Tingkatkan Jangkauan Pelanggan dengan Bantuan WhatsApp Banking

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Jumat, 07 Juli 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Whatsapp Business. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Whatsapp Business. Shutterstock

"WhatsApp banking dapat membantu perbankan untuk meluaskan jangkauan pelanggan"

Dalam dunia bisnis yang semakin digital, penting bagi perusahaan untuk terus berinovasi dan menggunakan teknologi yang tepat guna untuk meningkatkan jangkauan pelanggan. Salah satu solusi yang semakin populer adalah WhatsApp Banking. Dalam artikel ini, Anda akan mendapatkan informasi berupa pengertian WhatsApp Banking, kegunaan layanan ini, serta bagaimana cara menerapkannya untuk menjangkau pelanggan secara lebih meluas. Dengan memanfaatkan WhatsApp Banking, Anda juga dapat mengoptimalkan strategi pemasaran dan memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pelanggan Anda.

Mengenal Apa Itu WhatsApp Banking

WhatsApp Banking adalah sebuah layanan yang diberikan oleh pihak perbankan dengan memanfaatkan aplikasi WhatsApp sebagai sarana untuk berkomunikasi antara layanan bank dan nasabah. WhatsApp Banking menggabungkan kemudahan penggunaan aplikasi WhatsApp yang sudah populer dengan layanan perbankan yang lengkap, sehingga memudahkan nasabah untuk mengakses layanan perbankan kapan saja yang mereka mau. Dengan adanya whatsapp banking, nasabah dapat melakukan berbagai transaksi perbankan melalui aplikasi WhatsApp. 

Kenapa Anda Harus Menggunakan Layanan WhatsApp Banking?

Ada beberapa alasan mengapa perbankan harus mempertimbangkan menggunakan layanan WhatsApp Banking untuk layanan nasabahnya:

  • Kemudahan dan Kepuasan Pelanggan

Dengan WhatsApp Banking, bank dapat memberikan kemudahan akses kepada para nasabah. Nasabah jadi tidak perlu lagi mengunjungi kantor cabang atau menggunakan aplikasi terpisah. Kemudahan untuk mengakses layanan perbankan akan meningkatkan kepuasan nasabah dan meningkatkan loyalitas terhadap layanan bank.

  • Komunikasi yang Lebih Personal

WhatsApp Banking memudahkan bank untuk berkomunikasi secara langsung dengan para nasabah. Dengan aplikasi ini, pihak bank dapat memberikan informasi terkini, promosi, atau memberikan dukungan kepada pelanggan melalui chat secara personal.

  • Mengoptimalkan Penggunaan Media Sosial

Dengan menggunakan WhatsApp Banking, bank dapat memanfaatkan banyaknya jumlah pengguna whatsapp untuk meningkatkan visibilitas perbankan Anda. Bank dapat mempromosikan layanannya melalui pesan broadcast atau lewat fitur status WhatsApp.

  • Keamanan dan Perlindungan Data

WhatsApp Banking menawarkan tingkat keamanan yang tinggi dengan enkripsi end-to-end supaya data dan informasi nasabah akan terjaga kerahasiaannya. Dengan tingginya penerapan sistem keamanan, para nasabah akan merasa aman dan nyaman dalam melakukan transaksi perbankan melalui Whatsapp.

Baca juga: Gunakan Whatsapp Business API sebagai Customer Support Pelanggan Perbankan

Siapa Saja Pihak yang Bisa Menggunakan WhatsApp Banking

  • Bank dan Lembaga Keuangan

Bank-bank dan lembaga keuangan lainnya dapat memanfaatkan WhatsApp Banking untuk meningkatkan layanan perbankan kepada nasabah. Melalui WhatsApp, layanan bank dapat menyediakan fasilitas transaksi perbankan, pemberitahuan transaksi, dan pelayanan nasabah.

  • Usaha Kecil dan Menengah (UKM)

UKM dapat menggunakan WhatsApp Banking sebagai sarana komunikasi dengan pelanggan. Mereka juga dapat memberikan informasi produk terbaru, menerima pesanan, dan memberikan pelayanan pelanggan melalui WhatsApp.

  • Perusahaan E-commerce

Adanya WhatsApp Banking memudahkan perusahaan e-commerce untuk melakukan proses pembayaran dan komunikasi dengan pelanggan. Pihak perusahaan e-commerce dapat memberikan notifikasi pembayaran, memberikan informasi pengiriman barang, dan memberikan dukungan pelanggan melalui WhatsApp.

Cara Menerapkan WhatsApp Banking untuk Menjangkau Pelanggan secara Lebih Meluas

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk menerapkan WhatsApp Banking untuk menjangkau nasabah secara meluas:

  • Persiapkan Infrastruktur

Pastikan pihak perbankan memiliki infrastruktur yang memadai untuk mendukung layanan WhatsApp Banking. Hal ini meliputi kecukupan tenaga kerja, perangkat keras dan perangkat lunak yang diperlukan, serta jaringan internet yang stabil.

  • Daftarkan Nomor Resmi

Daftarkan nomor resmi yang akan digunakan sebagai WhatsApp Banking. Pastikan nomor tersebut terhubung dengan layanan perbankan dan dapat diakses oleh tim yang bertanggung jawab.

  • Buat Sistem Otomatisasi

Buatlah sistem otomatisasi yang membantu dalam memproses transaksi perbankan atau permintaan nasabah. Misalnya, Anda dapat menggunakan chatbot yang dapat memberikan respon otomatis kepada pelanggan.

  • Sosialisasikan Layanan

Lalu, berikan sosialisasi terkait layanan WhatsApp Banking kepada para nasabah Anda. Informasikan keuntungan dan kemudahan yang dapat diperoleh dengan menggunakan layanan ini. Gunakan media sosial, website, atau saluran komunikasi lainnya untuk mempromosikan layanan WhatsApp Banking.

  • Berikan Dukungan Pelanggan

Terakhir, pastikan Anda memiliki tim yang siap memberikan dukungan pelanggan melalui WhatsApp. Tim ini harus terlatih untuk memberikan respons yang cepat, akurat, dan ramah kepada pelanggan.

Baca juga: Mudahkan Transaksi Sehari-Hari dengan Adanya Whatsapp Banking

Jangkau Calon Nasabah dengan Lebih Baik Menggunakan WhatsApp Banking

Seperti yang telah dibahas, WhatsApp Business memberikan beberapa manfaat bagi bidang perbankan. Dengan adanya WhatsApp Business API, perbankan dapat menjangkau nasabah secara lebih luas sekaligus meningkatkan kepuasan nasabah. Perbankan juga dapat menyelesaikan beberapa masalah yang dikeluhkan nasabah secara efisien dengan mengeluarkan biaya yang lebih rendah.

Pengaplikasian WhatsApp Business API pada financial industry dapat berbentuk support seperti update transaksi, WhatsApp chatbot, dan live agent. WhatsApp Business API dapat meningkatkan customer satisfaction dan retention juga. Segera hubungi Ivosights sebagai WhatsApp Business Solution Provider (BSP) untuk mendapatkan layanan WhatsApp yang satu ini.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami