WhatsApp Business Provider: Definisi, Keunggulan, Syarat dan Ketentuan

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Selasa, 21 Mei 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp Business Provider. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp Business Provider. Shutterstock.

"Apabila hendak mendaftarkan bisnis pada WhatsApp Business API, Anda dapat menggunakan jasa dan mendapatkan asistensi lengkap dari WhatsApp Business Provider."

WhatsApp Business Provider (BSP) adalah mitra resmi yang diakui oleh WhatsApp untuk menyediakan akses dan layanan yang lebih mendalam dan khusus kepada bisnis yang ingin menggunakan WhatsApp Business API. Layanan ini memungkinkan bisnis untuk berkomunikasi dengan pelanggan secara lebih profesional, aman, dan terukur. Artikel ini akan membahas secara mendetail tentang apa itu WhatsApp Business Provider, keunggulan yang ditawarkannya bagi bisnis, serta syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi untuk memanfaatkan layanan ini. Dengan memahami peran dan manfaat dari WhatsApp Business Provider, bisnis dapat mengambil langkah strategis untuk meningkatkan interaksi dengan pelanggan, memperkuat kehadiran digital mereka, dan mendorong pertumbuhan yang berkelanjutan.

Apa yang Dimaksud dengan WhatsApp Business Provider?

WhatsApp Business Provider (BSP) adalah mitra resmi yang telah diakui dan disertifikasi oleh WhatsApp untuk menyediakan akses ke WhatsApp Business API dan menawarkan layanan yang lebih mendalam dan khusus bagi bisnis. BSP berfungsi sebagai perantara antara WhatsApp dan bisnis yang ingin memanfaatkan kemampuan lanjutan dari WhatsApp Business API. Secara keseluruhan, WhatsApp Business Provider memainkan peran penting dalam membantu bisnis memanfaatkan potensi penuh dari WhatsApp Business API. Dengan layanan yang disediakan oleh WhatsApp Business Provider, bisnis dapat meningkatkan efisiensi operasional, memperbaiki layanan pelanggan, dan menciptakan pengalaman komunikasi yang lebih personal dan efektif bagi pelanggan mereka.

Keunggulan Mendaftar WhatsApp Business API melalui WhatsApp Business Provider

Terdapat beberapa keunggulan yang bisa didapatkan ketika mendaftar WhatsApp Business API melalui WhatsApp Business Provider. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Mendapatkan Dukungan Teknis

Mengoperasikan WhatsApp Business API terbilang cukup kompleks, terutama bagi pemula. Dengan bantuan dari WhatsApp Business Provider, Anda bisa mendapatkan dukungan teknis dan pengarahan guna mencapai penggunaan platform tanpa hambatan.

  • Mendapatkan Fasilitas Konsultasi 

Selain dukungan teknis, beberapa WhatsApp Business Provider menyediakan fasilitasi konsultasi bisnis untuk kliennya. Dukungan yang bersifa berkelanjutan ini dapat membantu perusahaan untuk memiliki strategi bisnis yang relevan dengan menggunakan WhatsApp Business API.

  • Mendapatkan Layanan Integrasi Platform

Hal paling esensial dalam WhatsApp Business API adalah keuntungan integrasi sistem. WhatsApp Business Provider dapat memfasilitasi integrasi dengan CRM (Customer Relationship Management) atau Digital Monitoring Tools. Sehingga, komunikasi dan interaksi bersama pelanggan akan berjalan optimal.

  • Mendapatkan Akses Laporan dan Analisis

WhatsApp Business Provider biasanya memberikan akses untuk melihat laporan dan analisis kinerja WhatsApp Business API. Contohnya laporan dan analisis yang disediakan Ivosights pada dasbor reporting. Perusahaan dapat mengetahui status pengiriman pesan (sent, delivered, read, failed) hingga performa campaign WhatsApp secara keseluruhan. Sistem yang tersusun secara komprehensif ini membuat perusahaan tidak perlu kesulitan menganalisis performa platform secara manual.

Baca Juga: WhatsApp Business Provider: Investasi Bisnis untuk Pelayanan Terbaik 

Syarat dan Ketentuan Mendaftarkan Bisnis pada WhatsApp Business API

Jika Anda tertarik untuk mendaftarkan bisnis Anda pada WhatsApp Business API melalui WhatsApp Business Provider, terdapat persyaratan dan ketentuan yang perlu Anda ikuti, yaitu sebagai berikut:

  • Legalitas Bisnis

Pelaku bisnis perlu memiliki legalitas CV atau PT. CV di sini mengacu pada Commanditaire Vennootschap atau persekutuan komanditer, sementara PT mengacu pada perseroan terbatas.

  • Kepemilikan Situs Web dan E-Mail

Perusahaan wajib memiliki situs web dan E-Mail dengan domain yang sama. Contohnya seperti [email protected].

  • ID Facebook Business Manager

Bisnis perlu memiliki ID Facebook Business Manager. ID ini merupakan nomor unik yang sesuai dengan portofolio bisnis. Apabila Anda memiliki kesulitan untuk mencari nomor unik, Anda dapat menemukannya di sini. 

  • Menyesuaikan dengan WhatsApp Commerce Policy

Selanjutnya, Anda perlu memastikan bisnis yang dimiliki sudah sesuai dengan ketentuan Facebook atau WhatsApp Commerce Policy. Berikut penjelasan lengkap mengenai WhatsApp Commerce Policy.

  • Menghubungi Partner Resmi WhatsApp

Setelah memastikan seluruh syarat dan ketentuan sudah terpenuhi, Anda dapat menghubungi Partner Resmi WhatsApp yang dapat membantu proses pendaftaran akun, memberikan asistensi teknis dan operasional bisnis.

Baca Juga: Cara Memilih WhatsApp Business Provider yang Tepat untuk Bisnis Anda 

Ivosights: WhatsApp Business Provider Terbaik di Indonesia!

WhatsApp Business API menyediakan beragam jenis fitur yang dapat menunjang operasional bisnis. Anda dapat mendaftarkan bisnis Anda dengan Ivosights selaku WhatsApp Business Provider terbaik di Indonesia. Ivosights menyediakan perhitungan yang lebih jelas dan menguntungkan bagi bisnis Anda. Platform ini juga dilengkapi dengan dashboard WhatsApp Business yang lengkap untuk pengiriman pesan, integrasi dashboard CRM Omnichannel, juga laporan yang lengkap. Segera hubungi Ivosights untuk langkah awal menuju kesuksesan bisnis Anda!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami