Telemarketing Salah Satu Kunci Bagi Para Pengusaha Memajukan Bisnisnya

Sociomile


Penulis : Administrator - Rabu, 05 April 2023
Ket: Ilustrasi- Telemarketing. Shutterstock
Ket: Ilustrasi- Telemarketing. Shutterstock

"telemarketing merupakan bentuk telekomunikasi pada bidang marketing. dengan kata lain marketing yang dilakukan dengan telekomunikasi secara lisan maupun tulisan"

Telemarketing merupakan bagian dari sebuah bisnis. Mengapa? Telemarketing merupakan salah satu teknik marketing dengan cara telekomunikasi. Telekomunikasi dapat dilakukan secara langsung maupun tidak langsung. Yang pasti diharuskan memakai sebuah media komunikasi yang memadai. Telemarketing dapat berupa komunikasi dengan menggunakan suara dua arah maupun hanya tulisan satu arah saja. Keduanya hanya berbeda dari cara penyampaiannya saja, namun memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Telemarketing biasa dilakukan dengan cara seorang marketing dari sebuah perusahaan melakukan komunikasi dua arah dengan pelanggan melalui jaringan telpon seluler dalam waktu real-time. Sedangkan telemarketing dengan bentuk tulisan dapat dikatakan dengan SMS marketing. Anda pasti sudah tidak asing dengan dua hal tersebut, dan pastinya sudah sering menjumpai bentuk dari telemarketing dalam kehidupan sehari-hari.

Telemarketing umumnya digunakan sebagai teknik marketing yang langsung secara spontan kepada pelanggan, sehingga setiap pesan dan promosi yang disampaikan tersampaikan dengan baik. Marketing dengan cara telekomunikasi ini sering digunakan oleh banyak perusahaan, seperti bank yang menawarkan asuransi atau pembukuan rekening, sampai perusahaan Food & Beverage untuk menyampaikan potongan harga serta diskon pada produk makanan yang dijual. Kita bisa menjumpai bentuk SMS marketing yang didapatkan apabila kita sedang mendekati lokasi dari kedai makanan itu sendiri. Sebagai bentuk marketing, hal tersebut sangat lah penting bagi anda untuk melakukannya. Dalam hal ini, mari simak beberapa kelebihan dari telemarketing dan SMS marketing.

Baca Juga: 7 Strategi Telemarketing untuk Meningkatkan Penjualan

Kelebihan dari Telemarketing

  • Meningkatkan penjualan produk.

Dengan melakukan interaksi dua arah secara langsung, informasi mengenai produk yang ditawarkan akan sampai dengan jelas kepada pelanggan. Tawaran yang dilakukan melalui percakapan langsung juga dapat menjadi bentuk hipnotis bagi pelanggan dan menarik minat pelanggan untuk membeli produk yang ditawarkan.

  • Memperkuat Hubungan dengan Pelanggan.

Hal ini benar sangat penting, hubungan yang baik akan menumbuhkan rasa percaya. Setiap pelanggan pastinya akan merasa dihormati dan senang apabila mendapatkan layanan yang ramah dan santun. Sikap tersebut dapat diterapkan langsung oleh seorang marketing melalui komunikasi telemarketing.

  • Meningkatkan Kesadaran Produk

Komunikasi secara langsung menjadikan seorang marketing dapat menjelaskan produk yang dijual secara detail. Dari segi kelebihan, fitur, sampai benefit yang akan didapatkan oleh pelanggan apabila menggunakan produk atau membelinya. Secara tidak langsung aktivitas tersebut telah membangun kesadaran pelanggan atas produk yang ditawarkan.

  • Analisis data

Menggunakan metode telemarketing, seorang marketing dapat menganalisis data dan mengumpulkan informasi secara sekaligus. Antara lain data transaksi pelanggan, data penjualan, dan data panggilan yang telah dilakukan.

  • Fleksibelitas

Telemarketing dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Tidak heran setiap telemarketer dapat bekerja secara fleksibel tanpa terikat unsur apapun dan di mana pun.

Baca juga: 5 Perbedaan Telesales dan Telemarketing yang Perlu Anda Ketahui

Kelebihan dari SMS Marketing

  • Efektivitas

Setiap orang atau pelanggan pastinya memiliki ponsel genggam dan memiliki intensitas membaca sebuah pesan singkat sangat lah sering. Hal ini merupakan bentuk yang efektif karena dapat menghemat biaya pelanggan untuk promosi suatu produk.

  • Cepat dan Tepat Sasaran

SMS merupakan sebuah pesan singkat yang dikirim kepada individu yang memiliki urusan terkait. Apabila anda menjadi seorang nasabah pastinya sering mendapatkan SMS dari bank terkait. Hal tersebut lah yang menjadikan SMS dapat mengirimkan sebuah promosi sesuai dengan latar belakang dan kebutuhan pelanggan sesuai data pribadi yang ada.

  • Personalisasi

Komunikasi satu arah secara tulisan merupakan bentuk komunikasi yang lebih privasi. Tanpa harus melibatkan seseorang untuk berbicara secara langsung, dengan SMS pelanggan yang kurang menyukai komunikasi dua arah secara lisan merasa lebih aman. SMS juga dapat dilakukan sesuai dengan preferensi dari data pelanggan itu sendiri.

  • Memperkuat Hubungan Pelanggan

Seringnya SMS marketing yang dilakukan dapat memberikan notifikasi atas kesadaran sebuah produk yang ditawarkan kepada pelanggan. Pelanggan akan selalu teringat dan menyadari sebuah produk yang ditawarkan secara terus-menerus melalui pesan SMS.

  • Tracking dan Analisis

Analisis serta tracking mengenai data dapat dilakukan dengan semua data yang sudah dikumpulkan dari setiap SMS yang dikirimkan kepada pelanggan. Bahan evaluasi yang didapatkan perlu bagi setiap perusahaan serta pengusaha demi kemajuan suatu bisnis.

Dapatkan Tools Telemarketing Hanya di Ivosights

Setiap kelebihan dari telemarketing dapat dirasakan secara langsung apabila anda selaku pengusaha menggunakan tools terbaik. Ivosights menghadirkan produk telemarketing dengan teknologi terkini tentunya dapat memberikan pengalaman terbaik untuk perusahaan dalam hal marketing. Dengan menggunakan IP Telephony perusahaan dapat memulai telemarketing sesuai keinginan dan kebutuhan bisnis yang sedang dijalankan. Hanya dengan menghubungi dan konsultasikan setiap kendala dalam bisnis anda kepada kami, anda akan dengan sangat baik dapat mengembangkan bisnis anda kedepannya dengan tools yang kami sediakan.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami