Kelemahan Melakukan Telesurvey dengan WhatsApp Business

Sociomile

,

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Jumat, 03 Maret 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Telesurvey. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Telesurvey. Shutterstock.

"Melakukan telesurvey dengan WhatsApp Business memang sangat memudahkan, tetapi ada beberapa kelemahan yang perlu Anda ketahui saat melakukannya dengan aplikasi ini"

Adanya telesurvey memudahkan perusahaan untuk mendapatkan jawaban dari para pelanggan mengenai produk atau layanan jasa yang mereka miliki. Tujuan utama perusahaan melakukan survei ini adalah untuk mengetahui kepuasan yang ada pada pelanggan sehingga mereka dapat memberikan pelayanan atau produk yang lebih baik untuk kedepannya. Telesurvey dilakukan oleh agen telesurvey perusahaan yang dalam aktivitasnya akan menanyai pelanggan beberapa pertanyaan melalui panggilan telepon. Kegiatan ini biasanya berlangsung hanya dalam beberapa menit guna menyimpan waktu untuk pelanggan lainnya serta untuk membatasi biaya panggilan. 

Keuntungan lain dari melakukan telesurvey adalah untuk melakukan interaksi agar lebih dekat dengan pelanggan sehingga perusahaan memiliki kepercayaan dari pelanggan itu sendiri. Selain itu, pelanggan akan berpeluang untuk memberikan saran dan kritik yang menurut mereka perlu disampaikan kepada perusahaan. Beberapa saran dan kritik merupakan hal yang positif karena dapat membangun citra dan memperbaiki sistem perusahaan di dalamnya. Aktivitas telesurvey ini tidak semata-mata dilakukan kepada ke sembarang nomor pelanggan. Agen perusahaan akan mendata dan menyortirnya untuk melihat siapa saja kandidat pelanggan yang akan menjadi responden dan tentunya memiliki banyak kemungkinan untuk mengangkat dan merespon telepon dari agen telesurvey.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Penjualan dengan Telesurvey

Singkatnya, perusahaan akan mendapatkan banyak keuntungan jika melakukan telesurvey kepada pelanggan. Berinteraksi, mendapat jawaban memuaskan, hingga saran yang membangun akan membantu perusahaan dalam memperbaiki sistem dan cara kerja di dalamnya. Namun, apakah kegiatan telesurvey saat ini masih relevan untuk dilakukan? Jawabannya adalah masih. Tetapi, kemungkinan untuk mendapatkan responden yang mengangkat telepon dari agen telesurvey sangat kecil karena orang-orang saat ini banyak yang merasa bahwa aktivitas telesurvey ini sedikit menyita waktu dan sudah terlalu ketinggalan zaman.

Untuk itu, saat ini banyak perusahaan sedang memutar otak bagaimana cara terbaik untuk melakukan telesurvey agar tetap berfungsi sebagai aktivitas yang memberikan dampak positif untuk perusahaan. Selain itu, perusahaan juga ingin memberikan pelayanan terbaik juga agar pelanggan tetap merasa nyaman saat perusahaan melakukan telesurvey.

WhatsApp Business dan Fungsinya 

Saat ini, perkembangan teknologi tentu membuat banyak perusahaan memutuskan untuk memanfaatkannya sebaik mungkin. Banyaknya teknologi yang membuat kegiatan bisnis dimudahkan tentu akan menyumbang banyak hal positif terhadap perusahaan. Saat ini, ada sebuah aplikasi bernama WhatsApp Business yang memudahkan pemilik usaha dan bisnis untuk berinteraksi dengan pelanggan serta menjual produk yang mereka miliki.

Berbeda dengan aplikasi WhatsApp biasa, WhatsApp Business memiliki fungsi dan fitur yang berbeda. WhatsApp Business difungsikan untuk melayani pelanggan agar interaksi jual beli dapat berjalan dengan lancar. Selain itu, pelanggan juga tentu akan merasa aman jika melakukan transaksi dengan penjual yang menggunakan WhatsApp Business.

WhatsApp Business dan Telesurvey

Jika Anda berpikir aktivitas telesurvey hanya dapat dilakukan dengan menggunakan panggilan telepon, Anda salah! Saat ini telesurvey dapat beralih dengan cara menggunakan survei yang dilakukan dengan WhatsApp Business. Ada banyak keuntungan jika dibandingkan dengan melakukan telesurvey menggunakan telepon, seperti:

  • Lebih menghemat biaya

Telesurvey yang menggunakan telepon konvensional membutuhkan biaya yang tidak sedikit karena telepon konvensional memiliki aliran dan saluran yang berbeda sehingga biaya yang dikeluarkan berbeda dengan internet dan listrik. Selain itu, telesurvey juga harus dilakukan oleh agen sehingga perusahaan harus mempekerjakan orang lain untuk bidang tersebut.

Dengan menggunakan WhatsApp Business, perusahaan tidak perlu mengeluarkan uang yang terlalu banyak dibandingkan dengan saat menggunakan telepon konvensional. WhatsApp Business juga memiliki biaya yang tidak terlalu besar sehingga perusahaan dapat menghemat biaya untuk melakukan aktivitas telesurvey ini.

Baca Juga: Alasan Kenapa Anda Harus Menggunakan WhatsApp Business

  • Banyak fitur yang mendukung kegiatan ini

WhatsApp Business memiliki fitur yang mendukung untuk menyukseskan kegiatan telesurvey ini seperti ada fitur untuk membalas pesan secara otomatis, dapat melakukan custom untuk pertanyaan dan jawaban untuk pelanggan, dan lain-lain. Dengan menggunakan dan memanfaatkan fitur-fitur tersebut, perusahaan maupun pebisnis dapat dengan mudah melakukan sesi telesurvey dengan pelanggan.

  • Menghemat waktu

Biasanya, agen telesurvey akan membuat banyak jadwal untuk menghubungi responden dalam satu hari. Hal ini membuat banyak waktu terbuang karena ada banyak juga responden yang menolak untuk mengangkat panggilan. Dalam hal ini, WhatsApp Business dapat menjadi satu terobosan baru yang dapat menghemat waktu perusahaan. Aplikasi ini dapat mengontak pelanggan dalam satu waktu sehingga tidak perlu lagi menelepon mereka satu per satu.

Kelemahan Melakukan Telesurvey Menggunakan WhatsApp Business

Setelah mengetahui beberapa keuntungan menggunakan WhatsApp Business untuk kegiatan telesurvey, di bagian ini kami akan menjelaskan beberapa kelemahan dalam hal ini. Kegiatan survei yang dilakukan dengan WhatsApp Business ini tentu memiliki beberapa kondisi yang tidak sempurna sehingga masih memiliki sedikit kekurangan dalam prosesnya. Berikut beberapa kelemahannya:

  • Tidak memiliki terlalu banyak interaksi antara perusahaan dan pelanggan.
  • Jawaban yang diberikan oleh pelanggan terkadang singkat, berbeda saat agen telesurvey melakukan panggilan telepon.
  • Jawaban yang diberikan responden tidak memiliki kepastian waktu. Biasanya karena pelanggan tidak melihat notifikasi perusahaan atau akan mengirimkan jawaban tidak langsung pada saat itu. 
  • Tetap memiliki kemungkinan untuk diabaikan. Biasanya, pelanggan akan malas dan enggan menjawab karena aplikasi WhatsApp adalah ranah privasi dan tertutup yang biasanya digunakan untuk melakukan komunikasi dengan orang-orang terdekat.

Melakukan telesurvey memang memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri, hal ini karena kegiatan ini sebenarnya didasari oleh jawaban pelanggan. Itulah beberapa penjelasan singkat mengenai telesurvey dan kelemahan serta kelebihannya. Semoga bermanfaat!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami