Strategi Mengembangkan Bisnis dengan Social Listening Platform

Ripple10


Penulis : Administrator - Kamis, 29 Februari 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - Social listening. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - Social listening. Shutterstock.

"Social listening platform adalah alat yang penting bagi perusahaan untuk mengambil langkah pengembangan bisnis yang tepat sasaran"

Media sosial bukan hanya platform bagi perusahaan untuk melakukan promosi, tetapi juga untuk mendapatkan wawasan yang berguna untuk pengembangan bisnis mereka. Dengan tidak lepasnya media sosial dari kehidupan sehari-hari, tidak jarang percakapan mengenai suatu brand perusahaan akan muncul di berbagai platform media sosial. Percakapan ini dapat menjadi informasi penting bagi bisnis untuk memahami pendapat publik tentang perusahaan dan merek dagang mereka.

Maka dari itu, penting bagi perusahaan untuk melakukan social listening untuk menggali informasi seputar perusahaan mereka di media sosial. Mendapatkan informasi ini saja tidak cukup, perusahaan juga harus mengelola dan menganalisisnya untuk mengembangkan bisnis mereka. Dengan kemajuan teknologi, perusahaan tidak perlu susah payah menganalisis percakapan online dengan bantuan social listening platform. Simak bagaimana cara meningkatkan bisnis dengan social listening platform di artikel ini!

Apa Itu Social Listening?

Social listening adalah proses “mendengarkan” aktivitas sosial media. Dalam konteks ini, “mendengarkan” berarti melacak, memantau dan menganalisis percakapan yang terjadi di platform media sosial untuk memahami pandangan publik terhadap suatu topik, kata kunci, merek, produk, atau industri tertentu.

Apa Itu Social Listening Platform?

Social listening platform adalah perangkat lunak yang dirancang untuk membantu sebuah perusahaan atau organisasi untuk melakukan social listening terkait perusahaan atau organisasi mereka. Social listening platform dilengkapi oleh fitur-fitur yang memungkinkan bisnis untuk melacak, memantau, dan menganalisis percakapan yang terjadi di media sosial dengan memasukan kata kunci yang terkait dengan merek mereka.

Peran Social Listening Platform bagi Bisnis

  • Memahami Kebutuhan Pelanggan

Melalui social listening platform, bisnis dapat mengetahui berbagai percakapan pelanggan seputar produk atau jasa yang mereka tawarkan. Hal ini akan membantu bisnis untuk mendapatkan informasi seputar kebutuhan, keinginan, dan keluhan yang dihadapi pelanggan mereka, memungkinkan pemahaman audiens yang mendalam yang berguna untuk strategi pengembangan bisnis.

  • Memahami Sentimen Publik terhadap Brand

Salah satu fitur terpenting dalam social listening platform adalah fitur analisis sentimen. Dengan menggunakan fitur ini, bisnis dapat mengetahui persepsi publik terhadap merek dagang mereka. Hal ini dapat membantu bisnis untuk memantau dan mengukur reputasi serta brand awareness. Informasi ini dapat menjadi pertimbangan penting untuk menyusun kampanye promosi dan strategi bisnis lainnya.

  • Memonitor Pesaing

Fitur lain yang ada pada social listening platform adalah fitur monitor pesaing. Dengan fitur ini, perusahaan dapat melacak dan memantau aktivitas pesaing bisnis. Informasi yang didapatkan dari fitur ini dapat digunakan untuk membandingkan kinerja merek dan menyusun kampanye marketing yang sesuai.

  • Melakukan Riset Tren dan Pasar

Satu lagi fitur yang sangat penting dalam social listening platform. Social listening platform memungkinkan perusahaan untuk melakukan riset tren dan pasar. Perusahaan dapat memanfaatkan perangkat lunak ini untuk melacak, memantau, dan juga menganalisis tren yang relevan dan melihat perubahan pasar. Informasi ini dapat menjadi pertimbangan penting dalam penyusunan strategi pengembangan pangsa pasar.

  • Melakukan Manajemen Krisis yang Lebih Efisien

Social listening platform tidak hanya menyediakan informasi seputar percakapan publik terhadap suatu brand, tetapi juga datang dengan fitur notifikasi alert. Fitur ini sangat berguna dalam situasi krisis dimana perusahaan harus bertindak cepat untuk menyelesaikan masalah. Perusahaan akan mendapatkan peringatan secara real-time, memungkinkan identifikasi masalah dan penangan yang lebih efisien.

  • Menjalankan Hubungan Pelanggan yang Efektif dan Tepat Sasaran

Dengan berbagai fitur yang dimiliki social listening platform, perusahaan dapat memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan dengan mendalam. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk mengambil langkah yang sesuai dengan tujuan memenuhi kebutuhan pelanggan dan mencapai kepuasan pelanggan. Dengan begitu, perusahaan dapat membangun dan mempertahankan hubungan pelanggan yang lebih kuat.

Implementasi Social Listening Platform bagi Bisnis

  • Pilih Social Listening Platform yang Tepat

Memilih social listening platform yang tepat adalah hal yang sangat penting. Ada banyak sekali pilihan social listening platform dengan berbagai fitur dan keuntungan yang unik. Pilihlah platform yang sesuai dengan kebutuhan, tujuan, dan anggaran bisnis Anda, memastikan bisnis Anda mendapatkan benefit paling maksimal dari social listening platform.

  • Lakukan Analisis Audiens dan Sentimen

Tujuan implementasi social listening platform adalah untuk melakukan social listening. Lakukan analisis audiens dan sentimen terhadap perusahaan Anda untuk mendapatkan informasi penting seputar apa yang dibicarakan publik tentang perusahaan Anda. Lacak dan kumpulkan data mengenai kebutuhan dan keinginan pelanggan, sekaligus juga opini dan keluhan pelanggan terhadap bisnis Anda dengan social listening platform.

  • Lakukan Monitor Kompetitor

Gunakan social listening platform untuk mengamati aktivitas dan respons pesaing Anda. Social listening platform juga dapat digunakan untuk membandingkan reputasi merek bisnis dengan pesaing.

  • Perhatikan Tren Industri

Social listening platform juga dapat digunakan untuk memantau tren industri dan melakukan riset pasar. Identifikasi tren dan perubahan pasar yang sesuai dengan bisnis Anda untuk mengukur dan mengembangkan relevansi perusahaan di market.

  • Pantau Secara Real-Time dan Respons dengan Cepat

Social listening platform memungkinkan Anda untuk memantau seluruh percakapan di media sosial secara real-time. Dengan melakukan ini, Anda dapat merespons seluruh permintaan, pertanyaan, dan keluhan pelanggan dengan cepat untuk meningkatkan kualitas pelayanan pelanggan dan kepuasan mereka. Selain itu, fitur ini juga dapat membantu Anda untuk menangani krisis dengan cepat, melindungi dan mengembangkan reputasi bisnis Anda.

  • Rancang Kampanye dan Strategi Sesuai Data

Gunakan seluruh informasi yang didapatkan dari percakapan online untuk merancang kampanye dan strategi bisnis. Social listening platform memungkinkan Anda untuk melacak dan menyimpan informasi seputar sentimen, audiens, kompetitor, dan tren yang berkaitan dengan bisnis Anda. Lakukan analisis terhadap data ini untuk mendapatkan wawasan lebih mendalam dan pertimbangkan informasi ini dalam pembentukan kampanye pemasaran yang lebih efektif.

  • Evaluasi Umpan Balik

Setelah merancang strategi bisnis yang sesuai dengan data yang didapat dari social listening platform, lakukan evaluasi secara menyeluruh. Dapatkan feedback internal dan eksternal dan analisis seberapa efektif kampanye yang dilakukan. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui area mana yang harus diperbaiki dan mengambil langkah selanjutnya untuk terus mengembangkan bisnis.

Baca Juga: 5 Alasan Anda Harus Peduli dengan Social Listening

Ripple10: Strategi Mengembangkan Bisnis Anda dengan Optimal

Dengan mengimplementasikan social listening platform secara efektif, bisnis dapat membentuk berbagai strategi pengembangan bisnis yang tepat sasaran. Pemahaman mendalam mengenai kebutuhan pelanggan, aktivitas pesaing, dan dinamika pasar secara keseluruhan dapat membantu perusahaan untuk mempertahankan relevansi yang akan membawa keuntungan jangka panjang. Jika Anda membutuhkan social listening platform andal yang dapat membantu mengembangkan bisnis, Ripple10 adalah solusinya! Ripple10 adalah social listening platform yang terpercaya dan salah satu yang terbaik di Indonesia, dilengkapi dengan berbagai fitur inovatif yang akan membantu Anda mengubah percakapan online menjadi strategi pengembangan bisnis. Hubungi Ivosights sekarang juga dan kembangkan bisnis Anda dengan Ripple10!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami