5 Kegunaan Sistem Telekonferensi untuk Layanan Pelanggan

Sociomile


Penulis : Administrator - Selasa, 04 Juli 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Telekonferensi. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Telekonferensi. Shutterstock

"Inilah beberapa kegunaan sistem telekonferensi untuk mudahkan operasional layanan pelanggan."

Perusahaan perlu menerapkan berbagai cara untuk memudahkan interaksi antar pelanggan dengan perusahaan dalam bidang layanan pelanggan. Di sinilah peran sistem telekonferensi dalam layanan pelanggan menjadi sangat penting karena memfasilitasi interaksi langsung antara keduanya melalui panggilan suara atau video call. Dengan bantuan sistem ini, Anda dapat meningkatkan kualitas layanan serta kepuasan pelanggan. Sebelum membahas lebih jauh bagaimana pentingnya sistem telekonferensi bagi layanan pelanggan, akan lebih baik apabila Anda mengetahui terlebih dahulu tentang sistem ini.

Pengertian Sistem Telekonferensi

Sistem telekonferensi merupakan sebuah teknologi yang memudahkan tim untuk mengadakan pertemuan jarak jauh dengan pihak luar melalui panggilan suara atau video. Sistem ini memanfaatkan perangkat komunikasi jarak jauh seperti telepon dan komputer yang terhubung dengan jaringan internet. Dengan ini, penggunanya dapat berinteraksi secara real-time, berbagi informasi, dan bekerja sama tanpa harus berada di tempat yang sama.

Baca juga: Pengertian dan Manfaat Virtual Call Center Bagi Bisnis Anda

Manfaat Sistem Telekonferensi untuk Layanan Pelanggan

  • Komunikasi Langsung dan Interaktif

Sistem telekonferensi memudahkan pelanggan untuk berkomunikasi langsung dengan tim layanan pelanggan secara real-time sehingga mempercepat proses komunikasi dan mengurangi kesalahpahaman yang mungkin terjadi melalui komunikasi tertulis.

  • Akses yang Mudah dan Nyaman

Dengan menggunakan sistem telekonferensi, pelanggan dapat menghubungi layanan pelanggan tanpa harus datang ke customer service atau menunggu antrian telepon. Pelanggan akan merasa nyaman dan memiliki kebebasan untuk mengatur waktu panggilan yang sesuai dengan waktu luangnya.

  • Resolusi Masalah yang Cepat

Dengan sistem telekonferensi, tim layanan pelanggan dapat berkomunikasi secara langsung dengan pelanggan. Para agen dapat memberikan panduan, menjelaskan solusi, atau bahkan memperbaiki masalah secara langsung bahkan dari jarak jauh sekalipun. Pelanggan akan merasa puas karena diberikan solusi yang efektif tanpa harus mengeluarkan biaya dan waktu tambahan.

  • Kolaborasi yang Efektif

Sistem telekonferensi menjadi sarana yang efektif yang memudahkan pelanggan dan tim pelayanan untuk dapat berbagi informasi, presentasi, atau dokumen melalui fitur share screen. Kolaborasi antar kedua belah pihak ini membantu meningkatkan kualitas layanan dan mempercepat proses bisnis.

  • Peningkatan Kepuasan Pelanggan

Sistem telekonferensi membantu menghargai, memprioritaskan, dan memberikan solusi yang tepat dan cepat bagi pelanggan. Dengan adanya sistem ini, perusahaan akan mudah meningkatkan citra mereka, membangun hubungan yang baik dengan pelanggan, dan meningkatkan loyalitas pelanggan dalam jangka panjang.

Tips Mengoptimalkan Sistem Telekonferensi untuk Layanan Pelanggan

  • Menggunakan Platform yang Handal

Pilihlah platform pendukung telekonferensi yang berkualitas untuk menghasilkan kualitas panggilan yang baik. Pastikan juga platform tersebut mampu menampung peserta dalam jumlah banyak dan dilengkapi dengan fitur-fitur yang diperlukan untuk layanan pelanggan.

  • Pelatihan untuk Perwakilan Layanan Pelanggan

Sediakan pelatihan relevan kepada tim layanan pelanggan. Pelatihan ini dapat mengangkat topik tentang penggunaan sistem telekonferensi, fitur-fitur platform, tata cara panggilan, dan etika komunikasi dalam lingkungan telekonferensi.

  • Penjadwalan yang Efisien

Gunakan fitur penjadwalan dalam sistem untuk menjadwalkan pertemuan dengan pelanggan. Jadwal ini hendaknya disesuaikan dengan kebutuhan dan ketersediaan pelanggan serta tim layanan pelanggan.

  • Perhatikan Kualitas Koneksi

Pastikan koneksi internet sudah stabil untuk menghindari gangguan atau terputusnya panggilan secara mendadak. Jika memungkinkan. lakukan perbaikan terhadap masalah koneksi yang ada sebelum memulai panggilan.

  • Evaluasi dan Perbaikan

Lakukan evaluasi secara rutin terhadap penggunaan sistem telekonferensi untuk layanan pelanggan. Kumpulkan feedback dari pelanggan maupun tim layanan pelanggan, identifikasi area yang perlu ditingkatkan dan lakukan perbaikan untuk memaksimalkan tingkat kepuasan pengguna.

Baca juga: Cara Kerja dan Fitur-Fitur dalam Virtual Call Center

Dukung Pengintegrasian Sistem Telekonferensi dengan CRM Perusahaan Anda!

Dengan berbagai kemampuan yang dimiliki, sistem telekonferensi bisa membantu perusahaan untuk meningkatkan kualitas layanan dan membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan. Jika Anda menerapkan tips untuk mengoptimalkan penggunaan sistem ini dalam layanan pelanggan, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi operasional dan meraih keunggulan kompetitif dalam layanan pelanggan.

Platform telekonferensi ini dapat diintegrasikan dengan platform pendukung bisnis lainnya, salah satunya platform CRM. Adanya integrasi ini memudahkan perusahaan untuk melakukan interaksi dengan pelanggan. Dengan begitu, loyalitas dan kepercayaan pelanggan terhadap brand perusahaan tersebut akan terjaga sepenuhnya. Anda juga dapat menggunakan sistem ini untuk meningkatkan penjualan produk atau layanan perusahaan juga melalui teknik telesales serta telemarketing. Pengisian survey secara online pun bisa dikelola dan dipantau dengan mudah menggunakan aplikasi ini.

Untuk itu, milikilah sistem CRM yang mendukung API Integration untuk mendapatkan sejumlah keuntungan di atas. Anda juga bisa menggunakan Sociomile sebagai sistem contact center omni-channel yang mengintegrasikan 13 platform digital dan voice dalam satu dashboard utama. Sistem ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur andalan seperti custom workflow dan asisten virtual bernama Sociobot. Jika Anda masih memerlukan saran untuk pengembangan layanan pelanggan Anda, lakukan konsultasi dengan menghubungi Ivosights sekarang!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami