Manfaat Integrasi Social Monitoring Tools dengan Software Marketing

Ripple10

,

Whatsapp Bussiness API

,

Sociomile


Penulis : Administrator - Senin, 24 Juni 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - Social Monitoring Tools. Shutterstrock
Ket. Foto: Ilustrasi - Social Monitoring Tools. Shutterstrock

"Social monitoring tools dapat diintegrasikan dengan berbagai jenis software untuk mengoptimalkan operasional bisnis. Telusuri manfaatnya pada artikel ini."

Dalam era digital saat ini, kehadiran media sosial telah mengubah cara bisnis berinteraksi dengan pelanggan mereka. Namun, untuk memaksimalkan potensi media sosial, diperlukan strategi yang tepat dan alat yang mendukung. Salah satu cara yang efektif adalah dengan mengintegrasikan social monitoring tools dengan software marketing. Integrasi ini tidak hanya membantu dalam memantau percakapan dan tren di media sosial, tetapi juga memberikan wawasan berharga yang dapat digunakan untuk merancang kampanye pemasaran yang lebih baik. Artikel ini akan membahas berbagai manfaat yang bisa diperoleh dari integrasi tersebut dan bagaimana hal ini dapat membantu bisnis Anda berkembang di tengah persaingan yang semakin ketat.

Apa itu Social Monitoring Tools? 

Social monitoring tools adalah perangkat yang dapat membantu memonitor pandangan dan pendapat publik mengenai suatu brand, produk yang mereka ditawarkan, hingga layanan yang diberikan oleh brand. Pemantauan ini dilakukan dengan menganalisis percakapan di media sosial, blog, forum online, dan berita digital. Dengan demikian, pengguna dapat terus mendapatkan informasi terbaru mengenai isu dan tren dalam industri terkait. Data yang dikumpulkan melalui social monitoring tools ini bisa diterapkan dalam berbagai aspek operasional bisnis. Misalnya, untuk merancang strategi pemasaran, kampanye digital, mengatasi krisis, mengukur kinerja brand, dan menjaga keunggulan kompetitif. Selain itu, penggunaan alat pemantauan sosial juga dapat membantu perusahaan mengidentifikasi kelemahan dan aspek yang perlu ditingkatkan dari produk dan layanan mereka.

Sistem Integrasi Social Monitoring Tools dengan Software Marketing Lainnya

Beberapa perusahaan penyedia social monitoring tools menyediakan fasilitas sistem integrasi dengan software lain untuk mengoptimalkan fungsi operasional bisnis. Beberapa software yang umum digunakan adalah CRM (Customer Relationship Management) dan WhatsApp Business API. CRM merupakan software contact center yang berguna untuk memberikan respons, menjawab pertanyaan, dan menampung keluhan masyarakat. Terdapat berbagai inovasi CRM, salah satunya CRM Omnichannel yang menampung 13 kanal digital dan voice dalam satu dashboard. Sementara itu, WhatsApp Business API merupakan platform pengelolaan bisnis yang disediakan WhatsApp. WhatsApp Business API diperuntukkan untuk bisnis berskala menengah dan besar, juga memiliki legalitas bisnis.

Baca Juga: Teknik Canggih Memanfaatkan Social Monitoring Tools untuk Bisnis Anda 

Manfaat Sistem Integrasi Social Monitoring Tools dengan Software Lain

  • Wawasan Audiens yang Komprehensif

Integrasi social monitoring tools dengan software lain memungkinkan perusahaan memahami audiens secara lebih komprehensif. Integrasi kedua software dapat membuahkan data dari percakapan media sosial, interaksi situs web, interaksi E-Mail, dan lainnya. Sehingga, memungkinkan perusahaan untuk menyesuaikan strategi pemasaran dengan lebih baik dan relevan.

  • Penargetan dan Personalisasi yang Lebih Baik

Integrasi social monitoring tools juga memungkinkan bisnis untuk menyegmentasikan audiens berdasarkan demografi, minat, perilaku, dan sentimen. Integrasi ini memungkinkan bisnis untuk membuat pemasaran yang lebih bertarget dan dipersonalisasi di berbagai saluran. Sehingga tingkat keterlibatan pelanggan dan konversi tinggi.

  • Meningkatkan Efektivitas Kampanye

Dengan mengintegrasikan berbagai platform sekaligus, brand dapat mengukur efektivitas kampanye pemasaran secara real-time. Integrasi ini memungkinkan bisnis melacak KPI (Key Performance Indicator) seperti jangkauan bisnis, keterlibatan, konversi, dan laba.

  • Identifikasi Tren dan Peluang Secara Mendalam

Integrasi social monitoring tools dengan platform lain memungkinkan bisnis mengidentifikasi tren yang sedang berkembang, membantu memantau aktivitas pesaing, dan menemukan peluang baru di pasar. Identifikasi ini didapatkan dari pengumpulan wawasan dari percakapan media sosial, feedback pelanggan, dan tren industri.

  • Manajemen Reputasi Proaktif

Mengintegrasikan social monitoring tools dengan sistem CRM dan platform lainnya membuat perusahaan secara proaktif mengelola reputasi brand di kancah digital. Sehingga, integrasi brand dapat stabil. Reputasi digital diidentifikasi melalui mention, ulasan, dan sentimen di seluruh saluran. Sehingga, memungkinkan mereka untuk mengatasi masalah pelanggan dan mempertahankan citra brand secara positif.

Baca Juga: Teknik Canggih Memanfaatkan Social Monitoring Tools untuk Bisnis Anda 

Ripple10 dari Ivosights: Social Monitoring Tools Terbaik di Indonesia!

Ripple10 dari Ivosights merupakan social monitoring tools yang cocok digunakan pelaku bisnis, perusahaan, atau institusi yang ingin terus mengawasi persepsi dan respon masyarakat terhadap produk atau layanan yang ditawarkan. Dengan pengawasan yang dilakukan secara berkala melalui tools tersebut, perusahaan dapat melakukan perkembangan dalam segi strategi pemasaran, produk, kampanye di sosial media, dll. Perkembangan tersebut pada akhirnya dapat meningkatkan penjualan dan profit. Tertarik untuk menggunakan produk Ivosights? Segera mendaftar dan jangan lewatkan kesempatan ini!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami