Ulasan SMS Blasting Beserta Manfaatnya yang Harus Anda Tahu

Sociomation


Penulis : Administrator - Senin, 08 Agustus 2022
Ket. foto: SMS blasting. Shutterstock.
Ket. foto: SMS blasting. Shutterstock.

"SMS Blasting adalah salah satu strategi CRM marketing yang efektif dan efisien."

SMS blasting adalah metode pengiriman pesan ke banyak nomor dari satu sumber atau server dengan isi pesan yang sama tetapi menggunakan identitas pengirim atau tidak dikirim dengan nomor seluler biasa. SMS blasting digunakan untuk melakukan promosi yang efektif dan efisien dengan biaya yang relatif murah dan hanya dalam waktu yang sangat singkat.

Berbagai perusahaan yang ingin menawarkan barang atau jasa tersebut tentunya sangat diuntungkan dengan adanya SMS blasting. Namun, beberapa pengguna seluler atau konsumen yang menerima berbagai pesan promosi melalui SMS blasting mungkin merasa privasinya terganggu atau dirugikan oleh promosi yang dilakukan melalui SMS blasting.

Ini karena banyaknya SMS sering dianggap sebagai spam yang mengganggu penerima pesan. Namun, SMS blasting masih banyak digunakan saat ini sebagai media promosi oleh perusahaan. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang SMS blast, simak pembahasan berikut ini.

Apa Itu SMS Blasting?

SMS blasting juga dikenal sebagai SMS broadcast adalah metode pengiriman SMS ke banyak nomor telepon dari satu sumber dengan isi pesan yang sama. Penggunaan metode SMS ini umumnya digunakan oleh perusahaan atau institusi untuk mempromosikan produknya, atau untuk menyebarkan informasi dari satu individu ke banyak klien.

Waktu pengiriman SMS blasting dapat dijadwalkan secara manual dan bebas. Sedangkan biaya pengiriman SMS blasting dibebankan kepada pengirim. SMS blasting dapat menjangkau semua operator dengan biaya standar dari perusahaan pengirim.

Dari segi teknis, ada dua metode SMS blasting yaitu melalui operator seluler dan menggunakan modem GSM dengan keunggulan masing-masing. Keuntungan mengirim SMS blasting melalui operator seluler adalah pengirimnya bisa atas nama dan bisa mengirim dalam jumlah banyak dan cepat. Sedangkan keunggulan menggunakan modem GSM adalah pengirimnya berupa nomor dan mampu mengirim dalam jumlah besar melalui modem.

5 Manfaat SMS Blasting yang Harus Anda Ketahui

Manfaat SMS Blasting pastinya bisa menjadi salah satu opsi untuk kamu memulai proses pemasaran yang satu ini. Hal ini ditunjukan dikarenakan banyak sekali manfaat SMS Blasting yang bisa kamu dapatkan. Untuk itu yuk kenali lebih lanjut!

#1 Cepat dan Mudah

SMS Blasting memiliki proses yang cepat dan mudah, sehingga pesan dapat langsung diterima oleh pengguna lain dengan mudah. Selain itu, pengirim dapat menyusun kata dengan lebih mudah dan menarik di dalamnya untuk menarik minat konsumen.

#2 Cocok untuk Semua Ponsel

SMS Blasting cocok untuk semua jenis ponsel, jadi Anda tidak perlu khawatir jika pesan yang Anda kirim tidak terbaca oleh perangkat seluler tertentu. Karena pada dasarnya SMS dapat diakses dari perangkat apapun, baik itu ponsel lama maupun smartphone.

#3 Eco Friendly

Tidak seperti brosur, poster atau sejenisnya yang membutuhkan kertas atau bahan tertentu sebagai media promosi, SMS Blasting merupakan media promosi yang ramah. Dengan kata lain, brosur dan media promosi lainnya yang terbuat dari pohon yang ditebang dapat dihilangkan dengan strategi pemasaran melalui SMS Blasting.

#4 Sifatnya Personal

SMS Blasting bersifat pribadi dan langsung. Sifatnya yang personal dan langsung akan membuat promosi langsung ke pelanggan dengan mudah.

#5 Murah

Berbeda dengan media promosi offline yang membutuhkan biaya besar, dengan SMS Blasting, Anda bisa lebih menghemat biaya. Membandingkan dengan biaya pembuatan dan pemasangan iklan pada media televisi atau baliho yang harus dikeluarkan, atau pencetakan brosur yang memerlukan biaya desain dan tinta untuk mencetak isi brosur.

Kesimpulan

SMS Blasting merupakan suatu cara untuk perusahaan Anda memaksimalkan CRM ataupun marketing yang ada. Karena dengan hal tersebut Anda maupun perusahaan bisa mendapatkan solusi serta hal menarik lainnya agar konsumen datang dan menjadi potensial. Sociomation dari Ivosights merupakan platform kirim pesan otomatis ke database pelanggan berbasis skenario pengiriman. Sociomation akan memastikan pesan terkirim ke pelanggan melalui beragam percobaan kanal pengiriman secara otomatis seperti yang telah diskenariokan sebelumnya. Tak hanya melalui SMS saja, Sociomation menyediakan beragam kanal pengiriman pesan, seperti e-mail, Twitter, Telegram, dan WhatsApp.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami