Beberapa Software Ini Bantu Naikkan Kinerja Telemarketing

Sociomile


Penulis : Administrator - Kamis, 22 Juni 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Telemarketing. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Telemarketing. Shutterstock

"Tingkatkan kinerja tim telemarketing dengan bantuan software-software berikut ini"

Salah satu alat perusahaan yang digunakan untuk meningkatkan kinerja dan efektivitas telemarketing adalah software pendukung. Dengan dua hal ini, perusahaan dapat meningkatkan produktivitas agen telemarketing, kualitas layanan, dan mencapai hasil yang lebih baik. Lalu, apa saja contoh software yang dimaksud ini? Sebelum itu, mari simak dulu pengertian tentang apa itu telemarketing.

Pengertian Telemarketing

Telemarketing merupakan kegiatan interaksi antara agen dengan pelanggan berpotensi menggunakan komunikasi jarak jauh, seperti panggilan telepon. Tujuan perusahaan melakukan telemarketing adalah untuk mempromosikan produk, layanan, maupun penawaran khusus jika ada. Dengan metode ini, para agen diharapkan akan menghasilkan penjualan, mendapatkan informasi pelanggan, hingga menjalin hubungan dengan mereka.

Supaya telemarketing dapat berhasil, agen harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik dan persuasif untuk memikat minat para pelanggan. Agen juga diharuskan memiliki product knowledge dengan baik untuk dapat menjelaskan informasi-informasi seputar produk atau layanan yang ditawarkan, seperti fitur, keunggulan, dan biayanya. 

Baca juga: Peran Penting IP Telephony untuk Telemarketing Bagi Kemajuan Bisnismu

Pentingnya Penggunaan Software Pembantu untuk Telemarketing

Terdapat banyak manfaat yang diperoleh jika telemarketing menggunakan software pembantu untuk kesehariannya. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa penggunaan software pembantu sangat penting dalam bidang  telemarketing:

  • Meningkatkan Produktivitas

Dilengkapi dengan adanya fitur-fitur andal, software pembantu telemarketing dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi kinerja agen telemarketing.

  • Mengoptimalkan Manajemen Data

Agen dapat mengelola data pelanggan dengan lebih baik dengan software pembantu seperti CRM. Agen juga akan dimudahkan mengakses informasi pelanggan, preferensi pelanggan, dan riwayat interaksi.

  • Meningkatkan Efektivitas Komunikasi

Dengan adanya software pembantu, komunikasi antara agen dan pelanggan akan semakin efektif.

  • Analisis Data yang Lebih Baik

Fitur analisis data pada software pembantu telemarketing dapat membantu agen untuk memahami pola dan tren, serta memprediksi peluang penjualan selanjutnya.

  • Mempermudah Tindak Lanjut

Dengan software pembantu, setiap pelanggan dipastikan akan mendapatkan pelayanan yang lengkap dan konsisten. Hal ini disebabkan karena software pembantu dapat mempermudah proses tindak lanjut setelah panggilan dilakukan.

  • Meningkatkan Keamanan Data

Dengan menggunakan software yang dibekali dengan sistem aman yang kuat, agen telemarketing dapat memberikan kepercayaan kepada pelanggan bahwa data mereka dijaga dengan baik.

Beberapa Contoh Software Pembantu Telemarketing

  • CRM (Customer Relationship Management)

CRM (Customer Relationship Management) adalah sebuah software yang digunakan untuk mengelola dan menjalin hubungan erat dengan pelanggan dalam telemarketing. CRM ini bekerja untuk memahami, melacak, dan meningkatkan interaksi dengan pelanggan. Dengan begitu, rating kepuasan pelanggan akan meningkat dan jumlah pelanggan setia akan bertambah.

  • Automatic Dialer

Automatic dialer merupakan sebuah software yang digunakan dalam telemarketing untuk menghubungi nomor telepon pelanggan secara otomatis. Dengan software ini, agen dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam melakukan panggilan ke pelanggan.

  • CTI (Computer Telephony Integration)

CTI (Computer Telephony Integration) mengintegrasikan telepon dengan sistem komputer dalam telemarketing. Integrasi antara sistem telepon dan sistem komputer ini  membuat agen dapat meningkatkan pelayanan pelanggan untuk jadi lebih baik dan lebih efisien dalam menjalankan tugas mereka.

Baca juga: 7 Strategi Telemarketing untuk Meningkatkan Penjualan

  • Speech Analytics

Dengan speech analytics, agen telemarketing dapat menganalisis dan memahami panggilan suara. Dengan adanya teknologi Natural Language Processing serta Artificial Intelligence, speech analytics dapat mengidentifikasi pola, tren, dan informasi penting lainnya dari percakapan telepon antara agen telemarketing dengan pelanggan. Dengan menganalisis percakapan ini, bisnis dapat meningkatkan kualitas layanan, efisiensi operasional, dan memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan secara lebih baik.

  • Predictive Analytics

Predictive analytics digunakan untuk menganalisis data dan memprediksi peluang dan mengoptimalkan upaya pemasaran. Dengan menggunakan algoritma dan model statistik, predictive analytics dapat memproses data pelanggan, buying behavior, dan faktor-faktor lainnya untuk mengarahkan perusahaan dalam pengambilan keputusan dan mengoptimalkan strategi telemarketing mereka.

  • Virtual Meeting Software

Virtual meeting software merupakan software yang digunakan untuk memfasilitasi pertemuan dan presentasi jarak jauh secara real-time antara agen telemarketing dan pelanggan. Dengan memfasilitasi pertemuan interaktif, presentasi produk, kolaborasi, dan pengelolaan pertemuan yang efisien, software ini membantu membangun hubungan antara perusahaan dengan pelanggan, meningkatkan efektivitas promosi telemarketing, dan mengoptimalkan penggunaan waktu dan sumber daya.

Hubungi Ivosights untuk Meningkatkan Layanan Contact Center Anda!

Selain menyediakan agent customer service yang kompeten di bidangnya, Ivosights juga menyediakan sistem CRM Contact Center Sociomile untuk kebutuhan layanan panggilan inbound-outbound dalam perusahaan, termasuk layanan telemarketing, telesales, dan telesurvey. 

Sistem ini memudahkan pengelolaan interaksi agen dengan pelanggan karena mengintegrasikan 13 platform digital dalam satu dashboard utama. Apalagi, Anda juga bisa melakukan custom workflow menyesuaikan kebutuhan perusahaan Anda. Yuk efektifkan kinerja agen customer service Anda dengan mendapatkan Sociomile sekarang!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami