Efektifkan Kampanye Lewat WhatsApp Business dengan Format Video

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Kamis, 14 September 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp Business. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp Business. Shutterstock

"Selain melalui pesan teks dan broadcasting, kampanye bisnis lewat WhatsApp Business dapat disebarkan dalam format video juga. Inilah cara-cara mengefektifkannya!"

Untuk berinteraksi dengan pelanggan, sebagian besar bisnis memanfaatkan platform WhatsApp Business untuk membantu proses berbisnis mereka. Hal ini disebabkan karena platform ini dibekali dengan sejumlah fitur yang sangat berguna untuk mendukung operasional bisnis. Selain untuk berkomunikasi dengan pelanggan, bisnis bisa menggunakan WhatsApp Business untuk menyebarkan kampanye kepada para audiens yang dituju. Beruntungnya, WhatsApp Business menyediakan berbagai macam format media yang bisa digunakan sebagai bahan konten untuk kampanye, mulai dari pesan teks, rekaman suara, hingga video. Namun, tahukah Anda bagaimana cara mengefektifkan kampanye bisnis dengan format berupa video tersebut? Simak penjelasan lebih lanjutnya pada artikel berikut ini!

Pengertian WhatsApp Business

WhatsApp Business merupakan sebuah platform versi bisnis dari aplikasi pesan instan WhatsApp yang banyak digunakan. Aplikasi ini dirancang khusus untuk membantu interaksi antara bisnis dengan pelanggan mereka. WhatsApp Business juga dibekali dengan banyak fitur berharga seperti pengaturan pesan, menyediakan informasi penting terkait bisnis, dan menjawab pertanyaan pelanggan secara lebih efisien.

Peran Penting WhatsApp Business untuk Kampanye Bisnis

Inilah beberapa peran peran WhatsApp Business untuk mendukung kampanye bisnis Anda:

  • Mengirim Pesan Massal

WhatsApp Business memudahkan Anda untuk mengirim pesan massal ke daftar kontak pelanggan Anda secara bersamaan. Pesan ini bisa berisikan penawaran, promosi, atau apabila ada acara khusus yang diselenggarakan oleh pihak bisnis Anda.

  • Berinteraksi dengan Pelanggan

Kemudian, Anda dapat berkomunikasi dengan pelanggan Anda secara mudah melalui ruang pesan personal yang disediakan oleh WhatsApp Business. Hal ini membantu memberikan layanan secara lebih baik dan menjawab pertanyaan pelanggan dengan cepat.

  • Mengatur Pesan Selamat Datang dan Pesan Cepat

Anda dapat mengatur pesan selamat datang yang dikirimkan secara otomatis untuk pelanggan yang pertama kali menghubungi bisnis Anda melalui platform WhatsApp mereka. Selain itu, ada juga fitur quick replies yang bisa Anda atur untuk menjawab pertanyaan yang sering diajukan pelanggan dengan cepat.

  • Menganalisis Kinerja Pesan

Kemudian, WhatsApp Business menyediakan fitur analisis sehingga Anda dapat melihat sendiri berapa banyak pesan yang dikirim, diterima, dan dibaca oleh pelanggan Anda. Dengan begini, Anda dapat mengukur efektivitas kampanye bisnis Anda.

Baca juga: Kegunaan WhatsApp Business API Selain untuk Bisnis!

Keunggulan Menggunakan Format Video dalam WhatsApp Business

Berikut ini adalah lima keunggulan utama yang didapatkan jika Anda menggunakan format video dalam WhatsApp Business:

  • Daya Tarik Visual yang Tinggi

Dibandingkan dengan teks atau gambar, konten dengan format video dapat segera menangkap perhatian pelanggan Anda. Dengan daya tarik visual yang tinggi, Anda akan berpeluang untuk dapat memberikan kesan pertama yang positif pada pelanggan.

  • Pesan Lebih Jelas dan Menyeluruh

Dalam format video, Anda memiliki kontrol penuh untuk menyampaikan pesan Anda. Ini berarti Anda dapat menggabungkan elemen visual, suara, teks, dan bahkan musik untuk menyampaikan pesan Anda secara jelas dan menyeluruh. Akibatnya, pelanggan Anda dapat memahami penjelasan produk atau layanan yang disampaikan dengan lebih baik.

  • Emosi Lebih Mudah Diungkapkan

Umumnya, format video dapat mengungkapkan emosi secara lebih baik daripada teks. Anda dapat menggunakan bahasa tubuh, ekspresi wajah, dan nada suara untuk memunculkan emosi pelanggan Anda saat menonton konten video yang Anda publikasikan di WhatsApp Business Dengan begitu, akan terbentuk ikatan emosional antara bisnis dengan audiens Anda.

  • Pengukuran Kinerja yang Lebih Baik

WhatsApp Business menyediakan fitur analisis yang memungkinkan Anda untuk melacak performa video kampanye bisnis Anda. Anda dapat melihat berapa banyak orang yang menonton video Anda, berapa lama mereka menonton, dan apakah mereka mengambil tindakan setelah melihat video tersebut. Beberapa informasi ini sangat membantu untuk mengukur efektivitas kampanye Anda.

Beberapa Jenis Konten Format Video untuk Kampanye Bisnis Lewat WhatsApp Business

Berikut adalah beberapa jenis konten video yang dapat digunakan untuk kampanye bisnis Anda lewat platform WhatsApp Business:

  • Video Promosi Produk atau Layanan

Jenis video satu ini umumnya digunakan untuk memperkenalkan produk atau layanan Anda secara singkat kepada audiens berupa pelanggan. Anda dapat menyertakan informasi berupa fitur-fitur utama, manfaat, dan bagaimana produk atau layanan tersebut dapat memenuhi kebutuhan pelanggan. Buatlah video semenarik mungkin dan tetap informatif.

  • Video Demonstrasi Produk

Video berisikan demonstrasi produk ini menunjukkan cara mengoperasikan atau memasang produk bisnis Anda. Melakukan demonstrasi produk berbentuk video akan membantu pelanggan Anda untuk memahami cara mengoperasikan produk dengan benar. Selain itu, keraguan mereka tentang cara menggunakan produk tersebut juga dapat diminimalisasikan. 

  • Testimoni Pelanggan dalam Bentuk Video

Buatlah sebuah video berisikan testimoni pelanggan yang akan dipublikasikan lewat WhatsApp Business. Dengan adanya testimoni dari para pelanggan bisnis Anda sebelumnya, calon pelanggan setelahnya tidak akan ragu untuk melakukan pembelian produk.

  • Video Berbagi Tips dan Trik

Dalam video ini, Anda dapat memberikan tips dan trik terkait produk atau layanan yang bisnis Anda sediakan. Dengan begitu, para pelanggan Anda dapat menerapkan tips-tips tersebut supaya penggunaan produk atau layanan yang digunakan semakin optimal.

  • Video Tutorial

Jika produk atau layanan bisnis Anda memiliki fitur-fitur kompleks, Anda dapat mempublikasikan sebuah panduan berupa video tutorial. Hal ini dapat membantu pelanggan Anda untuk memahami penggunaannya dengan lebih baik.

  • Video Ulasan Produk

Selain video berupa testimoni pelanggan, Anda juga dapat membuat video berupa ulasan produk yang disebarkan dalam WhatsApp Business. Dalam video ini, bisa disertakan pandangan mendalam tentang produk bisnis Anda, mengulas fitur-fiturnya, dan memberikan pemahaman yang lebih baik kepada pelanggan secara keseluruhan.

  • Video Konten Edukatif

Terakhir adalah video berbentuk konten edukatif yang berisikan informasi tentang bisnis Anda, trend terkini, atau sejumlah tips relevan dengan produk atau layanan. Adanya video edukatif yang dipublikasikan lewat WhatsApp Business ini akan memberikan nilai tambah pada pengguna yang setia menggunakan produk atau layanan yang ditawarkan bisnis. 

Strategi Pembuatan Konten Format Video dalam WhatsApp Business

Supaya konten kampanye Anda semakin optimal, Anda memerlukan sebuah strategi pembuatan konten berbentuk format video dalam WhatsApp Business:

  • Identifikasi Tujuan Kampanye

Pertama-tama, lakukan identifikasi untuk memastikan apa saja tujuan dari kampanye bisnis Anda. Apakah Anda ingin meningkatkan penjualan, meningkatkan kesadaran pelanggan terhadap brand Anda, atau menyediakan panduan kepada pelanggan? Adanya tujuan kampanye yang jelas akan membantu Anda menentukan jenis konten apa saja yang perlu Anda buat.

  • Menentukan Target Audience

Anda harus memahami siapa target audiens yang akan dituju oleh Anda. Siapa yang akan melihat video Anda? Apakah mereka sudah menjadi pelanggan atau prospek? Dengan memahami siapa audiens Anda, Anda dapat menciptakan konten yang relevan dan menarik bagi mereka.

  • Penyusunan Skrip yang Menarik

Siapkan skrip untuk video kampanye yang menarik dan informatif. Gunakan bahasa yang sekiranya relevan dengan audiens Anda dan sampaikan pesan Anda dengan jelas. Jangan lupa untuk memasukkan kalimat call to action di akhir video supaya pelanggan Anda terdorong untuk mendorong pelanggan melakukan pembelian.

  • Penggunaan Visual yang Berkualitas

Kemudian, pastikan bahwa video Anda memiliki kualitas resolusi yang baik, pencahayaan yang sesuai, dan suara yang jelas. Pertimbangkan untuk menggunakan tim produksi video yang profesional atau menggunakan hardware dan software yang berkualitas.

  • Durasi yang Tepat

Perhatikan durasi video kampanye bisnis Anda tetap singkat dan fokus pada pesan inti yang ingin disampaikan. Jika Anda berencana untuk membuat konten kampanye yang lebih panjang dari segi durasinya, pertimbangkan untuk membaginya menjadi beberapa video yang lebih pendek.

Baca juga: Bagaimana Middle Report Membantu Mengatasi Penurunan Kinerja Kampanye?

Manfaat Mengefektifkan Kampanye Bisnis dengan Format Video dalam WhatsApp Business API

Mengefektifkan kampanye bisnis dengan format konten video dalam WhatsApp Business API memiliki sejumlah manfaat yang signifikan, yaitu sebagai berikut:

  • Meningkatkan Keterlibatan Pelanggan

Konten video yang dipublikasikan lewat WhatsApp Business cenderung lebih menarik daripada teks atau gambar. Dengan menggunakan format video dalam kampanye bisnis Anda, tingkat keterlibatan pelanggan akan mengalami kenaikan. Di samping itu, pelanggan juga akan memilih untuk menonton video daripada membaca pesan teks yang panjang.

  • Meningkatkan Kesadaran Brand

Anda dapat mengkomunikasikan pesan brand Anda dengan lebih efektif melalui konten format video yang dipublikasikan di WhatsApp Business. Anda juga dapat menunjukkan nilai-nilai brand Anda, cerita perusahaan, atau keunggulan produk secara lebih menarik. Hal ini akan membantu meningkatkan kesadaran audiens kampanye terhadap brand Anda, terutama untuk pelanggan potensial.

  • Meningkatkan Retensi Pelanggan

Terakhir, video berisikan testimonial pelanggan atau video konten yang relevan dapat membantu meningkatkan retensi pelanggan. Pelanggan yang merasa terhubung dengan brand Anda melalui video akan cenderung tetap setia dan terus berinteraksi dengan bisnis Anda.

Dukung Bisnis Anda dengan Platform WhatsApp Business Sekarang!

Itulah sedikit penjelasan mengenai pemakaian konten berformat video untuk kampanye bisnis Anda. Dibandingkan menggunakan format teks atau gambar biasa, pelanggan Anda akan lebih tertarik untuk menonton kampanye bisnis Anda melalui video. Tak hanya itu, tingkat konversi pelanggan juga akan meningkat dan hal ini telah dibuktikan secara nyata.

Sebagai salah satu pilihan, Anda dapat menggunakan platform WhatsApp Business API, versi yang lebih baik dibandingkan WhatsApp Business. Jika dibandingkan, dengan WhatsApp Business, platform ini memiliki beberapa fitur khusus seperti verifikasi centang hijau, sistem broadcast pesan, personalisasi pesan untuk pelanggan, hingga fitur laporan dan analisis. Tak hanya itu, Anda juga dapat sinkronisasi riwayat chat secara otomatis dan mengintegrasikan platform ini dengan sistem bisnis yang sudah Anda punya. 

Jika Anda tertarik dengan platform WhatsApp Business API, Anda dapat mempercayakan Ivosights sebagai pihak Business Solution Provider terpercaya sejak tahun 2021. Ini dikarenakan kami benar-benar menjalin hubungan kerjasama dengan pihak META sendiri sebagai pihak resmi penyedia platform WhatsApp. Segera hubungi tim kami untuk mendapatkan penjelasan lebih banyak untuk platform satu ini!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami