12 Rekomendasi Sentiment Analysis Tools untuk Jaga Stabilitas Bisnis

Ripple10


Penulis : Administrator - Selasa, 23 April 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - Sentiment Analysis Tools. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - Sentiment Analysis Tools. Shutterstock.

"Telusuri rekomendasi sentiment analysis tools terbaik yang dapat maksimalkan upaya penjagaan reputasi brand di kancah digital!"

Menjaga reputasi brand perlu dilakukan perusahaan untuk menjaga stabilitas bisnis. Era perkembangan teknologi menimbulkan beberapa kasus yang berpotensi merusak reputasi, seperti penyebaran hoaks, ujaran kebencian, review buruk mengenai perusahaan, dan bentuk krisis digital lainnya. Oleh karena itu, perusahaan dapat melakukan analisis sentimen untuk mengantisipasi hal tersebut. Terdapat beberapa macam sentiment analysis tools yang dapat digunakan perusahaan. 

Apa itu Sentiment Analysis Tools? 

Sentiment analysis tools merupakan alat yang dipakai perusahaan, lembaga, atau pelaku bisnis untuk memantau percakapan online yang berlangsung di media sosial, blog, forum daring, dan platform digital lainnya. Penggunaan alat ini bertujuan untuk menjaga perusahaan supaya tetap terinformasi mengenai tren terbaru dan memahami topik-topik yang sedang dibicarakan oleh masyarakat, baik yang terkait dengan industri di mana perusahaan beroperasi maupun informasi spesifik tentang perusahaan itu sendiri, seperti layanan atau produk yang mereka tawarkan.

Tak hanya memantau percakapan online, alat ini dapat mengkategorikan percakapan digital pada kategori sentimen positif, negatif, atau netral. Perusahaan dapat melakukan analisis ini terhadap berbagai jenis teks, mulai dari data mentah, postingan media sosial, ulasan pelanggan, artikel berita, hingga hasil survei. Analisis sentimen ini berkaitan dengan komponen linguistik yang terdeteksi dalam data tersebut. Oleh karena itu, beberapa perusahaan menggunakan sentiment analysis tools yang dilengkapi dengan kemampuan identifikasi bahasa informal atau slang words, serta kemampuan untuk mendeteksi beberapa bahasa sekaligus. Pada tahap akhir penggunaan sentiment analysis tools, biasanya perusahaan dapat melakukan koreksi data secara manual jika ada data yang tidak sesuai dengan kategori sentimen positif, negatif, atau netral.

Baca Juga: Pemanfaatan Sentiment Analysis Tools dalam Riset Pemasaran 

Rekomendasi Sentiment Analysis Tools Terbaik

Beberapa rekomendasi sentiment analysis tools terbaik adalah sebagai berikut:

  • Ripple10

Ripple10 merupakan sentiment analysis tools asal Indonesia yang sudah digunakan oleh berbagai macam brand besar, seperti PT Kai, Bali United, Alfamart, hingga Indofood. Perangkat ini memiliki berbagai macam fitur yang saling melengkapi satu sama lain sehingga efektif untuk digunakan dalam memahami konsumen, mengetahui kompetisi dan tren pasar, juga mengawasi persepsi dan mengetahui respon masyarakat terhadap produk atau layanan yang ditawarkan. Ripple10 juga menawarkan fasilitas integrasi dengan software CRM (Customer Relationship Management), Sociomile. 

  • Hootsuite Insights

Hootsuite Insights merupakan sentiment analysis tools yang dapat membantu audiens untuk meningkatkan strategi penjualan brand. Alat ini dapat diintegrasikan dengan mudah di berbagai media sosial, sehingga cakupan data digital sangatlah luas. Untuk memudahkan pengguna, alat ini menyediakan filter untuk mencari data dengan kustomisasi tanggal, demografi, dan geografi untuk hasil yang lebih terpadu.

  • Awario

Awario merupakan perusahaan yang bergerak di bidang servis pemasaran yang dibuat pada tahun 2015. Awario menawarkan sentiment analysis tools yang dapat digunakan perusahaan untuk memantau brand mention di kancah digital. Dengan menggunakan alat ini, perusahaan dapat mengetahui siapa saja yang sering membicarakan brand, serta dapat langsung membalas komplain atau pertanyaan dari pelanggan pada alat tersebut. Tak hanya itu, perusahaan dapat juga mengukur pertumbuhan dan popularitas brand dengan analitik bawaan aplikasi.

  • Aylien

Aylien menawarkan produk sentiment analysis tools bernama News API. Alat ini bermanfaat untuk mengumpulkan insights tersembunyi mengenai bisnis. Dilengkapi dengan UI/UX yang simpel dan didukung oleh artificial intelligence (AI), alat ini merupakan solusi terbaik perusahaan. News API juga didukung oleh NLP models atau natural language processing untuk mengkombinasikan bahasa komputer, machine learning, dan memproses bahasa manusia secara natural. Sehingga, sentiment analysis tools dapat digunakan untuk memproses data percakapan dengan maksimal.

  • Clarabridge

Clarabridge Analytics, produk sentiment analysis tools dari Clarabdrige, menawarkan fasilitas pengumpulan data interaksi dan feedback dari pelanggan ke dalam satu platform. Alat ini didukung oleh artifiical intelligence (AI) dan Natural Language Understanding (NLU) untuk mengevaluasi percakapan. Produk ini akan menghasilkan insights mengenai loyalitas, emosi pelanggan, dan akar penyebab perubahan churn rate. Insights ini dapat membantu perusahaan untuk mengambil keputusan yang berkaitan dengan operasional bisnis.

  • Repustate

Repustate menyediakan solusi analisis sentimen untuk customer experience (CX) atau pengalaman pelanggan, employee experience (EX) atau pengalaman karyawan, dan patient experience (PX) atau pengalaman pasien. Dengan platform bertenaga AI, Reputstate memberikan analisis sentimen teks dan video secara mendalam dari TikTok, Douyin, YouTube, Twitch, Instagram, dan lainnya. Alat ini dapat menganalisis data secara native dalam 23 bahasa dan dialek.

  • Talkwalker’s Quick Search

Talkwalker’s Quick Search memungkinkan pengguna untuk menemukan ide konten, mendeteksi influencer atau KOL, dan memahami tren audiens. Alat ini dapat mengukur engagement, volume, sentimen, demografis dan geografis. Tak hanya itu, pengguna dapat membandingkan beberapa brand dan topik sekaligus untuk hasil yang maksimal.

  • MeaningCloud

MeaningCloud menyediakan sentiment analysis tools dimana pengguna dapat mengekstrak percakapan di media sosial, ulasan produk di forum, dan situs web lain dalam jumlah ribuan, bahkan ratusan ribu. Produk ini memungkinkan pengguna untuk memproses data dalam jumlah besar dengan akurasi dan konsistensi yang tinggi, juga biaya rencah. Analisis dapat dilakukan dari berbagai konten multimedia dari berbagai bahasa.

  • Social Searcher

Social Searcher memungkinan pengguna untuk mencari konten di jejaring sosial secara real-time dan mengakses data analitik mendalam. Fitur pada sentiment analysis tools ini meliputi pemantauan brand mention, pemberitahuan melalui E-Mail, integrasi API, hingga analisis data lanjutan.

  • Brandwatch

Brandwatch menyediakan sentiment analysis tools berkualitas yang mengutamakan pada analisis linguistik dan pemrosesan bahasa. Tim di Brandwatch mengembangkan pendekatan NLP (Natural Language Processing) secara manual dan otomatis untuk meningkatkan akurasi. Brandwatch menyediakan total 14 bahasa yang dapat terdeteksi.

Baca Juga: Optimalkan Keputusan Bisnis dengan Sentiment Analysis Tools

Berminat Menjaga Reputasi Brand dengan Sentiment Analysis Tools? Segera Hubungi Ivosights!

Dapatkan manfaat dan keunggulan Ripple10 dari Ivosights! Ripple10 merupakan sentiment analysis tools yang sangat cocok untuk dipakai pelaku bisnis yang ingin menjaga reputasi brand-nya. Ripple10 dapat mendeteksi dan menangkap percakapan dari lebih dari 6000 sumber media nasional, baik online maupun offline. Dengan fitur-fiturnya yang beragam, Ripple10 didapuk sebagai platform pemantauan percakapan digital paling lengkap nomor 1 di Indonesia. Tertarik? Segera hubungi Ivosights dan rasakan manfaatnya!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami