Wajib Tahu! Inilah Manfaat Social Monitoring Tools untuk Bisnis Kecil

Ripple10


Penulis : Administrator - Jumat, 01 Maret 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - Social monitoring tools. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - Social monitoring tools. Shutterstock.

"Ingin bangun bisnis dan berniat untuk mencoba Social Monitoring Tools? Simak pengertian Social Monitoring Tools dan manfaatnya bagi bisnis yang sedang merintis"

Dalam dunia yang serba digital di mana hampir semua orang menggunakan media sosial, memperhatikan dan memantau pandangan konsumen terhadap bisnis yang Anda jalankan merupakan suatu hal penting untuk dapat membangun dan memperbesar skala bisnis di kemudian hari. Jika konsumen memandang bisnis secara positif, pandangan ini dapat menguntungkan bisnis. Akan tetapi, positive image tersebut membutuhkan berbagai strategi hingga akhirnya bisa timbul pada orang-orang yang membeli produk atau menggunakan jasa yang Anda tawarkan. Salah satu cara yang bisa Anda coba adalah menggunakan Social Monitoring Tools yang juga ditawarkan Ivosights. Di dalam artikel ini, Anda akan meraih pemahaman mendalam seputar Social Monitoring Tools dan manfaatnya untuk bisnis berskala kecil. 

Apa Itu Social Monitoring Tools

Social Monitoring Tools atau Social Media Monitoring Tools adalah sebuah alat berbentuk platform digital yang dibuat khusus untuk melaksanakan fungsi pemantauan, analisa, dan respon atas aktivitas yang terjadi dalam lingkup media sosial. Alat ini dapat melacak setiap kali ada interaksi yang berkaitan dengan brand baik itu melalui fitur like, share, comments atau pun mentions dengan memanfaatkan keywords, hashtags, dan memantau aktivitas pengguna tertentu. 

Dengan mengoptimalkan Social Monitoring Tools ini, Anda dapat mengetahui apa yang konsumen Anda katakan, rasakan, dan bagikan tentang bisnis yang sedang dijalankan. Selanjutnya, perusahaan bisa mengidentifikasi tren yang ada, menilai sentimen pengguna media sosial, dan memberikan respon berdasarkan strategi yang sudah dibuat. Kecepatan dan ketepatan respon yang diambil berdasarkan analisa dari Social Monitoring Tools sangat krusial untuk keberlanjutan bisnis Anda dalam jangka panjang. 

Apa Saja Manfaat Social Monitoring Tools Untuk Bisnis Kecil?

  • Pemahaman tentang Perilaku Konsumen 

Setelah data cara berperilaku konsumen terkumpul di dalam Social Monitoring Tools, Anda dapat menggunakan data tersebut untuk memahami konsumen Anda berdasarkan perilakunya. Pemahaman ini kemudian dapat Anda manfaatkan untuk memutuskan respon seperti apa yang tepat dalam berkomunikasi dan strategi pendekatan dalam memasarkan produk perusahaan. Dengan respon dan pendekatan yang tepat, bisnis Anda dapat tumbuh secara perlahan. 

  • Identifikasi Tren Terkini

Karena Social Monitoring Tools selalu aktif menganalisis media sosial, alat ini juga dapat Anda gunakan untuk melihat isu apa yang tengah ramai dibahas oleh pengguna media sosial. Tren yang tengah naik ini bisa digunakan untuk memasarkan produk Anda dan juga memperkenalkan bisnis Anda ke masyarakat luas. Ketika memilih untuk mengikuti sebuah tren, pastikan tren tersebut bukanlah sesuatu yang akan menyebabkan kontroversi. 

  • Analisa Peluang Pasar

Setelah mendapatkan data perilaku konsumen dan juga tren yang sedang naik, Anda dapat mengetahui peluang yang sedang ada di pasar. Peluang tersebut bisa Anda manfaatkan dengan memilih beberapa yang akan berpengaruh besar bagi penjualan dan brand awareness bisnis Anda. Anda bisa mencoba melihat sesuatu yang sedang ramai dibahas, serupa dengan tren, karena hal tersebut mengagumkan atau disukai audiens. Selanjutnya, Anda bisa memanfaatkan ini dan memasukkannya ke dalam iklan atau konten media sosial bisnis. 

  • Pengawasan Reputasi Brand

Untuk mempertahankan brand awareness yang sebelumnya sudah dibangun, Anda perlu mengawasi dan memastikan bahwa sentimen atau pandangan konsumen terhadap perusahaan Anda cenderung bagus. Pengawasan ini bisa didapat dengan melihat data yang terkumpul di  Social Monitoring Tools. Mengawasi reputasi yang dimiliki bisnis Anda sama pentingnya dengan membangun reputasi itu sendiri. 

  • Optimalisasi Strategi Marketing

Pengetahuan seputar perilaku konsumen, tren terkini, dan peluang pasar yang telah didapatkan sebelumnya dapat dimanfaatkan sebagai sumber inspirasi untuk menentukan strategi marketing yang sesuai. Ada berbagai macam cara untuk promosi melalui media sosial belakangan ini seperti, membuat konten video, menggunakan layanan iklan berbayar, dan membayar influencers untuk memberikan review produk. Jika strategi yang telah ditetapkan berhasil, perusahaan Anda akan dikenal secara luas dan menjual lebih banyak produk. 

Baca Juga: Mengukur Kinerja Merek dengan Social Monitoring Tools

Mari Miliki Social Monitoring Tools Dengan Ripple10 Sekarang!

Di era bisnis modern yang kompetitif seperti sekarang, Social Monitoring Tools menjadi salah satu elemen penting untuk dapat bertahan dan meraih lebih banyak keuntungan. Dengan membuat dan menerapkan berbagai strategi untuk mengenalkan bisnis sembari memantau respon yang diberikan, bisnis yang mulai dari skala kecil dapat sedikit demi sedikit memperbesar jangkauannya. Kuncinya terletak pada optimalisasi penggunaan Social Monitoring Tools milik perusahaan.  Karena pentingnya Social Monitoring Tools bagi sebuah bisnis, kebanyakan para perintis bisnis memberikan lebih banyak perhatian kepada platform milik mereka. 

Setelah membaca artikel ini hingga akhir, Anda ingin membangun Social Monitoring Tools untuk bisnis Anda sekarang? Serahkan pada kami! Ivosight merupakan perusahaan penyedia berbagai produk untuk meningkatkan Social Monitoring Tools milik bisnis Anda. Dengan komitmen yang kuat dalam memberikan solusi untuk pelanggan kami dalam bidang Customer Engagement, kami telah dipercaya berbagai bisnis untuk meningkatkan kualitas Social Monitoring Tools mereka dan sekarang giliran Anda. Temukan lebih banyak informasi tentang Ripple10 dan raih kesuksesan bisnis Anda dengan Ivosights sekarang! 

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami