Proses penerapan telemarketing merupakan sesuatu yang perlu dipahami dan dijalankan dengan baik untuk mencapai keberhasilan pemasaran produk maupun layanan perusahaan. Dengan adanya telemarketing, perusahaan akan berpotensi meningkatkan penjualan, memperluas pasar, dan memperkuat hubungan dengan pelanggan. Namun, untuk mencapai target yang diinginkan, perlu adanya pemahaman mendalam tentang proses-proses dalam penerapan telemarketing. Dengan memahami proses ini, pelaksanaan kampanye telemarketing dapat lebih dioptimalkan oleh perusahaan. Sebelum itu, yuk kenali dulu apa itu istilah telemarketing.

Pengenalan tentang Telemarketing

Telemarketing merupakan sebuah metode pemasaran produk atau layanan dengan menghubungi pelanggan menggunakan panggilan telepon. Metode ini tetap menjadi salah satu metode yang efektif untuk mencapai target penjualan. Tujuan utama telemarketing adalah untuk mempengaruhi pelanggan untuk melakukan transaksi atau mengambil tindakan tertentu lainnya yang diinginkan oleh perusahaan.

Tahapan Persiapan Telemarketing

Proses telemarketing melibatkan langkah-langkah yang terencana dan terstruktur. Mulai dari persiapan panggilan, interaksi dengan pelanggan, hingga tindak lanjut dan penanganan keluhan yang muncul. Berikut ini adalah tahapan persiapan dalam pelaksanaan telemarketing:

Proses identifikasi target pasar bertujuan supaya agen dapat memahami karakteristik dan preferensi pelanggan. Dengan melakukan identifikasi target pasar yang efektif, agen telemarketing dapat memfokuskan diri pada kelompok pelanggan yang paling relevan dan berpotensi menghasilkan penjualan.

Memiliki database yang akurat akan memudahkan agen telemarketing untuk menghubungi pelanggan potensial dan meningkatkan efektivitas panggilan mereka. Dalam mengumpulkan data-data pelanggan, penting bagi agen untuk mematuhi undang-undang privasi dan terkait perlindungan data. Setelah pengumpulan data, agen telemarketing perlu melakukan pengelolaan data berupa  penyusunan catatan rinci setiap pelanggan, termasuk riwayat panggilan dan preferensi mereka.

Baca juga: SOP yang ada pada Telemarketing, Wajib Tahu!

Skrip panggilan akan membantu agen telemarketing berinteraksi dengan pelanggan secara terstruktur dan memastikan bahwa pesan yang disampaikan konsisten dan relevan.

Sebelum menjelaskan apa saja nilai dan manfaat produk atau layanan kepada pelanggan, seorang agen telemarketing perlu mendalami pengetahuannya tentang produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan.

Tahapan Pelaksanaan Telemarketing

Ketika memulai panggilan sebagai agen telemarketing, sangat penting bagi setiap agen untuk memperkenalkan diri dengan jelas. Agen juga perlu menjelaskan apa tujuan mereka melakukan panggilan kepada pelanggan.

Saat mempresentasikan produk atau layanan sebagai agen telemarketing, penting untuk memberikan informasi yang jelas, terstruktur, dan menarik kepada pelanggan. Dengan begitu, pelanggan akan tertarik untuk melakukan pembelian produk yang ditawarkan.

Ketika menanggapi pertanyaan dan adanya pelanggan yang keberatan, seorang agen diharuskan untuk tetap tenang, mendengarkan dengan cermat, dan memberikan jawaban yang meyakinkan. Untuk mengatasi keraguan pelanggan, agen dapat menjelaskan  kembali manfaat dan nilai tambah yang ditawarkan oleh produk atau layanan.

Melakukan monitoring dan merekam panggilan akan membantu agen telemarketing untuk menganalisis kinerja, memperbaiki strategi, dan mengecek seberapa jauh progress yang dicapai dalam target penjualan.

Baca juga: 5 Metrik Kesuksesan dalam Telemarketing

Tahapan Tindak Lanjut Telemarketing

Tindak lanjut yang baik dalam telemarketing akan memunculkan hubungan yang kuat antara perusahaan dengan pelanggan.

Dengan menyusun jadwal tindak lanjut yang baik, agen dapat memastikan bahwa tidak ada pelanggan yang terlewatkan dalam proses pelaksanaan telemarketing. Hal ini membantu menjaga konsistensi, memberikan pelayanan secara tepat waktu, dan meningkatkan kesempatan untuk mendapatkan pelanggan setia dengan perusahaan.

Mengirimkan informasi tambahan kepada pelanggan akan membantu pelanggan memahami lebih dalam tentang produk atau layanan yang ditawarkan. Semakin menarik informasi yang diberikan oleh agen, semakin akan memengaruhi pengambilan keputusan mereka.

Baiknya pemantauan dan pengelolaan pelanggan akan membantu perusahaan dalam membangun hubungan yang kuat, menjaga kepuasan pelanggan, dan meningkatkan kesuksesan dalam telemarketing. Tingginya tingkat kepuasan pelanggan akan memberikan potensi lebih besar untuk menjadi pelanggan setia dan merekomendasikan produk atau layanan perusahaan Anda kepada orang lain.

Bekali Telemarketing Perusahaan Anda dengan Sistem CRM Sociomile!

Dengan menyimak artikel di atas, Anda sudah memahami tentang apa saja tahapan-tahapan yang dilakukan ketika melakukan telemarketing. Supaya kinerja para agen semakin efektif, bekali mereka dengan pelatihan keterampilan yang relevan, salah satunya dalam menggunakan platform pendukung kinerja.

Sebagai perusahaan yang berfokus ke layanan customer enhancement, Ivosights menyediakan sistem contact center yang handal bernama Sociomile. Sistem ini dibekali dengan beberapa teknologi pendukung untuk melakukan panggilan telepon, misalnya fitur Predictive Dialer System, Automatic Call Distribution, dan Outbound Validation. Para agen juga dapat memonitoring sistem ini menggunakan perangkat handphone kapan saja dan dimana saja, bahkan di rumah sekalipun. Tertarik ‘kan? Segera dapatkan sistem Sociomile ini dengan menghubungi tim kami!