Penting! Penyebab WA Error dan Cara Mengatasinya

Whatsapp Bussiness API | Kamis, 28 Juli 2022
Ket. foto: Ilustrasi - WhatsApp. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - WhatsApp. Shutterstock.

WhatsApp sepertinya sudah menjadi aplikasi wajib bagi masyarakat di Indonesia, masyarakat kita menggunakan WhatsApp (WA) sebagai sarana komunikasi dan multimedia. Namun terkadang WA suka melakukan kesalahan, padahal WA sangat penting, atau ada pekerjaan yang harus kita lakukan melalui WA. Lalu bagaimana cara memperbaiki WA yang error? Berikut adalah beberapa penyebab kesalahan WA dan cara memperbaikinya.

Apa Itu Whatsapp Messenger?

Sebelum menindaklanjuti whatsapp error dan cara mengtasinya, Kita akan menjelaskan apa itu WA (Whatsapp Messenger). WhatsApp Messenger adalah aplikasi pesan instan lintas platform yang memungkinkan pengguna iPhone, Blackberry, Android, Windows Phone, dan smartphones Nokia untuk bertukar pesan teks, gambar, video, dan audio secara gratis.

WhatsApp sangat populer di kalangan pengguna yang tidak memiliki pesan teks tanpa batas. Selain pesan dasar, WhatsApp menyediakan obrolan grup dan opsi berbagi lokasi. Secara teknis, WhatsApp menggunakan versi standar terbuka dari Extensible Messaging and Presence Protocol (XMPP). WhatsApp Inc. didirikan pada 2009 oleh Brian Acton dan Jan Koum, keduanya veteran Yahoo!

Whatsapp tidak bisa kirim pesan

Salah satu masalah yang sering dialami pengguna WhatsApp adalah tiba-tiba tidak bisa mengirim pesan. Notifikasi yang ditampilkan tidak berubah menjadi logo centang melainkan hanya jam. Banyak faktor yang bisa menyebabkan hal tersebut terjadi, mulai dari hp yang tidak terkoneksi dengan internet, cache dan data di aplikasi WA yang menumpuk, hingga mungkin saja ada aplikasi lain yang mematikan WA yang kamu gunakan.

Jika WhatsApp crash karena hal-hal tersebut, ada beberapa cara yang bisa diterapkan untuk memperbaikinya, seperti memastikan ponsel terhubung ke internet, membersihkan cache dan data WhatsApp yang tidak digunakan, atau menginstal ulang WhatsApp.

Kesalahan Whatsapp setelah Upgrade

WhatsApp menyediakan aplikasi yang berisi perbaikan atau fitur tambahan bagi penggunanya. Sayangnya, tidak sedikit pengguna yang mengeluhkan WA yang mereka gunakan menjadi error setelah mengalami error. Faktor yang paling mungkin menyebabkan masalah ini adalah ruang penyimpanan yang tidak mencukupi selama proses pembaruan. Namun, masalahnya juga bisa berasal dari Google Play Store yang diinstal pada ponsel Anda.

Tidak perlu khawatir, karena masalah ini dapat diselesaikan dengan mudah, dengan menghapus beberapa aplikasi yang tidak dibutuhkan, membersihkan cache atau data Google Play Store, atau mencoba menginstal aplikasi WhatsApp melalui situs Google Play Store.

Whatsapp tidak bisa dibuka

Sama seperti yang terjadi ketika WhatsApp tidak dapat mengirim pesan, kesalahan WhatsApp tidak dapat dibuka juga dapat terjadi karena ponsel tidak terhubung ke internet, ada cache atau data, atau ada aplikasi Task Killer yang mematikan aplikasi WhatsApp. Solusinya tidak jauh berbeda, Anda hanya perlu memastikan ponsel Anda terhubung ke internet, menghapus aplikasi Task Killer, menghapus cache dan data, dan memastikan bahwa aplikasi WA yang Anda gunakan diaktifkan. Jika WhatsApp masih error meskipun sudah menerapkan cara-cara tersebut, coba download dan install ulang aplikasi WhatsApp. Pastikan aplikasi diunduh dari sumber yang terpercaya dan proses pengunduhan berhasil.

Whatsapp Maintance atau Down

Jika kasus sebelumnya disebabkan oleh Kelalaian pengguna, smartphone, atau sumber unduhan, dalam hal ini masalah utama berasal dari server WhatsApp. Saat WhatsApp down, semua pengguna WhatsApp di dunia tidak bisa menggunakannya. Biasanya kasus ini bisa memakan waktu beberapa jam hingga sehari. Namun, hanya satu jam WhatsApp down tentu cukup membuat banyak orang rewel.

Satu-satunya hal yang bisa dilakukan saat WhatsApp down adalah menunggu hingga sistem kembali normal. untung ada banyak aplikasi seperti WA, seperti Telegram, Line, Facebook Messenger, dan lain-lain, yang bisa digunakan untuk menjaga komunikasi dengan orang lain.

Penyebab WA Error pada umumnya pasti karena kelalaian diri sendiri, dikarenakan kita sebagai pengguna masih sering menggunakan aplikasi yang satu ini kurang bijaksana serta tidak teratur. Padahal Whatsapp seringkali menjadi salah satu aplikasi terbaik untuk bisnis. WABA dari Ivosights adalah solusi untuk Anda yang ingin mengembangkan bisnis lewat aplikasi Whatsapp. Untuk info lebih lanjut Anda bisa klik link disini!

Bagikan

Akselerasikan Bisnis Anda dengan Ivosights!

Saatnya membangun interaksi pelanggan yang lebih baik lagi untuk kemajuan bisnis Anda. Hubungi kami segera!

Silahkan pilih produk & layanan yang Anda inginkan (boleh lebih dari satu).
logo product checked ripple10
icon checked
logo product checked sociomile
icon checked
logo product checked sociomation
icon checked
logo product checked whatsapp business api
icon checked
logo product checked bpo
icon checked
logo product checked command center
icon checked
logo product checked comprehensive analytic
icon checked
Perhatian! Lengkapi semua data Anda.
Team kami akan segera menghubungi Anda.