Inilah 7 Kegunaan Utama Wordcloud Analysis dalam Middle Report

Ripple10

,

Comprehensive Analytic


Penulis : Administrator - Jumat, 18 Agustus 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Wordcloud analysis. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Wordcloud analysis. Shutterstock

"Wordcloud analysis tak berguna untuk mengidentifikasi keyword apa yang terkait dengan bisnis. Melainkan, fitur ini juga mampu mengukur sentimen pelanggan"

Dalam dunia bisnis yang kompetitif, mengukur dan menganalisis performa kampanye merupakan hal yang sangat penting. Dalam hal ini, Anda bisa memanfaatkan sebuah tools bernama middle report. Umumnya, middle report memuat beberapa data maupun metrik penting yang terkait dengan performa kampanye bisnis Anda. Salah satu data yang ditampilkan adalah keyword-keyword yang diambil dari fitur wordcloud analysis. Sebelum menggunakan fitur wordcloud analysis dalam middle report, ada baiknya Anda kenali dahulu pengertian dari middle report itu sendiri.

Kenali Apa Itu Middle Report

Middle report merupakan salah satu laporan periodik yang disusun untuk menilai kinerja kampanye bisnis dalam periode waktu tertentu. Umumnya, middle report dibuat pada titik tengah kampanye yang dilakukan bisnis Anda. Dengan laporan ini, Anda akan diberikan pandangan tentang sejauh mana kampanye telah mencapai tujuan awalnya. Anda juga akan diberikan peluang untuk melakukan penyesuaian jika diperlukan. Middle report mencakup berbagai metrik dan analisis yang memuat informasi mendalam tentang respon pelanggan dan hasil kampanye.

Definisi Wordcloud Analysis dalam Middle Report

Sementara itu, wordcloud analysis adalah sebuah metode visualisasi data yang digunakan untuk menggambarkan frekuensi munculnya keyword yang relevan dengan bisnis. Umumnya, wordcloud analysis digunakan untuk menganalisis kata-kata yang paling sering muncul dalam tanggapan pelanggan terhadap kampanye. Kata-kata tersebut kemudian diubah menjadi gambaran visual yang ukurannya menyesuaikan dengan frekuensi kemunculannya.

Baca juga: Tentukan Fokus Kampanye Bisnis dengan Wordcloud Analysis dalam Middle Report

Pentingnya Wordcloud Analysis dalam Middle Report 

Pentingnya wordcloud analysis dalam middle report disebabkan karena fitur ini mampu memberikan insight mendasar tentang kata kunci atau keyword yang paling mencolok dalam tanggapan pelanggan yang dipublikasi. Melalui visualisasi menarik, Anda dapat mengidentifikasi pola umum dan tren respon pelanggan terhadap kampanye dengan cepat. Hal ini memungkinkan bisnis untuk segera mengenali aspek positif dan negatif dari kampanye yang dapat mempengaruhi hasil akhir.

Tujuh Kegunaan Utama Wordcloud Analysis dalam Middle Report

Inilah tujuh kegunaan utama dari wordcloud analysis dalam middle report:

  • Mengidentifikasi Kata-Kata Kunci

Wordcloud analysis pada middle report dapat membantu mengidentifikasi keyword yang sering muncul dalam respon pelanggan yang dipublikasikan di media digital. Dengan ini. Anda dapat terbantu untuk lebih memahami fokus dan preferensi pelanggan.

  • Menilai Sentimen

Dengan melihat keyword positif dan negatif yang ditampilkan dalam wordcloud analysis, Anda dapat menilai bagaimana sentimen pelanggan terhadap kampanye yang dijalankan bisnis.

  • Mengukur Efektivitas Pesan

Kemudian, wordcloud analysis dalam middle report membantu Anda melihat sejauh mana pesan kampanye tersampaikan dengan jelas kepada pelanggan.

  • Mengidentifikasi Tren

Pola-pola keyword yang sering muncul dapat membantu  tim pemasaran untuk mengidentifikasi tren yang muncul terkait kampanye dalam tanggapan pelanggan di media sosial.

  • Menyesuaikan Strategi

Dengan melihat wordcloud yang ditampilkan dalam middle report, Anda dapat menyesuaikan strategi pemasaran berdasarkan bagaimana respon pelanggan.

  • Menemukan Masalah

Adanya pola keyword negatif dapat membantu bisnis Anda untuk mengidentifikasi masalah yang terjadi dalam kampanye. Dengan ini, Anda mengambil tindakan perbaikan secepat mungkin.

  • Komunikasi Tim yang Lebih Baik

Terakhir, visualisasi wordcloud yang ditampilkan dalam middle report akan memudahkan tim pemasaran dan manajemen bisnis  untuk berkomunikasi secara efektif tentang respon pelanggan.

Baca juga: 7 Cara Lakukan Wordcloud Analysis dalam Middle Report

Dapatkan Platform Pendukung Penyusunan Middle Report, Analisis Data Kampanye Bisnis secara Komprehensif!

Itulah tujuh kegunaan utama yang bisa diberikan oleh fitur wordcloud analysis dalam middle report. Dengan melakukan analisis keyword yang paling sering muncul dalam tanggapan pelanggan di media sosial, Anda dapat menyesuaikan strategi pemasaran sehingga dapat memberikan hasil yang optimal di kemudian hari.

Untuk mempermudah pencarian keyword yang relevan dengan brand perusahaan Anda, Anda dapat memanfaatkan digital listening tools. Salah satu pilihan yang bisa dipertimbangkan adalah Ripple10. Dengan fitur sociograph keyword, Ripple10 memungkinkan Anda menemukan keyword yang paling relevan dengan brand bisnis Anda. Selain itu, Anda juga dapat mengidentifikasi mana saja akun pelanggan yang paling aktif membicarakan perusahaan di beberapa media sosial, seperti Instagram, Twitter, Facebook, dan Youtube.

Data-data keyword tersebut dapat dianalisis secara mendalam melalui layanan comprehensive analytics yang ditawarkan oleh Ivosights. Dengan dukungan dari para data analyst profesional, kami dapat menyajikan hasil middle report yang mudah dipahami serta memberikan rekomendasi strategi yang tepat untuk mendukung perusahaan Anda. Jangan ragu untuk menghubungi tim Ivosights untuk konsultasi lebih lanjut mengenai kebutuhan perusahaan Anda!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami