Pahami Metode Voicemail Drop agar Telemarketing Anda Semakin Efisien

Sociomile


Penulis : Administrator - Senin, 28 Agustus 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Telemarketing. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - Telemarketing. Shutterstock.

"Agar proses telemarketing Anda menjadi semakin efisien, Anda perlu memahami metode voicemail drop"

Telemarketing telah lama dikenal sebagai salah satu dasar utama dalam meningkatkan penjualan. Dengan teknologi telekomunikasi yang semakin canggih, banyak perusahaan berlomba-lomba meningkatkan efisiensi dalam setiap strategi marketing-nya. Ada banyak cara untuk meningkatkan efisiensi tersebut, salah satu cara diantaranya biasa disebut dengan pendekatan yang memanfaatkan metode voicemail drop.

Apa itu Voicemail Drop?

Metode yang dikenal dengan voicemail drop sebenarnya merupakan sebuah teknik dalam dunia telemarketing di mana pesan yang berbentuk suara pra-rekaman disematkan secara otomatis melalui kotak suara penerima tanpa perlu berinteraksi langsung antara telemarketer dan calon pelanggan. 

Ketika panggilan dari telemarketer tidak dijawab oleh calon pelanggan, saat itulah situasi yang cocok untuk memanfaatkan metode voicemail drop agar penjualan Anda semakin efektif dan efisien. Di situasi ini, biasanya telemarketer telah mengatur pesan suara yang telah direkam sebelumnya dan menggunakannya untuk meninggalkan pesan suara, di mana nantinya muncul di kotak suara calon pelanggan.

Manfaat Voicemail Drop dalam Telemarketing

Metode voicemail drop dapat meningkatkan efisiensi selama proses telemarketing berlangsung. Selain itu, metode ini juga dapat meningkatkan produktivitas telemarketer karena dengan adanya voicemail drop, panggilan yang tidak dijawab oleh calon pelanggan tidak akan menjadi sia-sia begitu saja dan pesan dari telemarketer juga tetap tersampaikan. Lantas, apa saja yang membuat voicemail drop ini menjadi suatu hal yang sangat efisien dalam telemarketing?

  • Waktu Efisiensi

Umumnya, model tradisional telemarketing mengharuskan seorang telemarketer menunggu hingga panggilan dijawab oleh calon pelanggan sampai berakhirnya dering sebelum mereka dapat meninggalkan pesan suara. Dengan adanya voicemail drop, maka pesan suara pra-rekaman akan ditinggalkan secara otomatis dan secara tidak langsung dapat menghemat waktu telemarketer untuk setiap panggilan.

Baca Juga: Apakah E-commerce Membutuhkan Voicebot? Cek Fungsinya Disini!

  • Konsistensi Pesan

Ketika melakukan telemarketing, penting bagi Anda untuk menyampaikan pesan yang konsisten kepada setiap penerima panggilan. Dengan voicemail drop, Anda dapat memastikan bahwa pesan yang anda berikan tetap konsisten. Selain itu, hal ini juga dapat membantu menjaga integritas pesan dan branding perusahaan.

  • Pengurangan Kelelahan Agen

Menjadi seorang telemarketer bisa saja melelahkan, terutama apabila sering mengalami penolakan berulang. Jika Anda menggunakan voicemail drop, maka kelelahan yang dialami oleh telemarketer dapat berkurang lantaran kebutuhan untuk mengatasi interaksi negatif secara berulang dari penerima panggilan dapat dihilangkan.

  • Peningkatan Volume Panggilan

Semakin efisien waktu dalam setiap panggilan, maka Anda dapat meningkatkan jumlah panggilan kepada calon pelanggan dalam waktu tertentu dengan menggunakan voicemail drop. Secara tidak langsung, hal ini juga meningkatkan peluang mencapai lebih banyak pelanggan yang potensial.

  • Peningkatan Peluang Tindak Lanjut

Usahakan voicemail drop yang Anda buat dapat terintegrasi pada strategi tindak lanjut antara telemarketer dan calon pelanggan. Apabila penerima panggilan merespons voicemail drop dengan minat membeli, maka telemarketer dapat memprioritaskan panggilan balik kepada mereka dan terlibat percakapan yang lebih mendalam terkait produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Baca Juga: Alasan Aplikasi Navigasi Membutuhkan Voicebot

Langkah-langkah Menggunakan Voicemail Drop

Metode voicemail drop sangat berguna untuk membuat strategi telemarketing Anda menjadi lebih efisien. Oleh karena itu, Anda perlu memahami bagaimana cara mengimplementasikannya. Berikut merupakan langkah-langkah umum untuk menggunakan metode voicemail drop:

  • Persiapkan Pesan Suara

Pastikan bahwa pesan suara yang Anda siapkan harus jelas, singkat, dan persuasif. Pesan suara ini juga harus terdengar profesional dan dapat menarik minat calon pelanggan.

  • Pemilihan Kotak Suara dan Aktivasi Voicemail Drop

Apabila panggilan berakhir di kotak suara, Anda perlu mengaktifkan opsi voicemail drop pada perangkat telemarketing yang Anda gunakan agar voicemail drop dapat bekerja.

  • Isi Pesan dengan Informasi Penting

Penting untuk mengingat bahwa pesan suara yang ditinggalkan harus memiliki informasi penting di dalamnya. Hal ini bisa berupa penawaran yang ingin Anda sampaikan kepada calon pelanggan atau manfaat dan keunggulan dari produk atau layanan yang Anda tawarkan.

  • Akhiri Pesan Suara dengan Informasi Cara Menghubungi Kembali

Setelah informasi penting tersampaikan, Anda perlu menyisipkan informasi terkait cara calon pelanggan yang berminat untuk menghubungi kembali telemarketer agar pembelian dapat ditindaklanjuti. Sebelum Anda mengakhiri pesan suara, jangan lupa ucapkan terima kasih atas perhatian dari penerima panggilan.

  • Pahami Hukum dan Etika Voicemail Drop

Pastikan bahwa pesan suara yang Anda buat mematuhi undang-undang dan peraturan yang berlaku terkait telemarketing. Selain itu, pastikan juga bahwa pesan suara yang Anda tinggalkan tidak melanggar privasi calon pelanggan dan memberikan kesan spam.

Ivosights sebagai Solusi Tepat bagi Efisiensi Telemarketing Anda

Secara keseluruhan, voicemail drop dapat meningkatkan efisiensi Anda dalam interaksi antara telemarketer dan calon pelanggan. Namun, apabila dirasa menurut Anda penggunaan voicemail drop masih kurang efektif dan efisien bagi telemarketing perusahaan Anda, mungkin ini saatnya bagi Anda untuk menggunakan Sociomile.

Sociomile merupakan sistem contact center terlengkap dari Ivosights yang dapat membantu perusahaan Anda dalam melakukan interaksi pelanggan dari berbagai kanal secara efektif dan efisien tanpa perlu membuka platform berbeda satu persatu. Dengan 13 kanal digital dan voice di dalam satu dashboard, Sociomile dapat menjadi solusi tepat bagi untuk meningkatkan efisiensi telemarketing Anda.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami