Optimalkan Penjualan Saat Ramadan Menggunakan WhatsApp Business

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Selasa, 21 Maret 2023
Ket. foto: Ilustrasi - WhatsApp Business. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - WhatsApp Business. Shutterstock.

"Salah satu keuntungan WhatsApp Business adalah untuk mengoptimalkan penjualan saat Bulan Ramadan"

Siapa yang tidak mengetahui aplikasi WhatsApp Business? Aplikasi ini memiliki banyak keuntungan dalam menghubungkan penjual dengan pelanggannya sehingga interaksi dan komunikasi dapat berjalan dengan baik. Ramadan menjadi bulan yang cukup sibuk untuk banyak bidang bisnis, mulai dari bisnis makanan, minuman, hingga pakaian. Dengan menggunakan WhatsApp Business, penjualan bisa lebih tertata dan mudah untuk melakukan promo saat Ramadan.

Pengertian WhatsApp Business 

WhatsApp Business merupakan salah satu aplikasi yang diluncurkan oleh pihak WhatsApp untuk mempermudah kegiatan berjualan pemilik bisnis atau usaha kecil. Aplikasi yang satu ini juga sangat berfungsi untuk memperlancar interaksi dan komunikasi antara pelanggan dan penjual sehingga lebih mudah untuk melanjutkan pemesanan ataupun melakukan promosi via chat. WhatsApp Business memiliki banyak fitur yang sangat berguna untuk kepentingan berjualan. Beberapa diantaranya adalah fitur membalas chat otomatis, fitur pengirim chat massal, hingga fitur untuk mengirimkan katalog secara otomatis saat ada pembeli yang bertanya. 

Adanya aplikasi ini saat Ramadan membuat banyak kemudahan bagi para penjual. Mengapa begitu? Saat Ramadan, biasanya pemilik bisnis akan kebanjiran pesanan, terutama pemilik bisnis yang memiliki hubungan erat pada Ramadan seperti bisnis kue kering dan baju lebaran. WhatsApp Business akan mempermudah pemilik bisnis dengan berbagai fitur di dalamnya sehingga orderan yang banyak dan menumpuk saat Ramadan bukan lagi masalah yang serius.

Baca Juga: Perbedaan Command Center dan Setup Assistant pada WhatsApp Business

Fitur-Fitur WhatsApp Business yang Dapat Mengoptimalkan Penjualan Saat Ramadan

  • Pengirim Template Otomatis

Template merupakan salah satu greetings yang akan didapatkan oleh pelanggan saat mengirimkan pesan pertama kali di WhatsApp penjual. Fitur template yang satu ini selain untuk menyapa pelanggan, juga bisa dimanfaatkan sebagai salah satu bentuk perayaan dan peringatan saat datangnya Ramadan. Anda bisa mengubah template pesan pada produk yang Anda jual dengan menambahkan unsur Ramadan ke dalam kata-kata dan foto yang ada di template. Fitur ini sangat bermanfaat agar pelanggan lebih mudah mengetahui bahwa bisnis Anda juga ikut merayakan hadirnya bulan ini.

  • Fitur WhatsApp Blasting

WhatsApp Blasting adalah salah satu fitur untuk mengirimkan pesan massal kepada pelanggan tanpa perlu menyimpan terlebih dahulu nomor yang ingin Anda kirimkan pesan. Fitur WhatsApp Blasting merupakan fitur yang akan sangat berguna jika Anda ingin mengirimkan banyak pesan yang berisikan promo atau untuk menyebarkan produk terbaru selama Ramadan. Fitur yang satu ini akan sangat mempermudah Anda dalam menjangkau banyak pelanggan baru di Ramadan.

  • Fitur Pengirim Pesan Otomatis

Jika Anda pemilik bisnis kue kering atau pemilik bisnis yang paling dicari saat Ramadan, tentu akan sangat kewalahan jika harus menjawab pertanyaan yang sama berulang-ulang kepada pelanggan yang berbeda. Hal tersebut bisa membuat Anda menjadi sedikit kelelahan dalam menjawab pertanyaan perihal produk atau barang serta kewalahan dalam mengatur pesanan.

Untuk itu, Anda bisa menggunakan aplikasi WhatsApp Business dan memanfaatkan fitur pengirim pesan otomatis yang akan memudahkan Anda untuk mengirimkan pesan secara otomatis kepada pelanggan. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengatur pertanyaan apa saja yang sering ditanyakan oleh pelanggan dan menambahkan jawaban yang akan dikirimkan jika pelanggan menanyakan pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Baca Juga: Pentingnya WhatsApp Business Verified untuk Institusi Pendidikan

  • Fitur Pengirim Katalog

Cara terbaik dalam mempromosikan bisnis Anda di Ramadan adalah dengan mengirimkan katalog bisnis yang Anda jalani. Pelanggan biasanya malas untuk pergi menjelajah ke ecommerce dan lebih memilih untuk mendapatkan katalog dari penjual secara langsung karena lebih mudah untuk melihat-lihat. Anda bisa memanfaatkan fitur pengirim katalog di WhatsApp Business secara otomatis jika ada pelanggan yang menanyakan barang atau produk apa saja yang Anda produksi. Mudah, bukan?

Yuk, Beralih ke WhatsApp Business API untuk Mempermudah Penjualan Saat Ramadan!

Jika Anda ingin bisnis berjalan lancar, gunakanlah WhatsApp Business API! Ivosights akan membantu Anda dalam proses dan layanan WhatsApp Business API agar urusan Anda jadi jauh lebih mudah. Beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan saat berlangganan WhatsApp Business API adalah akun verified yang akan menambahkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda, integrasi ke CRM, dashboard untuk melakukan bulk messaging, hingga adanya report untuk campaign bisnis yang Anda jalani. Yuk, hubungi call center Ivosights sekarang juga!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami