WhatsApp kini tidak hanya menyediakan aplikasi pesan instan personal, tetapi juga aplikasi yang menunjang operasional bisnis dengan baik. Terdapat dua jenis WhatsApp Business, yaitu WhatsApp Business standar dan WhatsApp Business API. Pada WhatsApp Business API, terdapat berbagai macam fitur yang cocok digunakan bisnis dengan skala menengah dan besar. Salah satunya adalah fitur WhatsApp Blast.

Mengenal WhatsApp Blast dan Fungsinya

Pengguna WhatsApp Business API dapat menggunakan fitur istimewa bernama WhatsApp Blast. Fitur ini memungkinkan sebuah brand untuk menyebarkan informasi dan pesan secara massal tanpa batasan kontak. Berbeda dengan WhatsApp Business standar yang hanya dibatasi 256 kontak tujuan. Dengan fitur ini, brand dapat mengoptimalisasi promosi dan penyebaran pesan dengan jangkauan pelanggan yang luas.

Selain untuk memperluas jangkauan masyarakat dan informasi yang sudah terjamin tersebar secara massal, WhatsApp Blast dapat berfungsi untuk beberapa aspek lain. Salah satunya untuk mempermudah analisis performa aplikasi dan kinerja karyawan. WhatsApp Blast dapat dilengkapi dengan dasbor reporting yang berisi status pesan (sent, delivered, read, failed). Sehingga, karyawan dapat menganalisis dan membuat laporan secara mudah. Selain itu, WhatsApp Blast memungkinkan brand untuk membangun interaksi positif yang bersifat ‘personal’ dengan pelanggannya. Terutama untuk sebagian perusahaan yang kerapkali membuat pesan yang dikustomisasi.

Baca Juga: Share Pesan Rohani Selama Puasa dengan WhatsApp Blast 

Panduan Lengkap Menggunakan WhatsApp Blast

Untuk dapat mengirimkan pesan secara massal tanpa batasan kontak melalui WhatsApp Blast, terdapat beberapa langkah yang dapat dilakukan, yaitu sebagai berikut:

Untuk dapat menggunakan fitur WhatsApp Blast, Anda perlu mendaftarkan bisnis Anda pada WhatsApp Business API. Anda dapat mendaftar langsung ke Meta atau melalui WhatsApp Business Solution Provider. Terdapat beberapa syarat dan ketentuan yang perlu dipenuhi, yaitu sebagai berikut:

  1. Legalitas Bisnis
    Perusahaan perlu menyiapkan legalitas bisnis. Dikarenakan WhatsApp Business API diperuntukkan untuk bisnis yang memiliki legalitas CV atau PT. CV merupakan Commanditaire Vennootschap atau persekutuan komanditer, sementara PT singkatan dari perseroan terbatas.
  2. Kepemilikan Situs Web dan E-Mail
    Perusahaan perlu memiliki situs web dan E-Mail dengan domain yang sama.
  3. ID Facebook Business Manager
    Bisnis perlu memiliki ID Facebook Business Manager. ID ini merupakan nomor unik yang sesuai dengan portofolio bisnis. Apabila Anda memiliki kesulitan untuk mencari nomor unik, cek cara menemukannya di sini.
  4. Menyesuaikan dengan WhatsApp Commerce Policy
    Persyaratan selanjutnya, bisnis perlu sesuai dengan ketentuan Facebook atau WhatsApp Commerce Policy. Untuk penjelasan lengkapnya, dapat dilihat di tautan ini.

Setelah memiliki akun WhatsApp Business API, Anda perlu membuat daftar kontak atau database pelanggan untuk memudahkan brand mengirimkan pesan dengan cepat.

Selanjutnya, Anda perlu membuat template pesan yang hendak dikirim melalui WhatsApp Blast. Pesan ini dapat berupa informasi produk dan layanan terbaru, campaign, diskon, hingga tawaran menarik lainnya. Pesan yang dibuat juga dapat didesain secara personal untuk menciptakan kedekatan antara brand dan pelanggannya.

Setelah pesan siap dikirimkan, Anda dapat langsung mengirimkan pesan kepada seluruh daftar kontak atau database pelanggan melalui dasbor broadcast pada WhatsApp Blast.

Setelah pesan terkirim, Anda dapat memantau status pesan melalui dasbor reporting. Pada dasbor tersebut, tercantum status pesan sent, delivered, failed, atau read. Dengan pemantauan ini, Anda dapat melakukan evaluasi dan analisis performa WhatsApp Business API dengan baik.

Baca Juga: Tips WhatsApp Blast Bisnis Selama Ramadan

WhatsApp Blast dari Ivosights: Menyebarkan Informasi Produk dan Layanan Tanpa Batasan Kontak Secara Optimal

WhatsApp Business API menyediakan beragam jenis fitur yang dapat menunjang operasional bisnis Anda, salah satunya adalah WhatsApp Blast. Dengan Ivosights, Anda dapat mendaftarkan bisnis Anda untuk bergabung pada WhatsApp Business API. Ivosights merupakan business provider solution di Indonesia yang menyediakan perhitungan yang lebih jelas dan menguntungkan bagi bisnis Anda. Platform ini juga dilengkapi dengan dasbor WhatsApp Business yang lengkap untuk pengiriman pesan, integrasi dasbor CRM, juga laporan yang lengkap. Segera hubungi Ivosights untuk langkah awal menuju kesuksesan bisnis Anda!