Cari tren Terbaik untuk Mengembangkan Bisnis dengan Sentiment Analysis

Ripple10


Penulis : Administrator - Senin, 10 April 2023
Ket: Ilustrasi - Sentiment analysis. Shutterstock
Ket: Ilustrasi - Sentiment analysis. Shutterstock

"sentiment analysis merupakan cara atau cara pengusaha sebagai pelaku bisnis untuk mengenal customer dari berbagai macam opini dan asumsi mereka di media sosial!"

Dalam suatu bisnis sebuah opini atau ulasan mengenai produk atau jasa yang diperjualkan sangatlah penting. Dengan mengetahui sudut pandang dari beberapa individu, para pengusaha dapat melihat kekurangan sampai kelebihan dari produk atau jasa yang mereka miliki yang tidak terlihat sebelumnya. Dalam kasus ini, pengusaha diharuskan memperhatikan sebuah opini dari pelanggan atau customer baru mereka terutama. Dengan melakukan sentiment analysis, pengusaha dapat menjadi bahan pengembangkan bisnis yang mereka jalani.

Apa Itu Sentiment Analysis

Sentiment analysis pada suatu bisnis merupakan sebuah proses pengolahan, pengumpulan, dan analisis sebuah data yang dilakukan pengusaha untuk memahami sentiment atau opini pelanggan terhadap produk, jasa, layanan, sampai perusahaan para pebisnis itu sendiri. Dengan melakukan analisis tersebut, para pengusaha perlu menggunakan platform khusus untuk melakukan sentiment analysis yaitu dengan menyaring dan mengekstrak sentiment dari para pelanggan dalam bentuk teks atau data media sosial.

Kemajuan teknologi komunikasi menjadikan analisis mengenai sentimen menjadi sangat mudah. Berbeda dengan era sebelum munculnya banyak platform media sosial, suatu bisnis tidak dapat atau kurang mengetahui banyaknya sentiment dari customer secara langsung. Mereka dapat mengetahui sentiment analysis hanya dari ulasan langsung atau dari sebuah media cetak saja seperti koran, majalah, dan sebagainya. Hal tersebut cukup memakan waktu untuk melakukan analisis, karena pada dasarnya media cetak tidak berbentuk instan.

Baca Juga: Sentiment Analysis, Strategi Branding Bagi Perusahaan

Banyak sekali perusahaan atau bisnis yang menjadi turun atau bangkrut karena kurangnya melakukan sentiment analysis. Pada era ini, satu ulasan atau pendapat seseorang saja dapat mempengaruhi keinginan serta minat kebanyakan orang. Setiap pelanggan memiliki karakter yang berbeda dan beragam, seperti ekspektasi, kebutuhan, serta budget yang berbeda. Tidak banyak juga pelanggan yang gampang goyah dalam pendiriannya karena telah mendengar atau melihat ulasan dari beberapa pelanggan atau hanya satu pelanggan saja. Maka dari itu, satu sentimen saja sangat penting bagi berjalannya suatu bisnis. Dengan kata lain pengusaha harus dapat mengimbangi serta mendengarkan berbagai saran dan kritik hanya dari melihat sebuah opini dan ulasan dari media sosial. Namun sebuah hasil sentiment analysis tidak lah selalu buruk, dapat juga baik. Namun yang penting diketahui ialah bagaimana sebuah hasil sentiment analysis buruk atau salah.

Faktor Mengapa Hasil Sentiment Analysis Buruk atau Salah

  • Keterbatasan Teknologi

Meskipun sebuah teknologi yang digunakan untuk sentiment analysis telah berkembang pesat saat ini, pastinya masih terdapat keterbatasan dalam kemampuan teknologi tersebut dalam kemampuannya memahami serta menganalisis bahasa manusia. Oleh karena itu, hasil dari sentiment analysis dapat terpengaruh oleh kesalahn dan kekurangan teknologi yang dimiliki. Maka dari itu, memilih platform untuk sentiment analysis sangat lah penting.

  • Tidak Semua Data Dapat Diakses

Sentiment analysis memperlukan akses kepada data yang relevan, seperti suatu ulasan customer dan postingan pada media sosial. Namun, tidak semua bentuk data tersebut dapat diakses dan dikumpulkan oleh seorang pengusaha. Hal tersebut dapat sangat memberikan batas pada kemampuan pengusaha dalam melakukan sentiment analysis secara menyeluruh.

  • Kurangnya Memahami Konteks

Sentiment analysis juga perlu untuk memahami konteks dari teks atau ulasan tersebut mengapa dibuat oleh customer. Tanpa konteks yang tepat, hasil dari sentiment analysis dapat menjadi salah atau tidak akurat. Contohnya seperti sebuah ulasan negatif mengenai produk mungkin terjadi karena pengguna tidak memahami cara menggunakan produk tersebut dengan tepat dan benar.

  • Kurangnya Keterampilan Interpretasi Data

Sentiment analysis dapat menghasilkan data yang sangat komplek. Jika pengusaha tidak memiliki keterampilan atau pengalaman dalam membaca serta memahami sebuah data, maka dapat membuat kesalahan dalam interpretasi dari hasil analisis yang dibuat dan akan membuat sebuah keputusan yang salah.

  • Tidak Semua Sentimen Dapat Diukur

Sentiment yang dilakukan para customer seringkali sulit untuk diukur. Beberapa opini atau sentiment mungkin tidak dapat diukur dengan akurat menggunakan teknologi saat ini karena terlalu kompleks

Baca Juga: Sistem Kerja Sentiment Analysis dalam Mengambil Data

Alasan Penting Melakukan Sentimen Analysis

  • Meningkatkan Pemahaman Tentang Pelanggan

Sentiment analysis dapat membantu pengusaha untuk memahami pandangan dan apa yang dirasakan oleh customer mereka terhadap produk atau jasa yang mereka miliki. Dengan memahami prespektif dari customer, sebuah bisnis dapat meningkatkan produk dan layanan mereka dan membuat keputusan strategis yang lebih baik.

  • Meningkatkan kepuasan pelanggan

Dengan menggunakan sentiment analysis, suatu bisnis dapat menanggapi feedback dari customer dengan lebih efektif dan cepat.

  • Meningkatkan Reputasi Bisnis

Sentiment analysis dapat membantu suatu bisnis untuk memantau opini publik mengenai produk mereka. Dengan mengetahui berbagai sentiment yang terkandung dalam ulasan secara online, maka pengusaha dapat mengambil tindakan yang sesuai untuk meningkatkan citra bisnis mereka.

  • Meningkatkan efisiensi operasional

Sentiment analysis dapat membantu pengusaha melakukan analisis dengan otomatis dan mempercepat pemrosesan data. Hal tersebut dapat membantu bisnis untuk meningkatkan efisiensi operasional mereka dan mengambil keputusan secepat mungkin.

Dapatkan Tren Terbaik dengan Platform untuk Sentiment Analysis di Ivosights

Dengan melakukan sentiment analysis, sebuah usaha dapat dikembangkan dengan mengetahui tren yang terjadi dari para customer lewat opini mereka. Namun, dalam melakukan analisis tersebut memerlukan teknologi yang baik agar lebih akurat. Ivosights menghadirkan platform yang dapat anda lakukan untuk bisnis anda. Segera konsultasikan!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami