Mengenal Lebih Dekat Salesforce Customer Relationship Management

Sociomile


Penulis : Administrator - Senin, 26 Desember 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Customer relationship management. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Customer relationship management. Shutterstock.

"Salesforce CRM (Customer Relationship Management) merupakan platform cloud computing yang membantu perusahaan mengelola hubungan dengan pelanggan"

Salesforce membantu ribuan perusahaan di seluruh dunia mengidentifikasi peluang baru, mendorong marketing campaign, mengelola dan memanfaatkan data pelanggan, dan meningkatkan komunikasi (internal dan eksternal). Untuk dapat memaksimalkan hal tersebut, produktivitas kerja dapat dicapai dengan menggunakan software berbasis CRM. Atau sering disebut sebagai Salesforce CRM (Customer Relationship Management). Untuk mengetahui lebih dalam mengenai Salesforce Customer Relationship Management. Silahkan simak artikel ini sampai akhir ya.

Apa Itu Salesforce CRM?

Salesforce merupakan divisi, tim atau karyawan yang ada pada suatu perusahaan yang mempunyai tugas dan tanggung jawab dalam proses penjualan produk dan jasa (service). Kegiatan rutin yang dilakukan ini ialah mengunjungi atau menelepon pelanggan dan calon pelanggan.

Jadi, dapat diartikan bahwa salesforce adalah seorang tenaga penjual. Jadi, tugas utama dari posisi ini adalah mengatur strategi penjualan, serta mengelola teknologi untuk meningkatkan penjualan produk atau untuk menggerakkan bisnis perusahaan. Untuk dapat memaksimalkan hal tersebut, produktivitas kerja dapat dicapai dengan menggunakan software berbasis customer relationship management. Atau sering disebut sebagai salesforce customer relationship management.

Salesforce customer relationship management merupakan platform cloud computing yang membantu perusahaan mengelola hubungan dengan pelanggan. Platform ini menyediakan berbagai fitur dan alat yang akan membantu perusahaan Anda dalam mengelola dan mengikuti upaya pemasaran, mengelola data pelanggan, serta meningkatkan efisiensi proses penjualan.

Komponen dalam Salesforce CRM Customer Relationship Management

Salesforce Customer Relationship Management terdiri dari beberapa komponen utama, di antaranya:

  1. Dashboard: Dashboard merupakan halaman utama salesforce customer relationship management yang menampilkan statistik penting dan informasi terkini mengenai bisnis. Dashboard bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda dan menyediakan akses cepat ke data pelanggan, penjualan, dan laporan.
  2. Aplikasi pengelolaan lead: Aplikasi ini sangat membantu perusahaan Anda ketika mengelola dan mengikuti upaya pemasaran secara terorganisir. Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur seperti formulir kontak, landing page, dan alat automasi pemasaran untuk mengirimkan pesan promosi kepada leads yang terkumpul.
  3. Aplikasi penjualan: Aplikasi akan membantu perusahaan Anda ketika mengelola proses penjualan, mulai dari mengumpulkan leads hingga mengirimkan penawaran dan menyelesaikan transaksi. Aplikasi ini menyediakan fitur seperti negosiasi harga, pembuatan kontrak, dan pemantauan pelanggan setelah terjual.
  4. Aplikasi pelayanan pelanggan: Aplikasi ini membantu perusahaan mengelola keluhan dan pertanyaan. Aplikasi ini juga memungkinkan perusahaan untuk mengelola dan mengikuti tiket pelayanan pelanggan, serta menyediakan laporan dan analisis untuk membantu meningkatkan pelayanan pelanggan.

Manfaat Salesforce Customer Relationship Management

Salesforce customer relationship management memiliki berbagai manfaat yang dapat memberikan nilai bagi perusahaan yang menggunakannya. Berikut ini adalah beberapa poin manfaat salesforce customer relationship management:

  • Menyediakan Platform yang Terintegrasi

Salesforce customer relationship management menyediakan platform yang terintegrasi untuk mengelola dan meningkatkan interaksi dengan pelanggan, termasuk mengelola dan mengikuti tiket pelayanan pelanggan, menyediakan laporan dan analisis untuk membantu meningkatkan pelayanan pelanggan, dan menyediakan fitur kolaborasi yang memungkinkan tim pelayanan pelanggan untuk bekerja sama dan bertukar informasi untuk menyelesaikan masalah pelanggan dengan cepat dan efisien.

  • Meningkatkan Penjualan dan Peningkatan Laba

Salesforce customer relationship management bemanfaat bagi perusahaan Anda karena dapat meningkatkan penjualan dengan memberikan visibilitas yang lebih baik terhadap prospek dan pelanggan, dan membantu mengelola dan meningkatkan hubungan dengan pelanggan yang ada. Ini juga membantu perusahaan meningkatkan laba dengan membantu meningkatkan efisiensi dan produktivitas tim penjualan, serta membantu meningkatkan upsell dan cross-sell dengan memberikan informasi yang lebih baik tentang pelanggan.

  • Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Salesforce customer relationship management juga bermanfaat dalam membantu perusahaan agar meningkatkan kepuasan pelanggan dengan memungkinkan perusahaan untuk mengelola dan menangani pertanyaan, keluhan, dan permintaan dari pelanggan secara efektif, serta membantu meningkatkan pelayanan pelanggan dengan menyediakan laporan dan analisis yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pelayanan.

  • Meningkatkan Efisiensi dan Produktivitas

Salesforce customer relationship management memiliki manfaat bagi perusahaan dalam meningkatkan efisiensi dan produktivitas dengan menyediakan platform yang terintegrasi untuk mengelola dan meningkatkan interaksi dengan pelanggan, serta membantu mengelola dan meningkatkan hubungan dengan pelanggan yang ada. Ini juga membantu meningkatkan produktivitas tim penjualan dengan membantu mengelola dan mengikuti proses penjualan.

  • Mudah Diakses

Salesforce customer relationship management tersedia secara online, sehingga dapat diakses dari mana saja dengan koneksi internet yang stabil. Ini berarti bahwa pengguna salesforce customer relationship management dapat mengakses platform tersebut dari tempat manapun yang memiliki koneksi internet yang stabil, seperti dari kantor, rumah, atau tempat lainnya. Manfaat ini memungkinkan perusahaan untuk mengelola dan meningkatkan interaksi dengan pelanggan secara efektif, tanpa terbatas oleh lokasi geografis.

Fungsi Salesforce Customer Relationship Management

Fungsi utama dari sistem informasi ini adalah untuk melakukan penjualan, sehingga dapat menghasilkan pendapatan yang signifikan. Berikut ini adalah beberapa fungsi tambahan dari Salesforce.

  • Meningkatkan Kesadaran Merek Perusahaan
  • Peningkatan Loyalitas Pelanggan
  • Sebagai Dukungan Penjualan
  • Menyediakan Layanan Pelanggan
  • Meningkatkan Pendapatan Usaha

Kesimpulan

Salesforce adalah salah satu cara untuk meningkatkan pengelolaan bisnis Anda agar lebih terampil dan produktif. Karena dengan adanya hal tersebut bisnis akan lebih mudah dan Anda dapat menjalankan aktivitas yang lain. Ivosights membantu Anda agar bisnsi Anda lebih produktif lagi dan dapat menaikan kepuasan untuk konsumen. Untuk info lebih lanjut cek website www.ivosights.com.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami