Dalam dunia bisnis, pemahaman terhadap kompetitor industri merupakan salah satu hal yang penting. Hal ini karena, seiring dengan perkembangan zaman, dunia bisnis menjadi semakin kompetitif sehingga perusahaan harus bisa bergerak secara strategis dan efektif untuk bisa bersaing dengan baik. Untuk mempermudah hal ini, perusahaan dapat menggunakan social listening platform untuk memahami kompetitor industri mereka. Simak artikel ini untuk mengetahui cara-caranya!

Apa Itu Social Listening Platform?

Social listening platform adalah perangkat lunak yang dirancang untuk memantau dan melacak aktivitas di berbagai platform media sosial. Social listening platform dapat membantu perusahaan untuk melacak percakapan digital yang relevan dengan bisnis mereka dan mengubahnya menjadi data yang dapat membantu perusahaan memahami sentimen pelanggan, segmentasi audiens, dan lain sebagainya.

Manfaat Social Listening Platform untuk Bisnis

Berikut beberapa manfaat social listening platform untuk bisnis Anda:

Dengan social listening platform, Anda dapat melacak berbagai informasi yang ada pada platform media sosial dan berita online dengan menggunakan kata kunci tertentu. Dengan melacak informasi terkait perusahaan Anda, Anda dapat memahami percakapan yang dilakukan audiens Anda terkait bisnis Anda. Lewat hal ini, Anda dapat memahami audiens Anda dengan lebih mendalam dan mengetahui apa yang mereka inginkan dari bisnis Anda.

Social listening platform memungkinkan Anda untuk memantau percakapan secara real-time. Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah mengidentifikasi krisis atau keluhan ketika hal tersebut terjadi saat itu juga. Hal ini akan mempercepat proses penanganan dan penyelesaian masalah.

Monitor tren adalah salah satu benefit menggunakan social listening platform. Anda dapat memantau dan menganalisis perubahan tren dalam industri bisnis Anda. Informasi ini akan sangat berguna untuk membuat keputusan bisnis yang baik.

Social listening platform juga memungkinkan Anda untuk melacak aktivitas kompetitor bisnis Anda. Dengan melakukan ini, Anda dapat mempertimbangkan aktivitas kompetitor dalam menyusun strategi kampanye atau pengembangan produk. Hal ini penting untuk memastikan bisnis Anda tetap memiliki keunggulan kompetitif dan satu langkah lebih maju.

Seiringan dengan monitor tren, social listening platform juga memungkinkan Anda untuk melakukan riset pasar dengan mudah. Anda dapat mengetahui perubahan dan perkembangan pasar dan melihat potensi untuk bisnis Anda. Informasi ini dapat digunakan untuk memastikan bisnis Anda tetap relevan dan Anda dapat membangun dan memperluas pangsa pasar bisnis Anda.

Brand awareness adalah hal yang sangat penting untuk keuntungan bisnis jangka panjang. Dengan social listening platform, Anda dapat mengetahui relevansi merek dagang Anda di mata publik. Anda juga dapat membandingkan bagaimana kompetitor dan pihak lain mempertahankan brand awareness mereka dan memanfaatkan informasi ini untuk membangun dan menjaga brand awareness yang kuat untuk bisnis Anda.

Social listening platform memungkinkan Anda untuk mengetahui persepsi pelanggan bisnis Anda tentang produk atau jasa yang ditawarkan. Dengan mengetahui hal ini, Anda dapat  mengevaluasi kualitas pelayanan pelanggan bisnis Anda dan menyusun strategi untuk meningkatkannya. Social listening platform juga memungkinkan Anda untuk merespons pertanyaan dan komentar, serta menangani keluhan pelanggan secara real-time, meningkatkan interaksi dan memperkuat hubungan pelanggan dengan bisnis Anda.

Baca Juga: Meningkatkan Kepuasan Pelanggan dengan Social Listening Platforms

Menggunakan Social Listening Platform untuk Memahami Kompetitor dan Industri Bisnis

Berikut beberapa cara menggunakan social listening platform untuk semakin memahami kompetitor dan industri bisnis:

Anda dapat menggunakan social listening platform untuk melakukan riset pasar. Social listening platform memiliki fitur-fitur yang memungkinkan Anda untuk memahami pasar dengan mengetahui perubahan tren industri serta menganalisis pelanggan atau audiens. Dengan data ini, Anda akan mendapatkan pemahaman mendalam tentang industri dan pasar bisnis Anda sehingga Anda dapat membuat strategi bisnis yang lebih efektif.

Anda juga dapat menggunakan social listening platform untuk melakukan analisis kompetitor. Dalam dunia bisnis, pemahaman terhadap kompetitor bisnis merupakan hal yang penting untuk bisa menghadapi persaingan industri yang semakin ketat. Dengan fitur competitive analysis, social listening platform dapat membantu Anda untuk mengumpulkan data kompetitor secara komprehensif yang dapat membantu bisnis Anda untuk bersaing secara optimal.

Social listening platform juga dapat membantu Anda melakukan analisis kampanye, baik kampanye perusahaan Anda maupun kampanye kompetitor bisnis Anda. Setelah merilis kampanye marketing, Anda dapat memantau sentimen audiens terhadap kampanye tersebut dengan social listening platform.

Baca Juga: Panduan Menggunakan Social Listening Platforms dalam Riset Pasar

Dapatkan Social Listening Platform Terbaik, Ripple10!

Social listening platform dapat membantu perusahaan untuk memantau kompetitor dan perkembangan industri mereka dengan mudah. Dengan melakukan hal ini, perusahaan dapat mengambil langkah strategis dalam bersaing di dunia bisnis dan mencapai keuntungan yang diinginkan. Jika Anda ingin menggunakan social listening platform untuk bisa bersaing secara lebih efektif, Ripple10 adalah jawabannya! Ripple10 adalah social listening platform terlengkap, no. 1 di Indonesia yang dapat membantu Anda mengubah percakapan online menjadi strategi bisnis yang optimal. Hubungi Ivosights sekarang juga dan dapatkan social listening platform terbaik untuk bisnis Anda, Ripple10!