Social Listening Tools: Memahami Pelanggan dengan Analisis Sentimen

Ripple10


Penulis : Administrator - Rabu, 22 Mei 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - Social Listening Tools. Shutterstrock
Ket. Foto: Ilustrasi - Social Listening Tools. Shutterstrock

"Perusahaan dapat melakukan analisis sentimen dan mengenal pelanggan lebih jauh melalui social listening tools. Simak ulasannya di sini!"

Di era digital, interaksi antara perusahaan dan pelanggan telah berubah drastis dengan kehadiran media sosial. Pelanggan kini lebih sering mengekspresikan pendapat dan perasaan mereka secara online, menciptakan data yang berharga bagi perusahaan yang dapat memanfaatkannya dengan tepat. Social listening tools atau alat pendengar sosial hadir sebagai solusi untuk memantau dan menganalisis data dari berbagai platform media sosial. Dengan fokus pada analisis sentimen, alat ini membantu perusahaan memahami perasaan pelanggan terhadap merek, produk, atau layanan mereka. Artikel ini akan mengulas pentingnya social listening tools dalam memahami pelanggan dan bagaimana alat ini dapat membantu perusahaan merespons kebutuhan dan keinginan pelanggan secara proaktif.

Apa itu Social Listening Tools? 

Social listening tools merupakan alat yang digunakan suatu brand untuk memantau percakapan digital masyarakat yang bersumber pada media sosial, forum online, atau blog. Penggunaan alat ini bertujuan supaya brand dapat memahami isu dan tren terkini, memahami kompetitor, serta mengerti secara mendalam terkait dengan pelanggan dan industri terkait. Social listening tools pada umumnya memuat fitur analisis sentimen. Fitur tersebut berfungsi untuk menganalisis percakapan masyarakat dan mengkategorikan opini tersebut pada kategori positif, negatif, dan netral. Perusahaan dapat melakukan analisis sentimen ini berdasarkan data teks, postingan media sosial, review pelanggan di internet, artikel berita, hingga hasil survei.

Baca Juga: Peran Social Listening Tools dalam Meningkatkan Kualitas Konten SEO 

Manfaat Analisis Sentimen pada Social Listening Tools

Analisis sentimen pada social listening tools memiliki berbagai macam manfaat, yaitu sebagai berikut:

  • Mengetahui Selera Pelanggan

Social listening tools, terutama fitur analisis sentimen memungkinkan perusahaan untuk memiliki pemahaman yang lebih dalam tentang pelanggannya. Seperti pendapat mengenai produk, layanan, atau perusahaan secara umum. Dengan memahami selera pelanggan, atau masyarakat secara umum, perusahaan dapat mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan serta menyocokkan strategi yang lebih relevan.

  • Membantu Mengatasi Manajemen Krisis

Social listening tools bermanfaat untuk mengatasi krisis digital yang berkaitan dengan perusahaan. Seperti penyebaran isu negatif, review buruk dari pelanggan, konten kontroversial, hingga serangan lainnya. Dengan analisis sentimen, perusahaan dapat mengidentifikasi dan memitigasi risiko yang berkaitan dengan sentimen negatif tersebut. Sehingga, perusahaan dapat menerapkan langkah proaktif untuk mengatasi krisis sebelum krisis tersebut meningkat.

  • Mengembangkan Produk dan Layanan

Perusahaan bisa mendapatkan feedback dari pelanggan melalui data percakapan digital yang terdeteksi melalui analisis sentimen pada social listening tools. Dengan umpan balik dari pelanggan, perusahaan dapat memanfaatkannya untuk mengidentifikasi aspek produk dan layanan yang dapat ditingkatkan. 

  • Meningkatkan Strategi Pemasaran Produk

Strategi pemasaran yang baik merupakan strategi yang relevan bagi masyarakat. Untuk menjadi relevan, perusahaan dapat menggunakan analisis sentimen pada social listening tools. Fitur ini memungkinkan perusahaan untuk mengenal preferensi masyarakat dan bagaimana masyarakat merespon sebuah strategi pemasaran yang dibuat oleh perusahaan. 

  • Mengetahui Tren dan Isu Terkini

Analisis sentimen pada social listening tools dapat membantu perusahaan memahami tren dan isu terkini yang penting untuk mempertahankan produk dan layanan tetap relevan. Fitur tersebut juga dapat membantu perusahaan untuk memanfaatkan peluang terhadap perkembangan dan membantu menyesuaikan strategi.

Ripple10: Social Listening Tools dari Ivosights dengan Fitur Komprehensif

Dapatkan manfaat dan keunggulan Ripple10 dari Ivosights! Ripple10 merupakan social listening tools yang cocok untuk digunakan pelaku bisnis yang ingin menjaga reputasi brand-nya. Perangkat ini memiliki berbagai macam fitur yang saling melengkapi satu sama lain sehingga efektif untuk digunakan dalam memahami konsumen, mengetahui kompetisi dan tren pasar, juga mengawasi persepsi dan mengetahui respon masyarakat terhadap produk atau layanan yang ditawarkan. Ripple10 juga menawarkan fasilitas integrasi dengan software CRM (Customer Relationship Management), Sociomile. Dengan kedua perangkat ini, perusahaan dapat memaksimalkan penjagaan reputasi brand dengan baik. Tertarik? Segera hubungi Ivosights dan rasakan manfaatnya!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami