5 Keunggulan WhatsApp Business API untuk Bisnis Pariwisata Skala Besar

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Senin, 28 Agustus 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp Business API. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp Business API. Shutterstock.

"Jadikan WhatsApp Business API sebagai solusi layanan bisnis pariwisata Anda sekarang juga. Ketahui selengkapnya di sini!"

Inovasi teknologi kini semakin menjadi-jadi. Mengikuti perkembangan tersebut, banyak bisnis yang mencoba untuk memperbarui strategi bisnis mereka agar tidak kalah saing dalam gelombang revolusi industri 4.0. Mulai dari strategi pemasaran hingga indikator kepuasan pelanggan, kini pelaku bisnis tersebut berlomba-lomba untuk terkonversi secara digital. Salah satu bentuk diantaranya adalah dengan menggunakan WhatsApp Business API sebagai pusat layanan customer service-nya.

WhatsApp Business API merupakan sistem pengiriman pesan yang paling mutakhir saat ini. Seperti namanya, kegunaan dari WhatsApp Business API adalah untuk memudahkan sebuah brand dan pelanggan agar bisa saling berinteraksi secara efektif dan efisien melalui kanal pesan instan WhatsApp. Melihat keunggulan tersebut, banyak pelaku bisnis mencoba untuk mengaplikasikan sistem pengiriman pesan ini ke dalam strategi layanannya, tak terkecuali bisnis pariwisata.

Perbedaan WhatsApp Business API dan WhatsApp Business Biasa

Berbeda dengan WhatsApp Business biasa, WhatsApp Business API merupakan sebuah solusi yang berbeda untuk membantu bisnis Anda berinteraksi dengan pelanggannya. Melihat keunggulannya dibandingkan dengan WhatsApp Business biasa, WhatsApp Business API sebenarnya lebih cocok untuk digunakan bisnis dengan skala yang besar. Berikut perbedaan yang paling mencolok diantara WhatsApp Business API dan WhatsApp Business biasa:

  • Skalabilitas

Jika WhatsApp Business biasa lebih cocok untuk bisnis skala kecil dan menengah, WhatsApp Business API memang ditujukan untuk bisnis yang lebih besar. Lantaran, WhatsApp Business API melalui fiturnya dapat mengintegrasikan layanan pesan WhatsApp ke dalam sistem yang sudah ada. Selain itu, WhatsApp Business API memiliki volume pesan yang lebih tinggi dibanding WhatsApp Business biasa, sehingga memungkinkan bisnis anda untuk mengotomatisasi sebagian besar komunikasi dengan pelanggan melalui WhatsApp Business API.

  • Fitur dan Fungsi

WhatsApp Business API cenderung memberikan akses ke fitur yang lebih canggih dibandingkan dengan WhatsApp Business biasa, seperti pesan yang lebih kompleks, integrasi dengan sistem, kemampuan pengelompokan pelanggan, dan lebih banyak opsi otomatisasi.

  • Proses Persetujuan

Apabila Anda ingin mencoba menggunakan WhatsApp Business API, maka Anda memerlukan persetujuan dari WhatsApp dan melibatkan peninjauan oleh WhatsApp, berbeda dengan WhatsApp Business biasa yang tidak memerlukan persetujuan khusus dari pihak WhatsApp. Maka dari itu, WhatsApp Business API lebih cocok untuk digunakan oleh bisnis skala besar.

Baca Juga: Alasan Kenapa Anda Harus Menggunakan WhatsApp Business

Keunggulan WhatsApp Business API untuk Bisnis Pariwisata

Salah satu bisnis yang cocok untuk menggunakan WhatsApp Business API adalah bisnis skala besar yang bergerak di bidang pariwisata. Berikut beberapa keunggulan dari WhatsApp Business API agar membuat bisnis pariwisata Anda semakin terintegrasi:

  • Volume Pesan yang Lebih Tinggi

Dalam bisnis pariwisata skala besar, volume interaksi yang terjadi cenderung lebih tinggi. Contohnya seperti berbagai pertanyaan terkait reservasi, permintaan informasi, konfirmasi pesanan, dan lain sebagainya. Dengan WhatsApp Business API, Anda dapat mengotomatisasi dan menangani volume pesan yang tinggi.

  • Otomatisasi dan Efisiensi

Biasanya, dalam bisnis pariwisata banyak pertanyaan dan permintaan yang berulang. Hal ini mengharuskan bisnis pariwisata untuk memberikan jawaban yang cepat dalam volume tinggi. Melalui WhatsApp Business API, Anda tidak perlu khawatir karena WhatsApp Business API memungkinkan adanya penggunaan chatbot yang dapat memberikan jawaban yang cepat dan akurat kepada pelanggan.

  • Integrasi dengan Sistem Lain

Kebanyakan bisnis pariwisata skala besar telah memiliki sistem pemesanan, manajemen reservasi, dan sistem lain yang sudah saling terintegrasi. WhatsApp Business API dapat diintegrasikan ke dalam sistem-sistem yang sudah ada tersebut. Hal ini membuat bisnis pariwisata Anda memungkinkan untuk memberikan informasi terkini dan akurat yang dapat diakses dan dibagikan kepada pelanggan dengan mudah.

  • Pemberitahuan Reservasi dan Perubahan Jadwal Secara Real-time

Dalam bisnis pariwisata, pemberitahuan reservasi dan perubahan jadwal menjadi salah satu fokus utamanya. Dengan fitur dari WhatsApp Business API, Anda dapat mengirim pemberitahuan real-time kepada pelanggan terkait informasi tersebut.

  • Konfirmasi Pembayaran dan Dokumen Semakin Efisien

Pelanggan dalam bisnis pariwisata sering kali memerlukan konfirmasi pembayaran dan dokumen terkait perjalanan mereka. Melalui fitur-fitur yang disediakan oleh WhatsApp Business API, bisnis pariwisata Anda dapat mengirimkan dokumen dan informasi yang dibutuhkan menjadi jauh lebih efisien.

Tingkatkan Layanan Bisnis Pariwisata Anda dengan Ivosights

WhatsApp Business API tentunya dapat memberikan fleksibilitas dan kemampuan yang lebih besar untuk mengatasi kebutuhan komunikasi bisnis pariwisata skala besar Anda. Dengan memanfaatkan otomatisasi, integrasi sistem, dan fitur-fitur lainnya, Anda dapat meningkatkan interaksi dengan pelanggan dan memberikan customer experience yang lebih baik secara keseluruhan. Apabila Anda ingin segera mendaftarkan bisnis Anda agar dapat menggunakan WhatsApp Business API, Ivosights dapat membantu Anda mewujudkan solusi tersebut. Dengan layanan WhatsApp Business API yang Ivosights miliki, Anda akan meningkatkan layanan bisnis pariwisata Anda jauh dari sebelumnya. Segera daftarkan sekarang juga!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami