Social Customer Relationship Management: Pengertian Manfaat & Contoh

Sociomation


Penulis : Administrator - Kamis, 29 Desember 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Customer relationship management. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Customer relationship management. Shutterstock.

"Social Customer Relationship Management merupakan strategi dalam pengelolaan hubungan pelanggan dengan menggunakan media sosial"

CRM (Customer Relationship Management) adalah sebuah aplikasi yang berguna untuk membantu mengelola data pelanggan, memudahkan berkomunikasi dengan pelanggan, mengakses informasi, meningkatkan penjualan dan lain sebagainya yang berhubungan dengan bisnis. Dalam CRM juga dikenal isitilah Social CRM. Melalui Social CRM, pelanggan dapat berkomunikasi di media sosial, sehingga tugas customer service bisa sedikit menjadi lebih ringan. Ingin mengetahui lebih lanjut, apa itu social CRM? Silahkan simak artikel ini sampai akhir!

Pengertian Social Customer Relationship Management

Social customer relationship management merupakan strategi dalam pengelolaan hubungan pelanggan dengan menggunakan media sosial sebagai salah satu alat untuk mengelola hubungan dengan pelanggan itu sendiri. Social customer relationship management mencakup penggunaan platform media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan lainnya untuk berkomunikasi dengan pelanggan, mengumpulkan umpan balik dan saran dari pelanggan, serta mengelola dan menganalisis data pelanggan.

Social customer relationship management adalah bagian dari strategi customer relationship management yang lebih luas lagi, yang berfungsi untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap perusahaan. Social customer relationship management memungkinkan perusahaan untuk mengelola hubungan dengan pelanggan secara lebih efektif dan efisien dengan menggunakan teknologi digital. Social customer relationship management juga dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan visibilitas dan citra perusahaan di media sosial, serta mempermudah interaksi dengan pelanggan.

Manfaat Social Customer Relationship Management

Social customer relationship management merupakan strategi yang digunakan untuk mengelola hubungan dengan pelanggan melalui media sosial. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang dapat diperoleh dengan menggunakan social customer relationship management:

  1. Memperkuat hubungan dengan pelanggan: Dengan menggunakan social customer relationship management, perusahaan Anda akan dapat lebih mudah menjalin dan memperkuat hubungan dengan pelanggan melalui interaksi yang terjadi di media sosial.
  2. Menambah kepuasan pelanggan: Social customer relationship management sangat memungkinkan perusahaan Anda untuk lebih cepat dan efektif menangani keluhan atau pertanyaan pelanggan di media sosial, sehingga meningkatkan kepuasan pelanggan.
  3. Mengumpulkan data pelanggan: Dengan social customer relationship management akan membuat perusahaan Anda untuk mengumpulkan data pelanggan yang bermanfaat melalui interaksi di media sosial. Data ini dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman tentang kebutuhan dan preferensi pelanggan, serta untuk menyusun strategi pemasaran yang lebih efektif.
  4. Meningkatkan loyalitas pelanggan: Dengan menggunakan social customer relationship management, perusahaan akan dapat lebih mudah menjadi bagian dari komunitas pelanggan di media sosial dan membangun loyalitas pelanggan dengan menjadi sumber informasi yang bermanfaat dan menangani keluhan pelanggan secara efektif.
  5. Menurunkan biaya: social customer relationship management dapat membantu menurunkan biaya dengan meningkatkan efisiensi dalam menangani keluhan atau pertanyaan pelanggan di media sosial

Contoh Penerapam Social Customer Relationship Management pada Bisnis

  • Social Customer Relationship Management untuk Penjualan           

Social customer relationship management dapat dilakukan untuk melakukan penjualan, karena dapat melacak perkembangan setiap calon pelanggan pada sales funnel yang terdapat di dashboard customer relationship management sosial.

Hal ini, dapat memberikan pengalaman yang personal dan berbeda sesuai dengan kebutuhan setiap pelanggan. Dan dapat meningkatkan penjualan dan pendapatakn pada bisnsi.

  • Hubungan Sosial dengan Calon Pelanggan

Social customer relationship management nyatanya bisa diintegrasikan dengan sistem omni-channel sehingga dapat terhubung dengan berbagai saluran bisnis, misalanya dengan saluran media sosial, dan dapat meningkatkan hubungan sosial antara pelanggan terjalin lebih baik lagi.

  • Social Customer Relationship Management untuk Customer Service

Social customer relationship management dapat melacak dan mengelola interaksi antara pelanggan secara detail dengan mudah. Selain itu, bisnis juga dapat merespon pelanggan dengan lebih cepat dan lebih baik lagi, bahkan mengantisipasi kebutuhan para pelanggan ke depannya.

Dapatkan Social Customer Relationship Management Terbaik dari Ivosights!

Ivosights menyediakan platform digital untuk pengelolaan data dan re-engagement pelanggan yang dinamakan Sociomation. Adalah Automation Social Customer Relationship Management berbasis skenario. Sociomation membantu Anda mengelola, memanfaatkan ulang data pelanggan, hingga evaluasi brand campaign yang selama ini telah dilakukan. Beragam fitur dihadirkan Sociomation, yakni:

  • Leads Management. Berfungsi menyimpan data pelanggan berbasis brand, memudahkan pengelompokan dan menganalisis konsumsi pelanggan terhadap brand yang diinginkan.
  • Data Enrichment. Merupakan platform yang dapat terhubung langsung dengan big data, sehingga secara otomatis akan memperkaya data pelanggan dengan profile behavior secara lengkap.
  • Segmentation. Berfungsi mengelompokan data secara otomatis berdasarkan karakteristik pelanggan secara lengkap dan real time/online.
  • Retargeting Scenario. Berfungsi menjalankan simulasi campaign melalui beragam media (omni-channel) secara presisi oleh pelaku bisnis.
  • Scenario Performance Report. Berfungsi melaporkan dan menganalisis performance lengkap dari berbagai scenario campaign yang dijalankan atau disimulasikan.

Dengan fitur-fitur unggulan ini menjadikan Sociomation sebagai Social CRM terbaik dalam melayani pelanggan. Jika Anda tertarik untuk mencoba silakan kunjungi website resmi kami di ivosights.com.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami