Seberapa Penting Lead Management dalam Bisnis?

Sociomation


Penulis : Administrator - Rabu, 03 Agustus 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Lead management. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Lead management. Shutterstock.

"Untuk menghasilkan lead diperlukan analsisis pelanggan terhadap sebuah brand. Ini salah strategi untuk memajukan bisnis."

Berbisnis bukanlah hal yang mudah, jika sekarang Anda sedang merintis bisnis, Anda tentu perlu menyusun strategi untuk memajukan bisnis Anda dengan cara meningkatkan penjualan. Lalu, bagaimana caranya agar penjualan bisa meningkat?

Anda perlu melakukanan analisis pelanggan terhadap brand Anda agar bisnis Anda menghasilkan Lead (pelanggan). Namun, untuk menghasilkan lead tersebut tidaklah mudah karena dibutuhkan dana yang banyak untuk melakukan kegiatan pemasaran. Kebanyakan Lead pemasaran yang masuk tidak pernah dilakukan follow-up secara cepat. Bahkan, diperkirakan bahwa 80% prospek yang dihasilkan melalui pemasaran hilang, dibuang atau diabaikan.

Hal ini tentu akan merugikan bisnis Anda. Oleh karena itu, Anda perlu mencegah kerugian ini agar tidak terjadi. Bagaimana caranya? Tentu saja dengan memanfaatkan teknologi digital. Berkat kemajuan teknologi, kini banyak perusahaan-perusahaan yang menciptakan fitur lead management untuk memudahkan bisnisnya.

Lalu, seberapa penting fitur lead management terhadap sebuah bisnis? Pertama, dengan adanya fitur ini Anda sudah dapat menghemat biaya untuk melakukan kegiatan pemasaran. Kedua, Anda dapat meminimalisir waktu dalam melakukan pendekatan kepada lead.

Apa Itu Lead Management?

Melansir dari Big Commerce, lead management adalah proses mendapatkan sekaligus mengelola calon pelanggan (lead) untuk penjualan bisnis. Tujuan proses ini adalah untuk menarik calon pelanggan dan membuat mereka melakukan aksi, berupa pembelian dalam tahapan pemasaran, sekaligus meningkatkan angka konversi.

Setelah menemukan lead yang potensial, selanjutnya adalah tugas tim sales untuk membantu mewujudkan lead conversion, sehingga tim marketing dan tim sales memegang peran krusial untuk kesuksesan proses lead management.

Keuntungan Lead Management

Selain itu, fitur lead management juga memiliki banyak manfaat yang dapat menguntungkan bisnis Anda. Beberapa keuntungan tersebut, yaitu:

  • Lead Organization. Anda dapat mengelompokkan dan menganalisa data lead Anda secara terorganisir.
  • Waktu Respon. Dengan menggunakan fitur lead management Anda dapat memberikan respon yang cepat dan tanggap kepada para lead, sehingga lead Anda tidak beralih ke brand lain.
  • Distribusi Lead. Fitur lead management memudahkan distribusi lead dalam mengoptimalkan sales dengan mendistribusikan lead ke tim Sales yang tepat secara tepat waktu. Proses distribusi membantu mengoptimalkan efisiensi tim penjualan dan mengurangi risiko kerugian.
  • Lead Tracking. Perusahaan dapat menentukan posisi lead dalam sales pipeline secara real-time sehingga perusahaan dapat mengatur jadwal Lead untuk kegiatan webinar atau e-book gratis. Melalui fitur Lead Management maka perusahaan sudah memberikan pelayanan manajemen yang lebih baik.
  • Build and Maintain The Relationship. Fitur lead management memudahkan sales dalam melakukan pendekatan kepada lead, sehingga lead menjadi lebih cepat akrab dengan brand-nya dan berinisiatif untuk membeli atau berlangganan.

Semua keuntungan ini bisa Anda dapatkan dengan memilih fitur lead management yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Sociomation salah satunya. Sociomation menyediakan fitur lead management yang mampu membantu perusahaan Anda untuk mendapatkan Lead yang lebih banyak lagi. Fitur ini mampu melakukan penyimpanan data Lead berbasis brand, memudahkan pengelompokan dan menganalisis konsumsi lead terhadap brand yang diinginkan. Jika Anda tertarik dengan fitur lead management Sociomation, silakan mengunjungi website resmi di  Sociomation

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami