Level Up! Kuasai Social Monitoring Tools dan Manfaatnya untuk Bisnis

Ripple10


Penulis : Administrator - Kamis, 17 Oktober 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - Social Monitoring Tools.
Ket. Foto: Ilustrasi - Social Monitoring Tools.

"Social monitoring tools terbukti penting untuk bisnis. Mulai dari meningkatkan citra brand hingga loyalitas pelanggan. Kuasai social monitoring tools sekarang!"

Dalam era digital yang terus berkembang, kemampuan untuk memantau percakapan dan tren secara real-time menjadi kunci keberhasilan bagi bisnis. Social monitoring tools hadir sebagai solusi untuk membantu perusahaan memahami audiens mereka lebih baik, meningkatkan reputasi, dan mengoptimalkan strategi pemasaran. Yuk, ketahui lebih jauh bagaimana alat ini dapat membawa bisnis Anda ke level yang lebih tinggi dan memberi Anda keunggulan kompetitif!

Definisi Social Monitoring Tools

Social monitoring tools adalah perangkat atau aplikasi yang digunakan oleh perusahaan untuk memantau aktivitas, percakapan, dan sebutan terkait merek atau produk mereka di berbagai platform media sosial, forum, blog, atau situs berita. Alat ini memungkinkan bisnis untuk melacak tren, tanggapan konsumen, serta mengidentifikasi umpan balik baik atau buruk secara real-time. Dengan menggunakan social monitoring tools, perusahaan dapat lebih responsif terhadap kebutuhan pelanggan, menangani krisis lebih cepat, dan menyusun strategi pemasaran berdasarkan data yang relevan. Social monitoring tools sendiri juga mempunyai beragam jenis atau kategori dengan kegunaannya yang berbeda-beda. Dengan begitu banyak kategori dan manfaat yang akan didapatkan perusahaan, ini membuat perusahaan Anda lebih condong dibanding kompetitor lainnya. Yang artinya, perusahaan Anda dipermudah dengan seluruh alat yang diberikan social monitoring tools. Lalu, seperti apa kategori social monitoring tools itu? 

Kategori Social Monitoring Tools

Berikut ini adalah kategori atau jenis-jenis dari social monitoring tools. Jenis social monitoring tools ini memiliki manfaat atau kegunaan yang berbeda untuk memenuhi tujuan perusahaan Anda. Penasaran? Simak lebih lanjut di bawah ini:

  • Social Media Monitoring Tools

Pertama ada social media monitoring tools. Pada social monitoring tools ada sistem atau alat teknologi yang berguna untuk memonitor seluruh platform digital, salah satunya media sosial. Dengan bantuan social monitoring tools Anda atau perusahaan akan terbantu dalam memonitor seluruh sentimen pelanggan yang berada di media sosial. Hal ini bertujuan untuk mengamati feedback dari para pengguna media sosial yang mengikuti platform digital perusahaan Anda.

  • Brand Monitoring Tools 

Kedua ada brand monitoring tools. Mengapa social monitoring tools memiliki jenis ini? Dikarenakan, social monitoring tools berguna untuk memonitor produk atau layanan yang dipasarkan perusahaan Anda. Dengan alat monitor ini, perusahaan Anda akan dipermudah dalam mengamati krisis hingga mencegah krisis identitas produk Anda. Yang mana, perusahaan Anda mampu mempertahankan visibilitas produk atau layanan yang perusahaan Anda pasarkan. 

  • Web Analytic Tools

Ketiga, Web analytic tools dari social monitoring tools sangat bermanfaat bagi bisnis dalam memantau dan meningkatkan performa digital mereka. Alat ini membantu bisnis melacak kinerja website dengan menyediakan data tentang jumlah pengunjung, halaman yang paling sering dikunjungi, serta perilaku pengguna selama menjelajahi situs.

  • Competitive Intelligence Tools

Keempat ada competitive intelligence tools. Social monitoring tools ini juga memiliki kemampuan atau jenis alat yang mampu menganalisis pasar yang mana digunakan untuk menganalisis kompetitor-kompetitor yang memiliki produk atau layanan yang sama dengan perusahaan Anda. Hal ini berguna untuk meningkatkan awareness pada produk atau perusahaan Anda untuk mengatasi krisis identitas.

  • Hashtag Tracking Tools

Dan terakhir, hashtag tracking tools. Hashtrack tracking pada social monitoring tools ini bertujuan untuk mengamati atau menganalisis tren-tren terkini atau apa yang terjadi baru-baru ini. Sehingga, perusahaan atau Anda lebih aware dalam topik-topik tertentu. Ini juga bisa menjadi strategi pasar perusahaan dalam mengajak lebih banyak pelanggan menggunakan produk atau layanan perusahaan Anda.

Baca Juga: Tentang Social Monitoring Tools: Definisi, Fungsi, dan Implementasinya

5 Manfaat Social Monitoring Tools untuk Bisnis

Lalu, dapat disimpulkan bahwa manfaat social monitoring tools ini terbagi menjadi 5 hanya dalam satu alat saja. Jelajahi lebih lanjut manfaat social monitoring tools berikut ini!

  • Mengikuti Tren Terkini

Social monitoring tools digunakan untuk mengikuti tren terkini. Yang mana ini salah satu kegunaan dari hashtag tracking tools pada social monitoring tools. Perusahaan akan dipermudah dalam pencarian tren atau konten-konten terkini yang bisa langsung diimplementasikan ke kampanye pasar untuk produk atau layanan perusahaan Anda.

  • Mampu Menganalisis Influencer

Kemudian, mampu menganalisis influencer. Sebenarnya apa maksud dari social monitoring tools dalam menganalisis influence? Hal ini berguna atau bertujuan pada analisa sentimen produk atau layanan perusahaan Anda yang dipromosikan oleh influencer yang bekerja sama dengan perusahaan Anda. Ini dapat memudahkan perusahaan dalam memahami seluruh feedback audiens, berupa positif, negatif, atau netral.

  • Mampu Meningkatkan Citra Produk

Mampu meningkatkan citra produk menjadi salah satu hal penting atau highlight yang diberikan oleh social monitoring tools. Dengan begitu banyaknya tools atau teknologi yang digunakan oleh social monitoring tools itu sendiri, ini bisa digunakan untuk meningkatkan citra produk maupun perusahaan. 

  • Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Pastinya, meningkatkan loyalitas pelanggan. Dengan bantuan social monitoring tools, Anda atau perusahaan akan terbantu dalam meningkatkan atau mempertahankan loyalitas pelanggan. Karena, banyak perusahaan yang mengalami customer churn di era yang serba digital ini. Di sinilah mengapa social monitoring tools menjadi bagian penting untuk perusahaan.

Satu Social Monitoring Tools untuk Semua: Ripple10 by Ivosights!

Jika Anda sedang mencari solusi terbaik untuk memantau kehadiran brand di dunia digital, Ripple10 dari Ivosights adalah jawabannya! Sebagai social monitoring tools yang lengkap, Ripple10 memberikan kemampuan untuk melacak percakapan tentang bisnis Anda di berbagai platform media sosial, menganalisis sentimen pelanggan, dan memantau reputasi brand secara real-time. Ripple10 adalah alat yang sempurna untuk mengoptimalkan strategi pemasaran Anda, meningkatkan engagement dengan pelanggan, dan menjaga reputasi brand tetap positif di dunia digital. Jadi, tunggu apa lagi? Dengan Ripple10 dari Ivosights, semua kebutuhan social monitoring Anda terpusat dalam satu platform yang mudah digunakan. Manfaatkan keunggulan fitur-fiturnya untuk mendorong pertumbuhan bisnis dan memastikan bahwa Anda selalu berada satu langkah di depan dalam dunia digital yang kompetitif. Segera hubungi Ivosights dan bawa bisnis Anda ke level berikutnya!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami