Panduan Memperoleh WhatsApp Centang Hijau Demi Kredibilitas Bisnis

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Jumat, 26 April 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp Centang Hijau. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp Centang Hijau. Shutterstock.

"Pengguna WhatsApp centang hijau dapat terhindar dari modus penipuan. Telusuri panduan memperoleh WhatsApp centang hijau melalui artikel ini."

Di era dominasi digital, pelaku bisnis membutuhkan kanal digital untuk berkomunikasi dengan pelanggan atau bahkan orang-orang yang berpotensi menjadi pelanggannya. Bisnis dalam skala menengah atau besar rentan mengalami krisis digital, salah satunya penipuan atau keberadaan akun yang berpura-pura menjadi bisnis tertentu dan meraup keuntungan dengan akun tersebut. Untuk menghindari kejadian tersebut terjadi, pelaku bisnis dapat mendaftarkan akun WhatsApp centang hijau.

Apa itu WhatsApp Centang Hijau?

WhatsApp centang hijau merupakan tanda yang diberikan oleh Meta atau pihak WhatsApp pada akun WhatsApp Business yang sudah diverifikasi. Keberadaan tanda centang hijau membuat pelanggan dapat dengan mudah membedakan antara akun bisnis resmi dan akun yang mengatasnamakan bisnis untuk penipuan. Sehingga, kredibilitas bisnis akan meningkat dan kasus penipuan tidak akan terjadi. Akan tetapi, hanya bisnis yang menggunakan layanan WhatsApp Business API saja yang bisa mendapatkan WhatsApp centang hijau dan memenuhi tahapan verifikasi.

WhatsApp Business API berbeda dengan WhatsApp Business standar. WhatsApp Business API hanya diperuntukkan untuk bisnis dengan skala besar dan menengah, serta memiliki legalitas bisnis. Penggunaan API (Application Programming Interface) pada WhatsApp Business API merujuk pada kemungkinan mengintegrasikan akun WhatsApp Business dengan software lainnya, seperti software CRM atau digital monitoring tools. Selain itu, beberapa WhatsApp Business solution provider juga menyediakan fasilitas artificial intelligence (AI) berbentuk bot untuk membantu perusahaan mengoptimalkan komunikasi dengan pihak eksternal terkait.

Syarat dan Ketentuan Terdaftar di WhatsApp Business API

Tidak semua bisnis dapat terdaftar pada WhatsApp Business API. Pelaku bisnis perlu memastikan bisnis sudah memenuhi syarat dan ketentuan sebelum akhirnya mendaftar. Beberapa syarat dan ketentuan yang perlu dipenuhi adalah sebagai berikut:

  • Legalitas Bisnis

Pelaku bisnis yang hendak mendaftar pada WhatsApp Business API perlu memiliki legalitas CV atau PT. CV di sini mengacu pada Commanditaire Vennootschap atau persekutuan komanditer, sementara PT mengacu pada perseroan terbatas.

  • Kepemilikan Situs Web dan E-Mail

Ketika mendaftar pada WhatsApp Business API, perusahaan wajib memiliki situs web dan E-Mail dengan domain yang sama. Contohnya seperti [email protected].

  • ID Facebook Business Manager

Selanjutnya, bisnis perlu memiliki ID Facebook Business Manager. ID ini merupakan nomor unik yang sesuai dengan portofolio bisnis.

  • Menyesuaikan dengan WhatsApp Commerce Policy

Persyaratan selanjutnya, Anda perlu memastikan bisnis yang dimiliki sudah sesuai dengan ketentuan Facebook atau WhatsApp Commerce Policy.

  • Menghubungi WhatsApp Business Solution Provider

Setelah memastikan seluruh syarat dan ketentuan sudah terpenuhi, Anda dapat menghubungi WhatsApp Business Solution Provider. Solution provider merupakan pihak ketiga yang sudah menjadi partner resmi WhatsApp yang dapat membantu Anda mendaftar pada WhatsApp Business API. Dengan bantuan solution provider, Anda akan mendapatkan asistensi lengkap, baik itu mengenai teknis, maupun operasional bisnis. 

Baca Juga: Dapatkan WhatsApp Centang Hijau dengan WhatsApp Business API

Cara Mengajukan WhatsApp Centang Hijau

Setelah berhasil terdaftar pada WhatsApp Business API, Anda dapat melakukan beberapa tahap untuk mendapatkan WhatsApp centang hijau. Tahapan yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Pastikan Akun WhatsApp Business API Sudah Aktif

Sebelum mendaftar pada WhatsApp centang hijau, Anda perlu memastikan WhatsApp Business API sudah aktif. Anda dapat menghubungi WhatsApp Business Solution Provider untuk memenuhi tahap ini.

  • Lengkapi Dokumen Persyaratan

Pelaku bisnis perlu melengkapi berbagai macam dokumen persyaratan yang diminta oleh pihak Meta sebelum mengajukan WhatsApp centang hijau. Beberapa dokumen tersebut seperti lisensi bisnis, bukti alamat tempat bisnis, akta perusahaan, Nomor Induk Berusaha (NIB), NPWP, dan dokumen lain yang dapat menjamin kredibilitas bisnis Anda. 

  • Verifikasi Akun Bisnis Facebook

Anda dapat memverifikasi akun WhatsApp Business API. Anda dapat membuka pengaturan bisnis, klik WhatsApp Accounts > Settings > WhatsApp Manager. Selanjutnya, Anda dapat langsung mengklik verifikasi bisnis untuk mengajukan WhatsApp centang hijau.

  • Isi Informasi Bisnis

Selanjutnya, Anda dapat melengkapi informasi bisnis untuk meningkatkan kredibilitas WhatsApp centang hijau. Seperti nama bisnis, alamat lengkap, serta detail kontak perusahaan, bisnis, atau institusi terkait.

  • Menunggu Persetujuan

Proses peninjauan WhatsApp centang hijau dapat menghabiskan waktu sekitar 5 hingga 7 hari kerja. Anda dapat terus menggunakan akun WhatsApp Business Anda seperti biasa selama waktu tersebut. Jika permohonan WhatsApp centang hijau Anda ditolak, Anda tetap dapat menggunakan akun WhatsApp Business seperti biasa. Jika permohonan berhasil, tanda centang hijau akan muncul secara otomatis di akun WhatsApp Business Anda.

Baca Juga: 3 Metode Untuk Bisa WhatsApp Centang Hijau 

Tertarik Memiliki Akun WhatsApp Centang Hijau? Ivosights Solusinya!

Apabila Anda tertarik memiliki akun WhatsApp centang hijau, Ivosights solusinya! Ivosights merupakan WhatsApp Business Solution Provider atau partner resmi WhatsApp Business API di Indonesia yang memiliki perhitungan yang jelas dan sangat menguntungkan bisnis Anda. Registrasi WhatsApp Business API di Ivosights memakan waktu 5-7 hari kerja dan 2-3 hari kerja untuk mendaftarkan nomor dan display name WhatsApp Business Official. WhatsApp Business API yang disediakan Ivosights terdiri dari dasbor yang lengkap untuk pengiriman pesan, serta dasbor integrasi CRM dengan fitur laporan yang lengkap. Segera hubungi Ivosights untuk langkah awal menuju kesuksesan bisnis Anda!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami