Optimalkan Kinerja Agen dengan Menggunakan Software Telesurvey!

Sociomile


Penulis : Administrator - Kamis, 22 Juni 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Telesurvey. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Telesurvey. Shutterstock

"Penggunaan software telesurvey yang tepat akan membantu agen telesurvey untuk melakukan survei terhadap para pelanggan perusahaan."

Teknologi yang telah berkembang turut memberikan kemudahan dalam pelaksanaan telesurvey. Salah satunya berupa kemunculan beberapa software telesurvey. Software-software ini dapat meningkatkan efektivitas telesurvey apabila digunakan secara optimal. Sebelum mengetahui bagaimana cara mengoptimalkan penggunaan software telesurvey, Anda akan dikenalkan terlebih dahulu pengertian dari istilah telesurvey itu sendiri.

Apa Itu Telesurvey?

Telesurvey merupakan sebuah metode pengumpulan data berupa survei yang dilakukan menggunakan alat komunikasi jarak jauh, seperti saluran telepon. Untuk mengumpulkan informasi, para agen akan menyusun pertanyaan-pertanyaan tertentu yang disiapkan sesuai kebutuhan perusahaan. Pengambilan data oleh agen dapat dilakukan dengan cara mengirimkan kuesioner atau mewawancarai pelanggan secara langsung.

Baca juga: Pengaruh Telesurvey dalam Memengaruhi Perspektif Pelanggan terhadap Produk

Keuntungan Penggunaan Software Telesurvey

Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang didapatkan apabila Anda mengaplikasikan software telesurvey dalam bisnis Anda:

  • Efisiensi dan Produktivitas

Software telesurvey dapat memudahkan agen melakukan survei dengan cepat dan efisien. Software ini dapat melakukan pengiriman, dan pengumpulan data secara otomatis. Pengiriman survei dapat dilakukan dengan mengirimkan tautan langsung maupun email ke sejumlah besar pelanggan dalam waktu singkat. Dengan ini, agen dapat mengelola survei secara lebih efisien.

  • Biaya yang Lebih Rendah

Software telesurvey yang dilakukan secara online akan memangkas biaya yang diperlukan untuk mencetak, mengirimkan. dan mengelola kuesioner secara manual. Metode telesurvey ini dianggap dapat mengurangi anggaran yang harus dikeluarkan oleh perusahaan.

  • Data yang Lebih Akurat dan Terstruktur

Dengan software ini, telesurvey akan memuat sejumlah pertanyaan yang telah disusun secara terstruktur. Selain itu, software telesurvey juga mengoreksi apakah terdapat kesalahan pada jawaban yang dikirimkan oleh pelanggan. Dengan begini, agen akan semakin mudah mendapatkan data yang akurat dan mudah diolah.

  • Analisis Data yang Lebih Mudah

Agen dapat menganalisis tren, pola, dan mendapatkan informasi penting lainnya dari jawaban-jawaban survei dengan mudah berkat adanya fitur analisis canggih pada software telesurvey.

  • Kemampuan Pengelompokan dan Targeting

Setiap pelanggan yang mengisi survei tersebut dapat dengan mudah dikelompokkan oleh software telesurvey berdasarkan karakteristik tertentu. Pengelompokkan pelanggan ini akan memudahkan perusahaan untuk menyesuaikan survei yang diberikan. Hal ini berguna supaya data yang relevan dengan keinginan dan kebutuhan bisa didapatkan.

  • Responsif terhadap Perubahan dan Perkembangan

Software telesurvey bersifat fleksibel, yang artinya bisa mengikuti kebutuhan survei yang kian berubah dari waktu ke waktu. Agen telesurvey juga dapat merancang dan mengubah survei sewaktu-waktu dengan cepat.

Bagaimana Cara Memilih Software Telesurvey yang Tepat?

Dari sekian banyak software telesurvey yang tersedia, Anda harus mempertimbangkan untuk menggunakan software yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Berikut ini adalah cara memilih software telesurvey dengan tepat:

  • Kebutuhan Bisnis

Sebelum melaksanakan survei, Anda perlu mempertimbangkan jenis survei apa yang cocok digunakan. Periksa juga fitur-fitur apa saja yang diperlukan untuk mengadakan survei tersebut, misalnya fitur pengiriman survei, pengumpulan hingga analisis data. Pastikan jenis survei dan fitur-fitur iniĀ  sudah sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.

  • Skalabilitas

Untuk menangani jumlah pelanggan dalam jumlah besar, pastikan software telesurvey dapat mengelola survei dalam skala yang besar. Software yang dipilih ini juga sebaiknya efisien dalam mengumpulkan data dalam jumlah besar.

  • Kustomisasi

Periksa apakah software telesurvey memberikan akses untuk kustomisasi survei yang akan dikirimkan perusahaan nantinya. Sebaiknya, perusahaan dapat mengubah tampilan survei dengan menambahkan logo atau mengubah temanya supaya menyesuaikan dengan identitas bisnis Anda secara visual.

  • Kemudahan Penggunaan

Supaya mudah digunakan, carilah software telesurvey yang mudah digunakan tanpa keterampilan khusus. Dengan ini, Anda tidak perlu repot-repot untuk mengadakan pelatihan rutin bagi para agen untuk mengoperasikan software tersebut.

Baca juga: Tips Membuat Telesurvey Menarik dengan WhatsApp Business

  • Keamanan Data

Untuk melindungi data-data pelanggan, pastikan software menyediakan fitur-fitur keamanan yang andal. Fitur ini dapat berupa enkripsi data ataupun kebijakan privasi pengguna. Pastikan software ini juga dirancang untuk mematuhi standar keamanan data yang relevan.

  • Dukungan Pelanggan

Selain software yang akan digunakan, Anda juga perlu memeriksa penyedia software telesurvey tersebut. Pastikan pihak vendor menyediakan dukungan pelanggan untuk membantu menyelesaikan masalah teknis yang dapat timbul saat pemakaiannya.

  • Biaya

Terakhir, lakukan pertimbangan terhadap biaya langganan, pengaplikasian, serta biaya tambahan yang akan dibutuhkan selama penggunaan software telesurvey. Anda bisa memilih vendor software yang menyediakan beberapa opsi paket berlangganan yang pas dengan anggaran perusahaan Anda.

Dukung Layanan Telesurvey Perusahaan Anda dengan Ivosights

Itulah beberapa kegunaan software telesurvey yang dapat menunjang kinerja agen supaya lebih efektif. Untuk mendukung pengaplikasian telesurvey dalam perusahaan Anda, Ivosights menyediakan sistem Sociomile, contact center dengan fitur-fitur terlengkap. Layanan yang disediakan dalam sistem ini cukup lengkap untuk mendukung outbound Call Center berupa telemarketing, telesurvey, dan lain sebagainya. Ivosights juga menyediakan jasa konsultasi untuk mengoptimalkan kinerja agen di lapangan. Yuk, dapatkan layanan Sociomile dengan menghubungi Ivosights sekarang!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami