Apa Itu Hastag dan Perannya dalam Digital Marketing

Ripple10


Penulis : Administrator - Kamis, 29 September 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Hastag. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Hastag. Shutterstock.

"Hastag merupakan kata lain dari tagar yaitu penyebutan frasa kata kunci tetap dieja tanpa spasi dengan tanda pagar di depannya."

Pasti kalian sudah tidak asing lagi bukan dengan hastag? Hastag merupakan salah satu hal yang tidak bisa kalian lewatkan apalagi jika kalian berada di lingkungan media sosial yang cukup masif dalam pembagian informasi. Atau mungkin kalian salah satu pengguna hastag pada saat bermain media sosial? Sangat memiliki dampak, bukan? Pada artikel ini kita akan membahas apa pengertian hastag, peran dan juga cara kerja hastag itu sendiri khususnya di dunia digital marketing dan media sosial.

Apa itu Hastag?

Hastag merupakan kata lain dari tagar yaitu penyebutan frasa kata kunci tetap dieja tanpa spasi dengan tanda pagar di depannya. Contohnya #Ivosight #ApaItuHastag.

Biasanya hastag digunakan pada media sosial. Ketika kamu akan mencari sesuatu, kamu tinggal mengetik kata kunci dan tidak lupa diawali tanda pagar di depannya (#). Hastag ini pertama kali dipakai pada media sosial Twitter, lalu merambah ke media sosial lainnya seperti Facebook, Instagram, Pinterest dan saat ini sedang marak di TikTok.

Apa Tujuan dari Hastag?

Tujuan dari hastag adalah memudahkan siapapun untuk mendapatkan berbagai informasi, konten ataupun sesuatu yang sedang ia butuhkan tetapi ia bingung untuk memulai darimana. Dengan hastag, ketika kita ketik tanda pagar di depannya dengan kata kunci selanjutnya maka semua informasi yang kita akan lihat ataupun butuhkan seketika muncul setelah kita klik enter. Hingga saat ini informasi paling mudah dicari dengan hastag masih dipegang oleh media sosial Twitter.

Bagaimana Cara Kerja Hastag?

Jika seseorang menggunakan hastag untuk mencari sesuatu yang ingin mereka lihat, maka beginilah cara kerja hastag. Ketika sesuatu terjadi, misal ada bencana tsunami di sebuah daerah lalu kamu mengetik hastag #Tsunami(nama daerah) maka langsung muncul beberapa video, gambar ataupun cuitan terkini mengenai tsunami di daerah tersebut dengan sangat cepat. Maka dari itu, tiap harinya media sosial twitter sering dibanjiri hal-hal yang sedang hangat diperbincangkan oleh netizen atau yang sering kita sebut dengan viral berkat hastag yang ramai-ramai mereka tulis dan mereka kunjungi pada lamannya.

Peran Hastag dalam Digital Marketing

Hastag adalah salah satu faktor mengapa brand dapat dengan mudah ditemukan. Peran hastag dalam dunia bisnis tentunya sangat berpengaruh terhadap keberjalanan penjualan dan publikasi secara masif khususnya untuk bisnis online. Hastag terdiri atas kata, frasa ataupun judul tertentu untuk mengelompokkan postingan dan kontenĀ  Hastag sering digunakan untuk pengelompokan kategori produk bisnis tersebut, agar calon konsumen yang akan membeli bisa melihat terlebih dahulu persediaan melalui hastag tersebut. Metode inilah yang sangat membantu calon pembeli dalam menemukan barang yang akan mereka cari. Kamu cukup mencari nama kategori tersebut maka apa yang kamu cari akan muncul.

Selain itu, hastag dapat meningkatkan branding bisnis. Brand bisnismu akan mudah ditemukan orang ataupun calon pembeli yang akan mencari tahu tentang produkmu sebelum mereka membelinya. Itulah mengapa beberapa brand menerapkan hastag yang spesifik dan eksplisit untuk produknya.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami