7 Cara Agen Telemarketing Menentukan Besaran Diskon yang Tepat!

Sociomile


Penulis : Administrator - Senin, 07 Agustus 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Telemarketing. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Telemarketing. Shutterstock

"Untuk mengurangi resiko terjadinya kerugian pada perusahaan, agen telemarketing perlu menerapkan sejumlah tujuh cara berikut ini"

Dalam dunia bisnis yang kompetitif, agen telemarketing berperan penting dalam menjalin hubungan dengan pelanggan. Agen telemarketing ini bertugas menjaga hubungan baik dengan pelanggan, menawarkan produk dan layanan perusahaan, hingga mempersuasi pelanggan untuk bertindak sesuai apa yang diinginkan. Tak hanya itu, agen telemarketing dapat menarik minat pelanggan dengan cara memberikan potongan harga atau diskon. Penentuan diskon ini tidak bisa dilakukan secara asal karena Anda diharuskan menggunakan strategi yang tepat untuk meminimalisir terjadinya kerugian bagi perusahaan. Lalu, bagaimana cara agen telemarketing menentukan besaran diskon secara tepat? Simak penjelasannya pada artikel di bawah ini.

Apa Itu Telemarketing?

Telemarketing merupakan sebuah metode pemasaran yang dilakukan oleh agen perusahaan. Dalam telemarketing, agen akan melakukan komunikasi langsung dengan calon pelanggan melalui panggilan telepon. Tujuan melakukan telemarketing adalah untuk mempromosikan produk atau layanan perusahaan, mendapatkan prospek pelanggan baru, serta meningkatkan penjualan dan kepuasan pelanggan.

Pentingnya Agen Telemarketing bagi Perusahaan

Agen telemarketing bertugas untuk menjalankan strategi pemasaran yang diterapkan perusahaan. Mereka juga diharuskan untuk menjalin interaksi langsung dengan calon pelanggan, memberikan informasi produk atau layanan yang relevan, dan mengatasi pertanyaan atau keberatan pelanggan. Keahlian agen telemarketing dalam berkomunikasi dan meyakinkan calon pelanggan sangat menentukan kesuksesan kampanye pemasaran.

Manfaat Adanya Diskon untuk Pelanggan Perusahaan

Inilah beberapa manfaat adanya diskon untuk pelanggan perusahaan:

  • Menarik Perhatian

Adanya diskon dapat menarik perhatian calon pelanggan dan mendorong mereka untuk mempertimbangkan pembelian produk atau layanan.

  • Meningkatkan Penjualan

Diskon juga akan mendorong pelanggan untuk melakukan pembelian sehingga meningkatkan volume penjualan perusahaan.

  • Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Memberikan diskon kepada pelanggan setia akan meningkatkan kepuasan mereka sehingga loyalitas pelanggan juga terjaga.

  • Melawan Persaingan

Dalam pasar yang kompetitif, pemberian diskon akan membantu perusahaan bersaing dengan perusahaan kompetitor lainnya.

Baca juga: 7 Cara Agen Telemarketing Menentukan Diskon, Dijamin Menarik Minat!

Kenapa Agen Telemarketing Perlu Menentukan Besaran Diskon Secara Tepat?

Inilah sejumlah alasan kenapa agen telemarketing perlu menentukan besaran diskon secara tepat:

  • Menghindari Kerugian

Jumlah diskon yang terlalu besar dapat menyebabkan kerugian finansial bagi perusahaan.

  • Meningkatkan Profitabilitas

Penentuan diskon dengan tepat membuat perusahaan Anda dapat meningkatkan profitabilitas sehingga tetap menarik minat pelanggan.

  • Memperkuat Citra Perusahaan

Besaran diskon yang tepat akan memperkuat citra perusahaan sebagai perusahaan yang memberikan nilai tambah kepada pelanggan.

  • Meningkatkan Efektivitas Telemarketing

Besaran diskon yang tepat akan membantu agen telemarketing untuk meyakinkan pelanggan dan menjalankan kampanye pemasaran dengan lebih efektif.

Cara-Cara Agen Telemarketing Menentukan Besaran Diskon yang Tepat

Berikut ini adalah tujuh cara bagi agen telemarketing dalam menentukan besaran diskon yang tepat:

  • Analisis Data Pelanggan

Lakukan analisis data pelanggan untuk memahami perilaku belanja, preferensi produk, dan tingkat kepuasan pelanggan. Data-data ini akan membantu agen telemarketing untuk menentukan diskon yang relevan dan menarik bagi masing-masing pelanggan.

  • Pertimbangkan Tujuan Penjualan

Kemudian, tentukan tujuan penjualan perusahaan dan bagaimana besaran diskon dapat membantu mencapainya. Pastikan besaran diskon dapat membantu pencapaian target penjualan.

  • Riset Persaingan

Lakukan riset tentang besaran diskon yang ditawarkan oleh perusahaan kompetitor di pasar. Hindari memberikan diskon yang terlalu besar maupun terlalu kecil.

  • Gunakan Strategi Segmentasi

Bagikan jenis pelanggan menjadi beberapa segmen berdasarkan karakteristik dan preferensi. Tentukan besaran diskon yang berbeda untuk setiap segmen pelanggan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka.

  • Pertimbangkan Rentang Waktu

Tentukan periode di mana diskon akan berlaku. Diskon dengan batas waktu tertentu dapat menciptakan urgensi bagi pelanggan untuk segera melakukan pembelian produk maupun layanan perusahaan.

  • Berikan Diskon Tambahan untuk Pelanggan Setia

Berikan apresiasi kepada pelanggan setia dengan memberikan diskon tambahan atau program loyalitas. Hal ini akan meningkatkan loyalitas pelanggan dan memperkuat hubungan jangka panjang.

  • Evaluasi Hasil

Setelah memberikan diskon, lakukan evaluasi terhadap hasil kampanye telemarketing. Analisis data penjualan dan respon pelanggan akan membantu agen telemarketing untuk mengevaluasi keberhasilan kampanye dan membuat perbaikan di masa depan.

Baca juga: Mengenal Teknik Targeting dalam Telemarketing

Bekali Agen Telemarketing Anda dengan Sistem Customer Relationship Management

Itulah sejumlah cara agen telemarketing dalam menentukan besaran diskon secara tepat. Dengan menerapkan strategi yang tepat, agen akan mampu menarik perhatian calon pelanggan untuk melakukan pembayaran terhadap produk atau layanan yang diberikan potongan harga. Hal ini akan berimbas pada meningkatnya penjualan perusahaan.

Supaya strategi telemarketing semakin optimal, bekali agen Anda dengan sejumlah teknologi pendukung panggilan, misalnya sistem CRM multifungsi. Sebagai salah satu pilihan, Anda bisa gunakan Sociomile, sistem contact center Ivosights yang mengintegrasikan sebanyak 13 platform digital dan voice dalam satu dashboard utama. Sociomile juga bisa diakses dari tempat mana saja berkat adanya IP PBX Telephony System. Segera hubungi tim kami untuk melakukan demo sistem Sociomile ini secara langsung!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami