Cara Penggunaan dan Biaya WhatsApp Business, Wajib Tahu!

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Senin, 27 Februari 2023
Ket. foto: Ilustrasi - WhatsApp Business. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - WhatsApp Business. Shutterstock.

"WhatsApp Business memiliki tempat tersendiri di hati pebisnis. Simak ketentuan-ketentuan dan biaya WhatsApp Business yang wajib kamu tahu"

Pemilik bisnis atau usaha kecil pasti sudah tidak asing lagi dengan adanya aplikasi WhatsApp Business. Aplikasi yang satu ini memudahkan pebisnis dan pengusaha kecil dalam berinteraksi dengan pelanggan. Selain itu, aplikasi yang satu ini juga memberikan banyak fitur dan layanan yang berbeda dari WhatsApp biasa.

Lebih lanjut, banyaknya pengguna WhatsApp juga memudahkan penjual dalam menjual barang atau makanan yang mereka jual. Selain itu, memiliki pengaturan yang mudah digunakan, banyak sekali orang yang beralih pada aplikasi ini dari aplikasi-aplikasi pengirim pesan lainnya. WhatsApp Business juga menjadi alternatif bagi pebisnis yang ingin terlihat profesional dan lebih ‘rapih’ dalam menjawab dan menangani pelanggan.

Cara Penggunaan WhatsApp Business

Mengetahui apa itu WhatsApp Business adalah satu hal yang biasa. Tapi bagaimana jika Anda menggunakannya? Inilah cara untuk menggunakan WhatsApp Business agar Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk menjadikan pemasaran dan layanan untuk pelanggan Anda menjadi lebih efektif.

  • Manfaatkan Alat Otomasi

Dengan WhatsApp Business, Anda dapat menggunakan kekuatan otomatisasi untuk menghemat waktu dan mengelola banyak percakapan sekaligus. Atau dengan kata lain, alat otomatisasi aplikasi memungkinkan Anda utnuk membuat pesan otomatis yang dapat dikirim ke pelanggan saat mereka mengirim pesan ke bisnis Anda. Misalnya, Anda dapat menyiapkan pesan selamat datang atau daftar FAQ yang akan dikirim secara otomatis saat pelanggan mengirimi Anda pesan.

  • Gunakan Pesan Siaran

Pesan siaran sangat bagus untuk mengirim pembaruan dan penawaran khusus ke semua kontak Anda. Ini adalah cara yang efektif untuk menjangkau banyak pelanggan sekaligus tanpa harus mengirim pesan satu per satu.

Baca Juga: Simak 7 Kelebihan WhatsApp Business

  • Buat Obrolan Dukungan Pelanggan

Obrolan dukungan pelanggan sangat bagus untuk menyediakan layanan pelanggan yang cepat dan efektif.  Anda dapat menggunakannya untuk menjawab pertanyaan pelanggan atau menangani keluhan secara real-time.

  • Analisis Kinerja Anda

Gunakan alat analitik untuk mengukur kinerja Anda dan melacak metrik utama seperti waktu balasan dan tingkat keterlibatan. Ini akan membantu Anda menyesuaikan strategi dari waktu ke waktu dan meningkatkan pengalaman pelanggan.

Biaya WhatsApp Business

Selama ini, pebisnis-pebisnis yang memulai usaha kecil mereka memanfaatkan WhatsApp Business secara cuma-cuma alias tidak dikenakan biaya. Namun, saat ini WhatsApp mengubah kebijakannya dan memungut biaya untuk beberapa fitur. Hal ini bertujuan agar WhatsApp dapat terus membangun bisnis dan terus menyediakan dan memperluas layanan teks, panggilan suara, dan video.

Dilansir dari Kompas.com, WhatsApp sebenarnya telah mengenakan biaya untuk beberapa pesan tertentu sejak Juni 2019 lalu, misalnya saja pesan template. Biaya yang dipatok per pesan yang terkirim berbeda-beda, tergantung volume pesan yang dikirim ke pelanggan. Untuk 250 pesan pertama, biayanya Rp 339, untuk 750 pesan berikutnya harganya Rp 334, dua juta pesan berikutnya dikenakan biaya Rp 330, dan seterusnya hingga yang paling banyak 25 juta persan berikutnya dengan harga Rp 285. Namun, dengan datangnya beberapa fitur baru yang melengkapi ekosistem WhatsApp Business, WhatsApp akan menyiapkan skenario pembayaran baru.

Lebih lanjut, dilansir dari Kompas.com, saat pihak Facebook sebagai induk WhatsApp belum merinci layanan bisnis apa saja yang nantinya akan dikenai biaya, bagaimana skemanya, dan berapa banderolnya. Belum diketahui pula kapan WhatsApp Business berbayar akan diberlakukan.

Apa yang Anda butuhkan untuk Menjalankan WhatsApp Business

Anda dapat mulai menggunakan WhatsApp Business menggunakan langkah-langkah berikut.

  •  Unduh aplikasi WhatsApp Business dari Google Play Store atau Apple App Store.
  •  Masukkan nomor telepon Anda ke dalam aplikasi.
  •  Jika Anda sudah memiliki akun WhatsApp Messenger, Anda dapat mentransfer data Anda ke akun Bisnis. Perlu dierhatikan bahwa Anda tidak dapat membuka kedua aplikasi secara bersamaan di satu perangkat. Namun, jika Anda mencoba melakukan ini, Anda hanya dapat menggunakan aplikasi yang ditautkan ke nomor telepon Anda.  Dengan kata lain, Anda memerlukan nomor khusus untuk WhatsApp Business.
  •  Jika Anda belum memiliki akun WhatsApp Messenger, Anda harus memverifikasi nomor telepon Anda untuk membuat profil.
  • Setelah nomor Anda diverifikasi, masukkan nama bisnis Anda, dan kategori (misalnya, pakaian dan aksesori, makanan, dll.), dan unggah gambar profil.
  •  Anda sekarang akan melihat layar yang mirip dengan WhatsApp Messenger, dengan opsi untuk obrolan, status, dan panggilan.  Langkah selanjutnya adalah melengkapi profil bisnis Anda dengan memberikan informasi tambahan tentang perusahaan Anda untuk referensi pelanggan.

Keuntungan Memakai WhatsApp Business

  • Fokus dalam Menangani Pelanggan

Berbeda saat Anda menggunakan WhatsApp biasa saat menangani pelanggan, Anda tentu akan kewalahan dalam menjawab banyak pesan yang datang secara bersamaan. Untuk itu, salah satu keuntungan dalam memakai WhatsApp Business adalah fokus dalam menangani pelanggan karena ada banyak pesan yang bisa diorganisir seperti pesan yang belum terbalas, pesan yang sudah terbaca, dan lain-lain.

Baca Juga: Perbedaan Command Center dan Setup Assistant pada WhatsApp Business

  • Lebih Praktis

Tentu akan sulit jika Anda menggunakan WhatsApp biasa saat menanggapi pelanggan. Banyaknya pertanyaan yang sama dari banyak pelanggan tentu akan membuat Anda sebagai penjual kesulitan dalam menanggapinya. Dengan menggunakan WhatsApp Business, Anda dapat menjawab pertanyaan pelanggan secar otomatis pada pertanyaan yang sering ditanyakan.

  • Dapat Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Tentu tidak ada yang ingin pesannya diabaikan, terutama pelanggan yang sudah berniat membeli barang atau makanan dari bisnis Anda. Dengan menggunakan WhatsApp Business, Anda dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dengan banyaknya fitur yang bisa langsung menjawab secara otomatis kepada pelanggan.

Itulah beberapa penjelasan tentang cara penggunaan WhatsApp Business, biaya yang dibutuhkan, apa yang Anda perlukan untuk menggunakan WhatsApp Business, hingga keuntungan dalam memakai aplikasi ini. Semoga bermanfaat!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami