Ketahui Cara Menggunakan Social Monitoring Tools dengan Optimal

Ripple10


Penulis : Administrator - Kamis, 16 Mei 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - Social Monitoring Tools. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - Social Monitoring Tools. Shutterstock.

"Ada beberapa cara untuk bisa menggunakan social monitoring tools secara optimal. Ketahui lebih dalam di sinI!"

Penggunaan social monitoring tools sudah menjadi salah satu solusi pembentuk strategi atau kampanye bisnis yang efektif. Dengan social monitoring tools, perusahaan dapat membentuk strategi bisnis yang berdasarkan data lapangan. Namun, penting bagi perusahaan untuk bisa mengoptimalkan penggunaan social monitoring tools dan fitur-fiturnya. Simak artikel ini untuk mengetahui berbagai caranya!

Apa Itu Social Monitoring Tools?

Social monitoring tools adalah perangkat lunak yang dirancang untuk memantau dan melacak aktivitas di berbagai platform media sosial. Social monitoring tools dapat membantu perusahaan untuk melacak percakapan digital yang relevan dengan bisnis mereka dan mengubahnya menjadi data yang dapat membantu perusahaan memahami sentimen pelanggan, segmentasi audiens, dan lain sebagainya.

Manfaat Menggunakan Social Monitoring Tools

Inilah beberapa manfaat penggunaan social monitoring bagi bisnis Anda:

  • Memahami Kebutuhan Pelanggan

Social monitoring tools memungkinkan bisnis untuk memahami kebutuhan dan juga keinginan pelanggan mereka dengan lebih mudah dan lebih baik. Dengan menggunakan social monitoring tools, perusahaan dapat mengubah percakapan digital menjadi data yang akan menunjukkan kebutuhan dan keinginan pelanggan mereka. Hal ini dapat membantu perusahaan untuk membentuk produk atau jasa yang sesuai dengan pelanggan mereka, memenuhi kebutuhan dan menjamin kepuasan pelanggan.

  • Mendeteksi dan Menangani Krisis dengan Efisien

Lewat social monitoring tools, perusahaan dapat mendeteksi perubahan sentimen pelanggan terhadap merek dagang secara real time. Dengan begitu, jika perusahaan mendapat sentimen yang buruk, mereka dapat melakukan langkah penanganan sesegera mungkin.

  • Membangun dan Menjaga Reputasi Brand

Perusahaan dapat menggunakan social monitoring tools untuk memantau sentimen pelanggan terhadap merek dagang mereka dan melakukan langkah-langkah penanganan apabila muncul sentimen negatif. Dengan begitu, perusahaan dapat mempertahankan pandangan positif terhadap merek dagang mereka. Selain itu, kemampuan perusahaan untuk mengetahui kebutuhan pelanggan dan mencapai kepuasan mereka berkat social monitoring tools juga akan membawa citra yang baik bagi merek dagang.

  • Melakukan Analisis Kompetitor

Salah satu keunggulan penggunaan social monitoring tools adalah fitur analisis kompetitor. Dengan social monitoring tools, perusahaan dapat memantau aktivitas kompetitor mereka dengan mudah, menganalisis strategi mereka, dan juga mengidentifikasi peluang atau ancaman yang mungkin muncul. Dengan begitu, perusahaan dapat memastikan mereka tetap siap dalam menjalani kompetisi bisnis.

  • Melakukan Monitor Tren dan Riset Pasar dengan Muda.

Social monitoring tools juga hadir dengan fitur monitor tren dan pasar. Dengan social monitoring tools, perusahaan dapat melakukan dua hal ini dengan mudah kapanpun dan dimanapun. Hal ini memungkinkan mereka untuk mengambil keputusan yang lebih baik dalam merencanakan strategi pemasaran dan pengembangan produk dalam waktu yang lebih singkat dan efisien.

  • Meningkatkan dan Mengevaluasi Hubungan Pelanggan

Social monitoring tools dapat membantu bisnis untuk memahami pandangan publik terhadap merek dagang, mengetahui apabila ada keluhan atau masalah yang diungkapkan publik mengenai bisnis mereka, serta mengetahui apresiasi dan keinginan publik terhadap bisnis mereka. Dengan melakukan hal ini, perusahaan dapat melakukan komunikasi yang lebih relevan dan proaktif dengan pelanggan mereka. Hal ini dapat membantu perusahaan menguatkan hubungan mereka dengan pelanggan mereka.

Baca Juga: Optimalkan Kinerja Kampanye Pemasaran dengan Social Monitoring Tools

Cara Mengoptimalkan Penggunaan Social Monitoring Tools

  • Pilih Social Monitoring Tools yang Tepat

Untuk bisa menggunakan social monitoring tools secara optimal, pastikan Anda memilih alat yang tepat. Ada berbagai macam social monitoring tools yang bisa Anda temukan yang memiliki fitur dan keuntungan yang berbeda-beda. Pilihlah alat yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

  • Pilih Kata Kunci yang Relevan

Ketika menggunakan social monitoring tools, pilihlah kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda. Anda bisa memasukkan beberapa kata kunci, seperti nama merek, nama produk, jenis industri, dan lain sebagainya.

  • Kumpulkan dan Analisis Data

Setelah memasukkan kunci ke dalam social monitoring tools, Anda akan mendapatkan data seperti sentimen pelanggan, segmentasi pelanggan, tingkat pengaruh, dan lain sebagainya. Anda kemudian dapat menganalisis data-data ini agar dapat memahaminya dengan lebih mendalam.

  • Bentuk Strategi Bisnis Berdasarkan Data yang Didapatkan

Langkah selanjutnya adalah membentuk strategi bisnis berdasarkan data yang didapatkan dari social monitoring tools. Pastikan Anda mempertimbangkan data yang didapatkan sebelum membentuk kampanye agar bisa membuat strategi yang efektif.

  • Evaluasi Hasil Kampanye dengan Social Monitoring Tools

Terakhir, lakukan evaluasi strategi atau kampanye yang dibuat dengan social monitoring tools. Anda dapat memasukkan kata kunci yang terkait dengan kampanye yang dibuat untuk memantau bagaimana publik menerima kampanye tersebut dan mengidentifikasi area-area yang masih bisa dikembangkan.

Baca Juga: Tentang Social Monitoring Tools: Definisi, Fungsi, dan Implementasinya

Dapatkan Social Monitoring Tools Terbaik, Ripple10!

Social monitoring tools memiliki banyak sekali fitur dan manfaat. Maka dari itu, penting bagi perusahaan untuk mengetahui cara memanfaatkan alat ini secara optimal agar bisa mendapatkan hasil yang paling maksimal. Jika Anda mencari social monitoring tools yang dapat membantu Anda membentuk strategi bisnis berdasarkan data, Ripple10 adalah jawabannya. Ripple10 adalah social monitoring tools terlengkap, no. 1 di Indonesia yang dapat membantu Anda mengubah percakapan digital menjadi strategi bisnis yang efektif. Hubungi Ivosights sekarang juga dan dapatkan Ripple10!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami