Sales Canvas, Strategi Meletakan Hati Konsumen

BPO Contact Center | Jumat, 23 September 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Sales canvasser. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Sales canvasser. Shutterstock.

Sales canvas adalah salah satu hal yang harus Anda ketahui lebih lanjut. Karena dengan memiliki strategi yang satu ini. Bisnis yang Anda jalankan akan semakin berkembang. Pentingnya sales canvas bisa ditemukan pada artikel dari Ivosights yang satu ini. Untuk mengetahuii lebih lanjutnya yuk simak mengenai sales canvas.

Apa Itu Sales Canvasser

Sales canvasser adalah seseorang yang bertugas meyakinkan calon pembeli untuk bertransaksi, tanpa janji untuk memberikan penawaran produk. Di antara sekian banyak cara untuk menjangkau calon pelanggan, teknik door to door tentunya dinilai sudah ketinggalan zaman. Namun, dengan strategi yang tepat, bisa sangat efektif dalam memasarkan produk. Namun, teknik ini bukan satu-satunya cara yang bisa Anda lakukan.

Inti dari canvassing, Anda berkomunikasi langsung dengan calon pelanggan. Oleh karena itu, komunikasi dapat dilakukan tidak hanya dengan mengunjungi tempat konsumen secara langsung, tetapi juga melalui telepon atau email.

Tugas Utama Sales Canvasser

Seperti pekerja lapangan lainnya, seorang sales canvasser tidak harus berada di kantor dari jam sembilan sampai jam lima sore. Umumnya, mereka perlu bertemu prospek dan membuat penawaran di lapangan sehingga banyak pekerjaan administrasi yang dilakukan dalam perjalanan.

Tugas utama canvasser bukanlah melakukan pekerjaan administratif, seperti menerima pesanan, mengirim faktur, atau membuat laporan tertentu. Tugas sales canvasser adalah sebagai berikut:

#1 Identifikasi pasar sasaran

Mengetahui dengan tepat siapa target pasar bisnis Anda membuat seluruh proses menjadi lebih mudah. Oleh karena itu, Anda perlu mencermati penawaran yang Anda berikan dan bagaimana penawaran tersebut dapat menyelesaikan masalah yang dimiliki konsumen. Nah, sales canvasser perlu meyakinkan calon pembeli dengan cara yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Dengan begitu, produk yang ditawarkan akan terasa lebih sesuai dengan keinginan konsumen.

Untuk dapat menemukan prospek yang tepat, Anda bisa memulainya dengan membuat daftar fitur dari produk yang Anda tawarkan. Kemudian, buat highlight dari fitur-fitur ini. Bayangkan saja, siapa yang paling diuntungkan dari fitur produk yang Anda tawarkan? Itulah calon pembeli yang tepat untuk Anda hubungi.

#2 Melakukan penjualan

Seperti diketahui, sales canvasser adalah seseorang yang mengetahui prospek untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Jadi, tentu saja melakukan penjualan adalah salah satu tugas utama.

Penjualan ini dapat dilakukan melalui berbagai media, baik email, telepon, maupun bertemu langsung dengan calon pelanggan. Namun, tim sales canvasser terbebani dengan target penjualan setiap bulannya, sehingga perlu melakukan penjualan secara optimal.

#3 Menghadiri berbagai acara

Masih terkait dengan tugas melakukan penjualan, seorang sales canvasser perlu memiliki jaringan yang luas. Dengan demikian, ada banyak kontak yang mungkin menjadi pelanggan. Oleh karena itu, biasanya sales canvasser perlu menghadiri berbagai acara. Acara yang dimaksud adalah acara yang diadakan oleh perusahaan itu sendiri atau dikelola oleh pihak eksternal. terlepas dari acaranya, sales canvasser yang paling penting memiliki kesempatan untuk bertemu lebih banyak pelanggan potensial. Jadi, ada peluang untuk menawarkan produk dan melakukan penjualan.

#4 Membina komunikasi dengan pelanggan

Setelah berhasil melakukan konfirmasi calon nasabah hingga transaksi terjadi, sales canvasser belum juga selesai. Ada kegiatan purna jual yang perlu dilakukan, salah satunya adalah membina komunikasi yang baik dengan pelanggan. Dengan kata lain, sales canvasser perlu menghubungi pelanggan pada waktu-waktu tertentu. Mungkin komunikasinya hanya untuk menyapa pelanggan, tapi bisa juga untuk mengetahui notifikasi program promosi.

Langkah-langkah untuk sales canvasser

Beberapa dari Anda mungkin masih bingung, bagaimana cara sales canvasser melakukan tugas-tugas di atas? Seperti pekerjaan lainnya, ada langkah-langkah pekerjaan yang biasanya dilakukan oleh seorang canvasser.

#1 Pendekatan calon pembeli

Identifikasi target pasar merupakan bagian dari pendekatan. Anda perlu mengetahui calon pembeli terlebih dahulu. Setelah mengetahui siapa yang akan diuntungkan dari produk atau jasa yang ditawarkan, barulah seorang sales canvasser dapat melakukan pendekatan yang tepat. Pendekatan yang tepat adalah pemicu munculnya prospek di awal.

#2 Presentasi

Selanjutnya, sales canvasser perlu menjelaskan produk atau layanan kepada pelanggan potensial. Oleh karena itu, sales canvasser perlu memiliki product knowledge yang baik. Dalam hal presentasi, kesan pertama juga sangat penting. Biasanya hal ini terlihat pada perhatian konsumen untuk mendengarkan secara keseluruhan atau tidak. Jadi, penampilan yang sopan dan kemampuan komunikasi menjadi aspek penting dalam profesi yang satu ini.

#3 Menjual

Poin penting dalam langkah kerja sales canvasser adalah fase jual atau jual. Setelah presentasi, sales canvasser harus dapat mengetahui calon pembeli mengenai manfaat yang diberikan oleh produk atau jasa yang ditawarkan. Secara umum, proses penjualan dapat dicapai dengan wawasan produk dan komunikasi yang efektif.

#4 Tutup penjualan

Ini adalah target dari semua langkah kerja sales canvasser, yaitu menutup penjualan. Pada titik ini, calon pembeli telah berhasil diyakinkan dan melakukan transaksi. Umumnya, langkah ini menyangkut hal-hal administratif yang membuktikan penutupan penjual. Misalnya dalam bentuk pengisian formulir pemesanan atau konsumen membayar uang muka.

#5 Menindaklanjuti

Agar konsumen berubah menjadi pelanggan yang loyal, diperlukan tindak lanjut setelah terjadi penjualan. Canvasser dapat memberikan promosi karena telah berbelanja atau siap memberikan bantuan jika ada masalah dengan produk yang dipesan.

Kesimpulan

Nah itulah serba-serbi sales canvasser yang harus Anda ketahui. Dengan hal ini pastinya dapat menjadi salah satu hal improvisasi untuk Anda yang ingin melakukan sales canvasser demi perusahaan. BPO Command Center dari Ivosights adalah salah satu solusi untuk Anda yang ingin mengimplementasikan sales canvasser dengan baik dan benar. Yuk ketahui lebih lanjut!

Bagikan

Akselerasikan Bisnis Anda dengan Ivosights!

Saatnya membangun interaksi pelanggan yang lebih baik lagi untuk kemajuan bisnis Anda. Hubungi kami segera!

Silahkan pilih produk & layanan yang Anda inginkan (boleh lebih dari satu).
logo product checked ripple10
icon checked
logo product checked sociomile
icon checked
logo product checked sociomation
icon checked
logo product checked whatsapp business api
icon checked
logo product checked bpo
icon checked
logo product checked command center
icon checked
logo product checked comprehensive analytic
icon checked
Perhatian! Lengkapi semua data Anda.
Team kami akan segera menghubungi Anda.