Top 5 Industri dengan BPO Contact Center

BPO Contact Center


Penulis : Administrator - Senin, 19 Desember 2022
Ket. foto: Ilustrasi - BPO Contact Center. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - BPO Contact Center. Shutterstock.

"BPO Contact Center menyediakan layanan customer service, teknis support, dan layanan lainnya yang berkaitan dengan pelanggan"

Jasa contact center pada dasarnya menjadi salah satu hal yang wajib ada pada berbagai perusahaan. Oleh karenanya kita bisa mengatakan jasa contact center memang berperan sangat penting bagi suatu perusahaan. Mengapa demikian? Karena selain dapat membantu perusahaan tersebut dalam menangani pertanyaan, keluhan, atau permintaan pelanggan dengan cepat dan efisien, contact center juga dapat membantu menyelesaikan masalah pelanggan secara cepat, sehingga pelanggan dapat tetap puas dengan layanan yang diberikan oleh perusahaan.

Selain itu, contact center juga dapat membantu perusahaan dalam mengumpulkan feedback dari pelanggan. Hal ini adalah salah satu komponen yang penting bagi perusahaan juga karena feedback tersebut dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas layanan di masa yang akan datang. Dengan demikian tentunya kamu bisa memhami pentingnya contact center pada perusahaan.

BPO atau Business Process Outsourcing adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan dengan menyerahkan sebagian atau seluruh kegiatan operasionalnya kepada perusahaan lain yang lebih spesialis dalam bidang tersebut. Salah satu contohnya adalah contact center, yaitu suatu layanan yang menangani pertanyaan, keluhan, dan informasi dari pelanggan melalui telepon, email, atau chat. Contact center yang dikelola oleh perusahaan BPO sering disebut sebagai BPO Contact Center.

BPO Contact Center biasanya menyediakan layanan customer service, teknis support, dan layanan lainnya yang berkaitan dengan pelanggan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dan membantu perusahaan asal dalam mengelola kegiatan operasionalnya dengan lebih efisien. BPO Contact Center juga sering digunakan oleh perusahaan untuk menangani volume tinggi panggilan masuk dan memberikan layanan pelanggan yang lebih baik.

Umumnya, kebanyakan perusahaan memang membutuhkan jasa contact center. Akan tetapi, ada beberapa industri yang bisa dikategorikan sangat urgent membutuhkan jasa ini. Industri yang membutuhkan jasa contact center biasanya adalah perusahaan yang menangani banyak pelanggan atau klien secara massal. Misalnya, perusahaan telekomunikasi, perusahaan kartu kredit, perusahaan asuransi, dan perusahaan layanan pelanggan.

Nah, pada artikel ini kamu akan mempelajari jenis-jenis industri yang sangat membutuhkan jasa contact center berikut dengan alasan dan kelebihan-kelebihan yang ditawarkan dari contact center terhadap industri tersebut. Untuk kamu yang penasaran, jangan lewatkan artikelnya dan simak terus sampai selesai, ya!

5 Industri yang Membutuhkan BPO Contact Center

Setelah megetahui sedikit tentang pentingnya BPO Contact Center, kini saatnya kamu mengetahui lima industri teratas yang paling membutuhkan BPO Contact Center. Berikut ini adalah kelima industrinya:

  • Industri Kesehatan

Industri pertama yang sangat membutuhkan jasa BPO Contact Center adalah industri kesehatan. Selain memberikan layanan teknis support, BPO Contact Center pada industri ini juga bekerja sebagai peningkat efisiensi operasional yang berat. Industri kesehatan juga memerlukan layanan teknis support untuk menangani masalah teknis yang terjadi pada sistem atau peralatan medis. Umumnya industri kesehatan memang selalu dihubungi oleh pelanggan, yakni pasien, pada waktu-waktu yang tidak menentu sehingga wajar jika BPO Contact Center dibutuhkan untuk menjadi pelayan 24 jam pelanggannya.

  • Industri Bank dan Keuangan

Industri kedua yang sangat membutuhkan jasa BPO Contact Center adalah industri bank dan keuangan. Selain industri kesehatan, industri perekonomian adalah industri yang tidak mungkin mati di sekitar kita. Oleh karena itu sudah sewajarnya industri ini sering kali dihubungi oleh pelanggan. Banyak dari pelanggan yang menghubungi customer service untuk menanyakan produk pinjaman, masalah keuangan, hingga program pembayaran tertentu. BPO Contact Center dapat membantu meningkatkan efisiensi operasional industri bank dan keuangan dengan mengelola kegiatan customer service dan teknis support secara lebih efektif dan efisien. Ini dapat memungkinkan industri bank dan keuangan untuk lebih fokus pada core business-nya.

  • Jasa Konsultasi

Industri ketiga yang sangat membutuhkan jasa BPO Contact Center adalah jasa konsultasi. Sesuai dengan namanya, konsultasi, tentunya jasa yang satu ini akan sangat melibatkan komunikasi dengan klien atau pelanggan. Jasa konsultasi sering menghadapi volume tinggi panggilan masuk dari calon klien yang ingin menanyakan informasi atau membuat janji konsultasi. Oleh karena itu, contact center dapat membantu menangani panggilan masuk tersebut dan memberikan layanan pelanggan yang baik.

  • Jasa Telekomunikasi

Industri yang sangat membutuhkan jasa contact center selanjutnya adalah perusahaan telekomunikasi. Sebagaimana namanya telekomunikasi, sepertinya sudah tidak heran jika perusahaan ini masuk ke dalam daftar industri yang membutuhkan contact center.

Perusahaan telekomunikasi adalah perusahaan yang menyediakan layanan telekomunikasi kepada pelanggan, seperti telepon, internet, televisi kabel, dan lain-lain. Perusahaan telekomunikasi bertanggung jawab untuk menyediakan infrastruktur yang dibutuhkan untuk menyalurkan layanan telekomunikasi ke pelanggan, serta mengelola jaringan telekomunikasi yang digunakan untuk menyalurkan layanan tersebut. Dengan pergerakan komunikasi yang cukup banyak ini, tentunya bantuan contact center akan sangatlah berjasa untuk memudahkan penyampaian informasi dan layanan untuk pelanggan.

Perusahaan telekomunikasi biasanya membutuhkan contact center selain untuk memudahkan perantara komunikasi antara pelanggan dan juga perusahaan, contact center juga bisa membantu menangani layanan produk dan jasa telekomunikasi dengan cepat dan efisien.

  • Jasa Logistik

Selain empat industri di atas, jasa logistik juga sangat membutuhkan contact center. Jasa logistic membutuhkan contact center untuk membantu mengelola dan menangani permintaan, pertanyaan, dan keluhan pelanggan secara efektif. Contact center dapat membantu jasa logistik meningkatkan pelayanan pelanggan dengan menyediakan informasi tentang tarif, rute, dan waktu pengiriman. Contact center juga dapat membantu menangani masalah yang mungkin terjadi selama pengiriman, seperti barang yang hilang atau rusak. Dengan demikian, contact center dapat membantu jasa logistik menjaga reputasi mereka dengan pelanggan dan memastikan bahwa pelanggan merasa puas dengan layanan yang diberikan.

Dapatkan BPO Contact Center Terbaik di Ivosights

Nah, itu dia beberapa jenis industri yang sangat membutuhkan jasa contact center. Ivosights adalah perusahaan berbasis teknologi yang terus mengedepankan layanan contact center. Untuk layanan contact center, kami merekomendasikan Sociomile untuk bantu memajukan perusahaanmu di bidang layanan. Ayo gunakan Sociomile sekarang juga! Sociomile menyediakan jasa contact center terbaik yang akan membantu kamu menangani pertanyaan, keluhan, atau permintaan pelanggan dengan cepat dan efisien. Jangan lewatkan kesempatan ini dan dapatkan layanan terbaik dari Sociomile sekarang!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami