Tips Working From Home untuk Telemarketer

Sociomile


Penulis : Administrator - Selasa, 06 Desember 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Telemarketing. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Telemarketing. Shutterstock.

"Telemarketing merupakan tipe pekerjaan yang membutuhkan fokus penuh. Kebijakan WFH menjadi tantangan tersendiri bagi telemarketer"

Sejak masa pandemi COVID-19 3 tahun terakhir, sudah banyak pekerjaan yang mulai dilakukan dengan kebijakan work from home, termasuk dalam industri yang melibatkan telemarketing dalam operasional perusahaan. Telemarketing merupakan tipe pekerjaan yang membutuhkan fokus penuh. Oleh karena itu, kebijakan work from home akan menjadi tantangan tersendiri bagi telemarketer.

Sebab, bekerja dari rumah akan memberikan banyak distraksi untuk pekerjaan seorang telemarketer. Misalnya, suara-suara dari tetangga, keluarga dan suara kendaraan di jalan yang terdengar hingga ke dalam rumah. Oleh karena itu, kami akan membagikan beberapa tips agar pengalaman work from home Anda menjadi lebih lancar dan terkendali.

Tips Working from Home Untuk Telemarketer

  • Hilangkan Semua Distraksi

Selama jam kerja, pastikan Anda bebas dari segala macam distraksi, terutama saat Anda sedang melakukan panggilan dengan pelanggan. Beberapa pelanggan mungkin akan mengerti dengan keadaan Anda. Namun, tidak semua pelanggan ingin mengerti dan menoleransi distraksi yang mengganggu.

Oleh karena itu, mulailah untuk mencari spot kerja yang cocok di rumah Anda yang jauh dari jalan raya dan mintalah pengertian dari anggota keluarga atau tetangga untuk tidak mengganggu atau mengeluarkan suara bising selama Anda bekerja. Dengan demikian, Anda tetap dapat fokus dengan pekerjaan dan menggaet perhatian pelanggan untuk menggunakan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

  • Gunakan Peralatan yang Tepat

Menggunakan peralatan yang tepat akan memudahkan pekerjaan Anda ketika sedang bekerja dari rumah. Anda dapat membuat set up alat yang mirip dengan yang ada di kantor. Memastikan Anda memiliki alat yang tepat dan perusahaan Anda menyediakan peralatan tersebut merupakan hal penting agar Anda dapat menjalankan kebijakan work from home dengan nyaman.

  • Periksa Koneksi Internet

Pastikan Anda memiliki koneksi internet yang cepat sehingga dapat menjalankan program yang harus Anda jalankan di komputer atau laptop Anda. Biasanya, perusahaan akan menyediakan wifi jika Anda diminta melakukan work from home dalam waktu yang cukup lama. Namun jika tidak, Anda perlu mencari tahu provider internet mana saja yang memberikan layanan internet cepat dengan sinyal yang kuat sesuai dengan budget yang diberikan oleh perusahaan sehingga Anda dapat menjalankan pekerjaan dengan mudah tanpa perlu merasa stress dengan koneksi wifi yang tidak menentu dan sering mengalami gangguan.

  • Miliki Rutinitas

Selain distraksi dari pihak eksternal, distraksi juga bisa berasal dari diri kita sendiri ketika sedang working from home. Rasa malas atau rasa nyaman dengan suasana rumah yang berbeda dengan kantor, atau mungkin rasa jenuh karena terkurung di dalam rumah dalam waktu yang cukup lama akan berpengaruh buruk pada pekerjaan Anda sebagai telemarketer. Oleh karena itu, Anda harus memiliki rutinitas yang disiplin selama kebijakan work from home berlangsung.

Membuat rutinitas yang terjadwal akan sangat membantu Anda dalam mengerjakan tugas sehari-hari dengan mudah dan terencana. Anda dapat memasukan waktu untuk hiburan, istirahat, dan olahraga sebagai bagian dari rutinitas sehari-hari Anda. Memiliki fisik dan mental yang sehat juga sangat penting untuk menopang pekerjaan Anda sebagai telemarketer.

Nah itulah tips working from home untuk telemarketer yang dapat Anda coba dirumah. Dalam masa yang penuh dengan ketidakpastian ini, kita harus pandai beradaptasi dengan perubahan yang terjadi dengan cepat, termasuk dengan mulai diberlakukannya kebijakan work from home yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya karena pandemi COVID-19.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami