Atasi Tantangan Pengaplikasian Software Telesurvey dengan Cara Ini

Sociomile


Penulis : Administrator - Rabu, 21 Juni 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Telesurvey. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Telesurvey. Shutterstock

"Para agen pasti pernah mengalami beberapa kesulitan dalam pengaplikasian software telesurvey. Dalam artikel ini, akan dibahas tentang solusi untuk mengatasinya!"

Pengaplikasian software telesurvey membawa keuntungan bagi agen dalam pelaksanaan survei, salah satunya adalah memudahkan pengiriman survei secara massal melalui email ke sejumlah besar pelanggan. Walaupun begitu, para agen telesurvey juga bisa menghadapi beberapa tantangan serius dalam penggunaan software ini. Apa saja tantangan-tantangan yang dimaksud? Simak penjelasan beserta solusinya dalam artikel berikut ini.

Apa Definisi Software Telesurvey dan Seberapa Penting Penggunaannya bagi Bisnis?

Software telesurvey merupakan sebuah software atau perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan survei melalui sarana berupa komunikasi jarak jauh, seperti saluran telepon. Software ini juga memudahkan agen untuk membuat, mengirimkan, mengelola, dan menganalisis survei melalui platform digital.

Dengan software ini, agen perusahaan dapat menyusun pertanyaan survei untuk dikirimkan kepada pelanggan sebagai respondennya. Mereka juga dapat mengirimkannya melalui pesan teks, email, maupun platform komunikasi lainnya. Setelah menerima tautan survei, pelanggan bisa langsung memberikan jawaban atau tanggapan menyesuaikan pertanyaan yang diberikan.

Baca juga: Contoh Pertanyaan untuk Telesurvey Perusahaan Anda

Tantangan dalam Pengaplikasian Software Telesurvey

Dalam pengaplikasian software telesurvey, terdapat beberapa tantangan maupun kendala yang dapat dialami oleh agen penggunanya. Berikut ini adalah contoh tantangan dalam pengaplikasian software telesurvey:

  • Kendala Teknis

Kendala teknis dalam software telesurvey bisa berbentuk keterbatasan akses dan kecepatan internet. Hal ini menyebabkan terhambatnya pengiriman serta pengumpulan data dalam sistem telesurvey. Kendala ini juga dapat berbentuk kurangnya ketersediaan perangkat pendukung maupun sistem operasi perusahaan.

  • Tingkat Respons yang Rendah

Ada kalanya tingkat respons dari pelanggan tidak sesuai dengan ekspektasi Anda. Pelanggan bisa saja merasa keberatan atau tidak termotivasi untuk mengisi survei yang telah diberikan oleh para agen telesurvey. Penolakan ini dapat disebabkan juga oleh keraguan pelanggan untuk memberikan informasi pribadi yang belum tentu terjamin keamanan datanya.

  • Penyesuaian dengan Responden yang Beragam

Walaupun saat ini perkembangan teknologi sangat dibutuhkan oleh kehidupan sehari-hari, beberapa pelanggan bisa saja mengalami kesulitan untuk mengakses dan menggunakan teknologi terkini. Untuk mengatasi hal ini, para agen perlu menyesuaikan software survei yang relevan dan mudah diakses oleh semua pelanggannya.

  • Kualitas Data yang Rentan

Melakukan survei secara online meningkatkan potensi jawaban pelanggan yang tidak sepenuhnya akurat dan diisi secara jujur. Ini disebabkan dengan minimnya pengawasan secara langsung dari agen telesurvey. Data yang kurang relevan juga disebabkan dengan adanya pertanyaan yang sulit untuk dimengerti pelanggan.

  • Keamanan Data dan Privasi

Dalam dunia digital, sangat sering terjadi kebocoran data pelanggan atau pelanggaran privasi, terutama jika standar keamanan yang diterapkan software kurang kuat. Beberapa perusahaan bahkan tidak menjamin perlindungan data milik pelanggannya.

Solusi Mengatasi Tantangan Pengaplikasian Software Telesurvey

Berbagai tantangan pengaplikasian software di atas dapat ditangani dengan mudah apabila mengikuti solusi yang tepat. Inilah beberapa solusi mengatasi tantangan pengaplikasian software telesurvey:

  • Mengatasi Kendala Teknis

Perusahaan dapat menggunakan software telesurvey yang ringan dan kompatibel untuk berbagai perangkat dan sistem operasi. Untuk dapat mengirim data pelanggan, Anda juga dapat menggunakan sistem pengiriman yang bisa digunakan walaupun jaringan dalam kondisi lemah.

  • Meningkatkan Tingkat Respons yang Rendah

Untuk meningkatkan minat pelanggan, agen telesurvey bisa menyusun survei dengan tampilan menarik. Pemberian hadiah untuk pelanggan yang menyelesaikan survei juga dapat memotivasi mereka untuk berpartisipasi. Berikan pengingat otomatis yang dikirimkan ke pelanggan yang belum mengisi survei tersebut.

Baca juga: Cara Sukses Agar Pelanggan Merespon Telesurvey!

  • Penyesuaian dengan Responden yang Beragam

Untuk membantu pelanggan yang kesulitan menggunakan software telesurvey, perusahaan dapat memberikan panduan atau menyediakan opsi alternatif untuk mengisi survei tersebut, misalnya melalui panggilan telepon.

  • Meningkatkan Kualitas Data yang Rentan

Untuk mendapatkan data yang relevan, susunlah pertanyaan yang jelas dan tidak berbelit sehingga mudah untuk dimengerti pelanggan. Lakukan juga pengawasan berkala terhadap keamanan software serta kecocokan jawaban yang dikirimkan.

  • Mengamankan Data dan Privasi

Terakhir, gunakan software telesurvey yang dilengkapi dengan sistem keamanan yang kuat. Para agen juga diharuskan menginformasikan para pelanggan tentang kebijakan privasi dan perlindungan data pelanggan dalam telesurvey.

Gunakan Layanan Sociomile untuk Mengirimkan Tautan Survei dari Beberapa Platform!

Itulah beberapa tantangan dalam pengaplikasian software Telesurvey. Dengan menerapkan beberapa solusi yang diatas, semua tantangan tersebut dapat teratasi dengan baik. Untuk mendukung performa agen telesurvey dalam mengirimkan survei, Anda bisa memanfaatkan layanan Sociomile.

Layanan contact center milik Ivosights ini menggabungkan 13 platform digital yang berbeda dalam satu dashboard utama. Para agen juga dapat menerima dan melakukan panggilan sekaligus mengakses platform digital lainnya dengan mudah dengan tampilan layanan yang sederhana. Segera dapatkan layanan Sociomile sekarang untuk mudahkan aktivitas telesurvey perusahaan Anda!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami