12 Social Listening Tools untuk Pantau Percakapan Digital Bisnis

Ripple10


Penulis : Administrator - Rabu, 05 Juni 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - Social Listening Tools. Shutterstrock
Ket. Foto: Ilustrasi - Social Listening Tools. Shutterstrock

"Telusuri rekomendasi social listening tools terbaik yang dapat maksimalkan upaya penjagaan reputasi brand di kancah digital."

Perusahaan perlu memelihara reputasi brand untuk mempertahankan kestabilan bisnis. Di zaman kemajuan teknologi, muncul berbagai kasus yang bisa merusak reputasi bisnis. Seperti penyebaran berita palsu, ujaran kebencian, ulasan negatif tentang perusahaan, dan krisis digital lainnya. Oleh sebab itu, perusahaan dapat melakukan digital monitoring dengan menggunakan social listening tools sebagai langkah antisipasi. 

Apa itu Social Listening Tools? 

Social listening tools adalah perangkat yang digunakan oleh perusahaan, lembaga, atau pelaku bisnis untuk memantau percakapan online yang terjadi di media sosial, blog, forum daring, dan platform digital lainnya. Tujuan penggunaan alat ini adalah untuk memastikan perusahaan tetap terinformasi tentang tren terkini dan memahami topik-topik yang sedang dibicarakan oleh publik, baik yang terkait dengan industri tempat perusahaan beroperasi maupun informasi spesifik tentang perusahaan itu sendiri, seperti layanan atau produk yang mereka tawarkan.

Baca Juga: Social Listening Tools: Kunci Sukses Bangun Citra Merek yang Positif

Rekomendasi Social Listening Tools Terbaik

 

  • Ripple10

Ripple10, sebuah social listening tools buatan Indonesia, telah digunakan oleh sejumlah brand terkemuka seperti PT Kai, Bali United, Alfamart, dan Indofood. Berbagai fitur yang dimiliki Ripple10 saling melengkapi satu sama lain, memungkinkan brand untuk memahami pasar, pesaing, serta tren, dan  memantau respons juga persepsi masyarakat terhadap produk atau layanan. Selain itu, Ripple10 menyediakan opsi integrasi dengan software Customer Relationship Management (CRM) bernama Sociomile.

  • Awario

Awario menyediakan social listening tools yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi siapa saja yang sering membicarakan brand. Selain itu, alat ini dapat digunaka untuk merespons keluhan atau pertanyaan dari pelanggan secara langsung. Perusahaan juga dapat memantau pertumbuhan dan popularitas merek melalui analitik bawaan dalam aplikasi tersebut.

  • Hootsuite Insights

Hootsuite Insights adalah social listening tools yang berguna bagi audiens dalam mengoptimalkan strategi penjualan merek. Alat ini dapat dihubungkan dengan berbagai platform media sosial, sehingga memiliki jangkauan data digital yang sangat luas. Dengan fitur penyaringan yang memungkinkan pencarian data berdasarkan tanggal, demografi, dan lokasi geografis, alat ini menawarkan hasil yang lebih terintegrasi.

  • Clarabridge

Clarabridge Analytics menyediakan social listening tools terpadu untuk mengumpulkan data interaksi dan feedback dari pelanggan. Perangkat ini menggunakan Artificial Intelligence (AI) dan Natural Language Understanding (NLU) untuk menganalisis percakapan. Dengan produk ini, Anda dapat memperoleh wawasan mengenai loyalitas, emosi pelanggan, dan penyebab perubahan churn rate.

  • Aylien

Aylien menyediakan social listening tools yang dapat mengungkap wawasan tersembunyi tentang bisnis. Alat ini memiliki antarmuka pengguna yang sederhana dan didukung oleh Artificial Intelligence (AI). Selain itu, alat ini juga menggunakan model pemrosesan bahasa alami (NLP) yang menggabungkan pemahaman bahasa komputer, pembelajaran mesin, dan pemrosesan bahasa manusia secara alami.

  • Talkwalker’s Quick Search

Talkwalker’s Quick Search memungkinkan pengguna untuk menjelajahi ide-ide konten, mengidentifikasi influencer atau Key Opinion Leaders (KOL), serta mengerti tren audiens. Alat ini dapat mengevaluasi keterlibatan, volume, sentimen, demografi, geografis, serta membandingkan berbagai merek dan topik secara bersamaan.

  • Repustate

Repustate menawarkan analisis sentimen yang mendetail untuk teks dan video dari platform seperti TikTok, Douyin, YouTube, Twitch, Instagram, dan lain-lain. Alat ini mampu melakukan analisis data secara langsung dalam 23 bahasa dan dialek.

  • MeaningCloud

MeaningCloud memungkinkan pengguna untuk mengumpulkan dan menganalisis percakapan di media sosial, ulasan produk di forum, dan berbagai situs web lainnya dalam jumlah besar, mulai dari ribuan hingga ratusan ribu. 

  • Brandwatch

Brandwatch menyediakan  social listening tools berkualitas yang mengutamakan pada analisis linguistik dan pemrosesan bahasa. Alat ini dirancang dengan pendekatan NLP (Natural Language Processing) baik secara manual maupun otomatis untuk meningkatkan akurasi, dengan dukungan untuk 14 bahasa yang berbeda.

  • Social Searcher

Social Searcher memungkinkan pengguna melakukan pencarian konten di media sosial secara langsung dan mendapatkan analisis data yang mendalam, termasuk pemantauan sebutan brand, notifikasi melalui email, integrasi API, hingga analisis data lanjutan.

  • MonkeyLearn

MonkeyLearn memberikan kesempatan bagi perusahaan untuk memahami sentimen audiens melalui analisis data teks. Informasi ini kemudian disajikan dalam tampilan grafis yang mudah digunakan.

  • Lexalytics

Lexalytics menawarkan solusi unggul yang menggunakan Artificial Intelligence (AI) untuk menganalisis teks serta mengenali bahasa secara alamiah. Platform ini memiliki struktur yang terorganisir dengan baik dan dapat disesuaikan sesuai kebutuhan, karena dapat diakses baik melalui cloud publik maupun privat, serta infrastruktur hybrid.

Baca Juga: Peran Social Listening Tools dalam Meningkatkan Kualitas Konten SEO 

Ripple10 dari Ivosights: Social Listening Tools paling Efektif untuk Pantau Percakapan Digital!

Dapatkan manfaat dan keunggulan Ripple10 dari Ivosights! Ripple10 merupakan social listening tools yang sangat cocok untuk dipakai pelaku bisnis yang ingin menjaga reputasi brand-nya. Ripple10 dapat mendeteksi dan menangkap percakapan dari lebih dari 6000 sumber media nasional, baik online maupun offline. Dengan fitur-fiturnya yang beragam, Ripple10 didapuk sebagai platform pemantauan percakapan digital paling lengkap nomor 1 di Indonesia. Tertarik? Segera hubungi Ivosights dan rasakan manfaatnya!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami