (DSL). Aplikasi ini memiliki bahasa yang sederhana untuk didefinisikan dan fokus secara eksklusif pada menggambar diagram database relationship. Selain itu, Anda bisa menyimpan dan membagikan diagram Anda secara online.

User interface aplikasi juga terlihat sederhana dan rapi dengan diagram yang cantik. Aplikasi ini dirancang untuk para developer, DBA, analis data. Ini akan sangat memudahkan kamu untuk mengembangkan diagram di annual report perusahaanmu!

  • Omnigraffle

Omnigraffle adalah aplikasi diagram yang tersedia dalam versi desktop untuk platform MacOS. Iajuga tersedia dalam versi web yang dapat diakses dari berbagai perangkat. Hal ini memudahkan pengguna untuk membuat dan mengedit diagram dengan fleksibilitas yang lebih tinggi.

Selain itu, Omnigraffle memiliki fitur-fitur yang kaya. Omnigraffle menyediakan berbagai fitur yang dapat membantu pengguna dalam membuat dan mengedit diagram dengan mudah. Fitur-fitur tersebut antara lain auto-alignment, auto-resize, dan berbagai macam bentuk dan warna yang dapat dipilih. Omnigraffle juga menyediakan fitur kolaborasi yang dapat membantu pengguna dalam bekerja secara bersama-sama dalam membuat dan mengedit diagram. Pengguna dapat berbagi diagram yang telah dibuat kepada rekan kerja, dan bekerja secara bersama-sama dalam mengedit diagram tersebut.

  • Lucidchart

Lucidchart adalah aplikasi diagram berbasis cloud dan kolaboratif. Lucidchart dapat membantu tim Anda tidak hanya untuk membuat diagram database tetapi juga flowchart, process maps, model UML, bagan organisasi, pada perangkat apa pun di seluruh platform yang sudah Anda gunakan.

Anda bisa mendapat pengalaman yang baik terutama jika Anda lebih dari seorang desainer dan ingin tampilan drag-and-drop. Anda dapat mengintegrasikan diagram Anda dengan GSuite atau Microsoft Office. Aplikasi ini dapat Anda akses gratis dengan fitur terbatas, yaitu 3 diagram dan 60 objek per diagram. Anda juga bisa membayar sebesar 4,95-20 dollar per bulan untuk fitur yang tak terbatas. Dengan harga itu, kamu sebenarnya sudah mendapat fasilitas yang sangat cukup untuk membantu diagram data pada annual report kamu!

  • Google Drawings

Google Drawings merupakan salah satu aplikasi dari Google Workspace yang tersedia secara gratis untuk pengguna. Hal ini memudahkan pengguna untuk mengakses aplikasi ini dan memulai membuat diagram tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan. Google Drawings menyediakan fitur kolaborasi yang dapat membantu pengguna dalam bekerja secara bersama-sama dalam membuat dan mengedit diagram. Pengguna dapat berbagi diagram yang telah dibuat kepada rekan kerja, dan bekerja secara bersama-sama dalam mengedit diagram tersebut. Selain itu, Google Drawings juga terintegrasi dengan aplikasi Google lainnya.

  • Microsoft Visio

Microsoft Visio adalah aplikasi diagram yang dikembangkan oleh Microsoft. Aplikasi ini dapat digunakan untuk membuat berbagai jenis diagram, seperti diagram alir, diagram jaringan, dan diagram organisasi. Selain itu, untuk mengedepankan fleksibilitas, Microsoft Visio juga tersedia dalam berbagai versi, seperti versi desktop untuk platform Windows, versi web yang dapat diakses dari berbagai perangkat, dan versi mobile untuk platform iOS dan Android. Hal ini memudahkan pengguna untuk memilih versi yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi kamu.

Nah, itu dia beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mendesain diagram untuk annual report kamu. Selain itu, Ivosights juga mampu menyediakan analisis komprehensif dari data-data besar untuk keperluan annual report kamu. Pastikan, untuk keperluan annual report yang krusial, jangan sampai salah pilih!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami