8 Alasan Mengapa Quality Assurance Penting untuk Telemarketing

Sociomile


Penulis : Administrator - Senin, 28 Agustus 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Telemarketing. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - Telemarketing. Shutterstock.

"Demi menjaga konsistensi dan kualitas telemarketing, penting untuk menyisipkan Quality Assurance (QA) di dalamnya"

Dalam persaingan industri bisnis untuk meningkatkan penjualan dengan strategi telemarketing, Anda perlu mengawasi dan mengevaluasi secara berkala setiap prosesnya agar perusahaan Anda tidak kehilangan pelanggan dan penurunan tingkat penjualan. Untuk itu, perlu sebuah strategi untuk menjaga konsistensi telemarketer Anda dalam menawarkan produk atau layanan kepada calon pelanggan. Salah satu strategi yang dapat Anda bentuk adalah dengan melakukan Quality Assurance (QA).

Definisi Quality Assurance (QA)

Quality assurance merupakan serangkaian tindakan atau proses yang sejatinya dirancang untuk memastikan bahwa interaksi antara telemarketer dan calon pelanggan dapat memenuhi standar dan kualitas yang telah ditetapkan sebelumnya oleh perusahaan. Dengan adanya quality assurance, perusahaan Anda dapat menjaga konsistensi pesan yang disampaikan oleh telemarketer kepada calon pelanggan.

Selain menjaga konsistensi pesan, quality assurance juga dapat membantu perusahaan Anda untuk meningkatkan customer experience, memastikan kesesuaian proses telemarketing dengan pedoman perusahaan, serta dapat memaksimalkan efektivitas kampanye telemarketing perusahaan Anda.

Dalam kata lain, quality assurance merupakan sebuah bentuk pengawasan terhadap tim telemarketing Anda agar mereka tetap bertugas sesuai dengan standar perusahaan. Oleh karena itu, quality assurance memiliki peran yang cukup krusial di dalam dunia telemarketing.

Baca Juga: Mengenal Quality Assurance: Tugas dan Skill yang Harus Dimiliki

Alasan Mengapa Quality Assurance (QA) Penting untuk Telemarketing

Dalam sebuah perusahaan, penting untuk diketahui bahwa pengawasan dari sebuah strategi sangatlah dibutuhkan. Selain menjaga standar dan kualitas perusahaan, pengawasan juga dapat menjaga citra perusahaan dan menjadi landasan untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan yang tercipta sebelumnya.

Tidak terkecuali dalam dunia telemarketing, sebuah pengawasan juga penting dilakukan agar Anda tidak kehilangan calon pelanggan potensial. Untuk itu, perlu adanya sebuah quality assurance dalam setiap proses telemarketing yang terjadi di perusahaan Anda. Di bawah ini, terdapat alasan yang lebih komprehensif mengenai betapa pentingnya quality assurance dalam telemarketing yang Anda lakukan.

  • Menjaga Konsistensi dan Kualitas Layanan

Dengan adanya quality assurance, konsistensi seorang telemarketer dalam menyampaikan pesan mengenai penawaran produk atau layanan kepada calon pelanggan dapat terjaga. Melalui skrip dan pedoman yang telah ditetapkan, seorang telemarketer tentunya akan dapat memberikan informasi yang akurat dan sesuai seperti apa yang tertera di dalam standar perusahaan.

  • Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Apabila Anda selalu menjaga konsistensi dalam setiap pesan yang disampaikan kepada calon pelanggan, maka calon pelanggan tersebut juga akan merasa lebih percaya kepada produk yang ditawarkan atau pun perusahaan Anda. Dengan kepercayaan pelanggan yang seiring meningkat, maka reputasi perusahaan Anda juga akan ikut meningkat.

  • Meningkatkan Penjualan

Melalui quality assurance, Anda dapat memastikan telemarketer perusahaan Anda mengikuti standar dan teknik-teknik pemasaran yang efektif serta merespons calon pelanggan dengan baik. Dengan adanya keterampilan yang baik dari telemarketer, maka hal ini juga akan membantu Anda dalam mencapai target penjualan Anda secara berkala.

  • Peningkatan Keterampilan Telemarketer

Dengan adanya pengawasan dan evaluasi rutin dari tim quality assurance dan pemberian umpan balik mengenai area apa saja yang perlu ditingkatkan oleh telemarketer, maka hal ini juga akan membantu telemarketer perusahaan Anda untuk mengembangkan keterampilan komunikasi dan penjualan mereka.

  • Mengatasi Masalah dengan Cepat

Tim quality assurance sejatinya bertugas untuk memastikan pekerjaan yang mereka awasi berjalan sesuai dengan yang semestinya. Apabila terdapat masalah atau ketidaksesuaian sejak dini, maka tim quality assurance dapat segera mengambil tindakan korektif dengan cepat.

Baca Juga: Mengenal Quality of Service, Penting untuk Maksimalkan SIP Trunk!

  • Pemenuhan Kebijakan dan Regulasi

Pada beberapa industri, terdapat beberapa kebijakan dan regulasi yang mengatur khusus terkait bidang telemarketing. Dengan adanya quality assurance di perusahaan Anda, Anda dapat memastikan bahwa para telemarketer mematuhi kebijakan dan peraturan ini.

  • Meningkatkan Efisiensi

Tidak hanya dapat meningkatkan keterampilan telemarketer saja, dengan adanya quality assurance, maka Anda dapat mengidentifikasi proses yang sekiranya tidak berjalan secara efisien dalam telemarketing yang perusahaan Anda lakukan.

  • Menjaga Reputasi Perusahaan dan Kesetiaan Pelanggan

Dengan menjaga performa yang konsisten dan positif terhadap pelanggan, maka secara tidak langsung Anda juga dapat membangun reputasi yang baik terhadap perusahaan Anda serta dapat mempertahankan kesetiaan pelanggan.

Tingkatkan Layanan Telemarketing Anda dengan Bantuan Ivosights

Quality assurance pada dasarnya tidak sebatas pada mengawasi kesalahan yang terjadi saja, melainkan memastikan bahwa setiap interaksi yang dilakukan oleh telemarketer kepada calon pelanggan dapat mencerminkan nilai-nilai yang ada di dalam perusahaan dan dapat memberikan pengalaman yang memuaskan. Quality assurance juga menjadi langkah penting untuk menjaga hubungan positif dengan pelanggan dan mencapai target penjualan. 

Demi mencapai proses telemarketing yang ideal, Anda juga dapat mencoba layanan yang telah disediakan Ivosights, yaitu Sociomile. Melalui Sociomile, Anda dapat mewujudkan telemarketing yang ideal bagi perusahaan Anda. Jika Anda tertarik, hubungi Ivosights sekarang juga!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami