Ketika Anda menjalankan suatu bisnis yang berfokus pada penjualan atau pemasaran, pastikan bahwa kepuasan pelanggan yang diutamakan. Agent customer service dapat membantu Anda membangun hubungan atau berinteraksi dengan pelanggan. Berikut ini beberapa alasan customer relations penting bagi bisnis:

#1 Hemat Biaya

Menarik calon pelanggan yang baru memerlukan biaya yang lebih besar daripada mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Memang, menarik pelanggan baru merupakan cara yang jitu untuk keberlangsungan bisnis atau perusahaan. Tetapi, bukan berarti perusahaan harus terus-menerus menghabiskan dana untuk menarik pelanggan baru.

Perusahaan bisa meminta agent untuk memprioritaskan dan menargetkan pelanggan atau klien regular mereka. Disinilah pentingnya customer relations dengan menjaga hubungan yang baik agar pelanggan menjadi potensi yang bagus dalam penjualan dan akan meningkatkan profit perusahaan.

#2 Meningkatkan Jumlah Pelanggan Loyal

Customer Relation penting karena dapat meningkat pelanggan loyal. Pelanggan yang loyal akan terus kembali membeli sebuah produk atau jasa dari bisnis atau perusahaan Anda. Bisnis Anda juga makin dikenal saat pelanggan Anda merekomendasikan ke teman, rekan, dan lain-lain jika Anda melayani dengan baik.

#3 Menghindari Customer Churn

Beberapa pelanggan memiliki alasan yaitu malas untuk berinteraksi dengan bisnis karena mendapati pelayanan yang buruk. Memberikan suatu pelayanan yang baik merupakan komponen inti dan sangat penting untuk menghindari atau mengurangi customer churn. Intinya, terus konsisten berikan kepuasan terhadap pelanggan.

#4 Prioritaskan Pelanggan

Menggunakan perangkat lunak CRM (Customer Relationship Management) akan membantu untuk mengelompokkan pelanggan berdasarkan aspek berbeda sesuai dengan kategori yang ditentukan oleh bisnis atau perusahaan. Manajer juga bisa dalam mengelompokkan pelanggan sesuai tingkat prioritas untuk ditindaklanjuti. Ini juga akan membantu dalam memfokuskan dan bisa konsentrasi untuk melayani pelanggan yang baru.

#5 Dapat Pelanggan Baru

Dengan menggunakan perangkat lunak CRM juga, bisa digunakan untuk identifikasi pelanggan baru atau yang dinamakan dengan ‘prospek’. Agent penjualan dapat menindaklanjuti prospek tersebut untuk bisa berkomunikasi lebih lanjut dan menjalin kesepakatan untuk menjadi pelanggan. Proses ini dianggap sangat mudah dan efisien jika menggunakan perangkat lunak CRM.

#6 Produktivitas Meningkat

Perangkat lunak CRM tidak hanya untuk memantau aktivitas pelanggan saja, CRM bisa melacak aktivitas agent customer service dalam melayani pelanggan. Tak hanya itu, CRM dapat membantu sejumlah tugas agent customer service seperti administrasi. Hal tersebut sangat membantu agent meringankan pekerjaannya yang tentunya produktivitas dapat ditingkatkan.

#7 Efisien dalam Interaksi

CRM dapat menyimpan semua riwayat pembicaraan dengan pelanggan. Riwayat tersebut didapat dari berbagai macam saluran bisnis yang kemudian disimpan ke dalam satu database. Data tersebut dapat diakses oleh agent, sehingga membuatnya tidak perlu mengulangi pertanyaan yang sama kepada pelanggan.

#8 Meningkatkan Penjualan

Pelayanan yang baik maka akan menghasilkan hasil yang baik pula. Hal ini dapat meningkatkan jumlah penjualan karena pelanggan puas dengan pelayanan yang diberikan. Tak hanya itu, jika sistem bisnis Anda memiliki rating pada setiap produknya, pelanggan bisa memberikan nilai. Jika nilainya bagus, bisnis Anda akan semakin dikenal dan juga pelayanannya yang baik.

Berdasarkan uraian di atas, customer relations berperan menjalin dan mempertahankan hubungan dengan pelanggan. Tidak hanya itu saja, dengan adanya perangkat lunak customer relations, pekerjaan agent juga terbantu karena tidak perlu mengajukan pertanyaan yang sama.