Tips dan Trik Teknik Closing dalam Telemarketing

Sociomile


Penulis : Administrator - Jumat, 28 Oktober 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Telemarketing. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Telemarketing. Shutterstock.

"Teknik closing merupakan cara yang dilakukan untuk mencapai kesepakatan. Untuk itu diperlukan sebuah tips closing yang baik bagi agen telemarketing."

Berbagai cara dilakukan perusahaan untuk meningkatkan penjualan. mulai dari penjualan secara langsung, pemasangan iklan, door-to-door, ataupun email marketing. Ada pula pemasaran melalui telepon atau yang lebih dikenal dengan telemarketing. Meski metode pemasaran ini terbilang tradisional, namun masih banyak digunakan perusahaan.

Metode ini mungkin terlihat mudah karena penjualan dilakukan melalui telepon, namun nyatanya untuk mencapai closing terbilang sulit. Untuk itu diperlukan sebuah tips closing yang baik bagi agen telemarketing. Closing sendiri merupakan cara yang dilakukan untuk mencapai kesepakatan. Apa saja tips closing yang bisa diterapkan? Yuk simak artikel ini sampai selesai ya!

#1 Memberikan desakan halus

Tips ini merupakan teknik yang terbilang klasik dan sering digunakan pada saat melakukan telemarketing. Satu hal yang penting, Anda jangan terlalu agresif mendesak pelanggan agar mau membeli produk atau jasa Anda. Anda jangan terlalu memberikan kesan yang mengganggu dan memaksa mereka.

Anda bisa mengingatkan ke calon pelanggan seperti informasi yang perlu mereka ketahui seperti jangka waktu penawaran dan sebagainya. Biasakan untuk tidak membohongi pelanggan ketika Anda memberi penekanan karena hal ini bisa menjadi hal yang merugikan bagi Anda di suatu saat.

#2 Membebaskan pelanggan

Apabila Anda merasa tanda-tanda pelanggan menunjukan kalau mereka ingin mengakhiri pembicaraan, Anda bisa menyimpulkan terlebih dahulu hasil pembicaraan sebelumnya dan mengakhiri panggilan. Tips ini terlihat tidak masuk akal memang, namun pelanggan akan menghargai apabila Anda mengerti bahwa mereka tidak dihabiskan waktunya untuk bertelepon dengan Anda. Hal ini juga akan membuka pintu untuk melanjutkan pembicaraan di lain hari.

#3 Asumsi positif

Tips ini bisa digunakan namun Anda harus berhati-hati dan hanya gunakan apabila jika ada pelanggan Anda yang lebih condong positif untuk melakukan pembelian. Anda hanya perlu berasumsi bahwa mereka telah setuju melakukan pembelian dan selanjutnya hanya kegiatan administratif. Selain akan mempercepat untuk closing, pelanggan yang mungkin memiliki keraguan bisa saja terdorong untuk melakukan pembelian secara impulsif.

#4 Memberikan penjelasan

Untuk memberikan rasa aman kepada pelanggan bahwa Anda sebagai agen telemarketing tidak hilang setelah mereka melakukan transaksi, Anda bisa memberikan beberapa informasi seperti data apa saja yang diperlukan dalam pemesanan, alur yang terjadi setelah pesanan dibuat, dan apa yang Anda lakukan dalam waktu dekat.

Dengan begitu, mereka akan mendapatkan informasi yang mereka butuhkan sehingga lebih yakin dalam melakukan pembelian. Jangan lupa untuk memberikan pertanyaan kepada mereka untuk memastikan bahwa mereka telah memahami apa yang telah Anda sampaikan.

#5 Gali alasan pasti

Apabila ada pelanggan yang menolak pembelian dari Anda, Anda bisa menggali alasan apa yang membuat pelanggan tersebut menolak pembelian. Dengan memberikan pertanyaan yang jujur, sulit bagi pelanggan untuk menolak penawaran Anda atau apabila mereka menceritakan kendala seperti apa yang mereka alami, Anda bisa saja untuk memberikan solusi lain yang Anda miliki untuk membujuk mereka dalam melakukan pembelian.

#6 Mengakhiri dengan ucapan positif

Walaupun pelanggan Anda tidak tertarik dengan produk atau jasa yang telah Anda tawarkan. Selalu akhiri pembicaraan dengan nada yang positif seperti mengucapkan “terima kasih” atau “mohon maaf telah mengganggu waktunya”. Hal tersebut diperlukan karena mereka telah meluangkan waktunya untuk agen Telemarketing.

Itu dia tips yang bisa Anda terapkan untuk melakukan closing pada telemarketing. Tips ini sangat penting untuk Anda terapkan karena sebagai cara untuk meningkatkan penjualan dan bentuk untuk menghargai pelanggan atau calon pelanggan pada Anda. Semoga artikel ini dapat membantu Anda ya.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami