Pilih TikTok atau Facebook? Pilih yang Cocok untuk Bisnis saat Ramadan

Ripple10


Penulis : Administrator - Kamis, 06 April 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Digital monitoring. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Digital monitoring. Shutterstock.

"TikTok dan Facebook sama-sama memiliki keuntungannya tersendiri dalam berbisnis saat Ramadan. Yuk, kenali aplikasi mana yang cocok untuk bisnismu"

Pengguna aplikasi media sosial TikTok dan Facebook sangatlah banyak dan beragam. Kedua aplikasi ini adalah beberapa dari banyaknya aplikasi media sosial saat ini yang sangat digemari oleh masyarakat. Bukan hanya untuk kepentingan pribadi, kedua aplikasi ini bisa dijadikan dan dimanfaatkan untuk bisnis, lho! Selain karena memiliki banyak pengguna, Facebook dan TikTok juga memiliki banyak fitur yang bisa membuat bisnismu lancar. Dari kedua aplikasi tersebut, yuk, ketahui mana yang lebih cocok untuk berbisnis saat Ramadan. Simak penjelasannya di bawah ini, ya!

Facebook dan Perannya untuk Bisnis saat Ramadan

Siapa yang tidak mengenal Facebook? Aplikasi yang satu ini mulai digemari oleh masyarakat di seluruh dunia kurang lebih pada tahun 2009. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk memposting berbagai macam hal seperti status, video, foto, dan lain-lain. Pengguna Facebook biasanya biasa membuat beberapa video dan status yang memiliki dorongan untuk orang lain agar menyukai atau memberikan komentar. Saat ini, Facebook sudah melakukan upgrade sehingga postingan orang lain yang bukan teman bisa masuk ke dalam beranda kita.

Namun, apakah kamu tahu bahwa Facebook memiliki fitur agar bisnismu semakin laku karena kamu bisa membuat postingan iklan dan akan disebarkan di beranda pengguna yang lain? Fitur yang satu ini bisa kamu manfaatkan untuk kepentingan bisnismu, khususnya saat-saat tertentu yang memungkinkan bisnismu laku keras, seperti Ramadan. Facebook juga memiliki banyak pengguna di berbagai kalangan sehingga hal itu juga bisa membuat bisnismu semakin melebar dan mendapatkan banyak keuntungan.

Baca Juga: Ini Cara Mengikuti Tren Digital, Gunakan Platform Digital Monitoring

TikTok dan Perannya untuk Bisnis saat Ramadan

TikTok juga merupakan salah satu media sosial yang kehadirannya selalu menjadi perbincangan di kalangan masyarakat. Aplikasi TikTok mulai booming dan banyak digunakan oleh masyarakat spesifiknya pada saat pandemi Covid-19 yang ternyata memiliki banyak tren dan challenge terbaru yang sangat disukai dan digemari oleh masyarakat. TikTok saat ini termasuk ke dalam aplikasi media sosial dengan pengguna terbanyak di seluruh dunia. Banyaknya influencer bermunculan di aplikasi ini juga membuatnya semakin populer.

Singkatnya, dengan semua kelebihan dan pernyataan di atas sangatlah membuat TikTok menjadi alasanmu untuk mengembangkan bisnis disana. TikTok juga memiliki fitur dimana kita bisa berjualan dan menaruh produk kita di dalam profil bisnis yang dimiliki. Adanya kehadiran For You Page (FYP) juga membuat TikTok menjadi ajang perlombaan agar bisa masuk ke dalam beranda orang lain dan menjadi viral. Tren-tren terbaru juga biasanya dimulai di aplikasi ini, begitu pula tren yang hadir saat Ramadan. Untuk itu, kamu bisa memanfaatkan TikTok untuk kepentingan bisnismu dan menambah keuntungan di Ramadan.

Cara Mensukseskan Bisnis Lewat Facebook dan TikTok

  • Gunakan Strategi Digital Monitoring

Baik di Facebook maupun TikTok, lakukanlah digital monitoring agar bisnis yang dijalani saat Ramadan bisa sesuai dan diinginkan oleh target pasar. Melakukan digital monitoring juga akan membuat tingkatan sukses bisnismu semakin tinggi karena bisa memantau perilaku konsumen dan tren-tren terkini.

  • Selalu Gunakan Tagar yang Sesuai

Meskipun TikTok dan Facebook memiliki algoritmanya masing-masing, tidak ada salahnya menggunakan tagar yang sesuai dengan kepentingan bisnis agar tujuan bisnismu bisa tercapai dengan mudah. Namun, ada kalanya menggunakan tagar yang sedang trending juga akan membuat bisnismu mudah dilihat dan dikenal masyarakat.

Baca Juga: Cara Melakukan Digital Monitoring di Instagram, Wajib Tahu!

  • Memposting di Jam-Jam yang Sesuai

Ramadan adalah waktu yang tepat untuk menilai dan memperhatikan perilaku masyarakat yang berbeda dari bulan-bulan lainnya. Untuk itu, ada baiknya kamu memposting produk atau barang yang diproduksi pada jam-jam yang sesuai.

Gunakan Ripple10 untuk Digital Monitoring yang Lebih Baik saat Ramadan!

Alih-alih melakukan digital monitoring secara manual, Anda dapat dengan mudah melakukan digital monitoring menggunakan layanan aplikasi dari Ivosights, yakni Ripple10! Aplikasi kebanggan kami yang satu ini mampu melacak trending yang populer di kalangan masyarakat, memantau slang words yang digunakan di kalangan masyarakat, hingga mengetahui aktivitas kompetitor bisnis Anda! 

Ripple10 juga memiliki fitur yang akan membantu Anda untuk mengetahui apa yang dibicarakan masyarakat tentang bisnis yang Anda miliki di media sosial, mulai dari Facebook, Twitter, Youtube, TikTok, Instagram, hingga Portal Berita. Selain itu, Anda juga bisa menganalisis tentang aktivitas digital kompetitor bisnis Anda melalui Ripple10. Mengagumkan sekali, bukan? Yuk, segera hubungi call center Ivosights sekarang juga untuk mendapatkannya!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami