Pengaruh Angka dan Data Finance dalam Annual Report

Comprehensive Analytic


Penulis : Administrator - Kamis, 08 Desember 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Annual report. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Annual report. Shutterstock.

"Annual report memberi data & informasi yang dapat digunakan pihak eksternal perusahaan untuk melihat sejauh mana perusahaan berkembang selama setahun terakhir"

Tidak hanya dirayakan dengan kembang api dan pesta jagung bakar, atau berbelanja berkeliling mall memburu midnight sale di departemen store yang sedang cuci gudang, akhir tahun juga dirayakan dengan selebrasi yang dilakukan secara serius dan hati-hati. Apalagi kalau bukan annual report.

Saat akhir tahun, seluruh divisi di sebuah perusahaan biasanya sedang bekerja keras untuk menghasilkan annual report sebagai bentuk pertanggungjawaban mereka kepada pihak eksternal perusahaan yang terdiri dari investor dan calon investor. Divisi yang sibuk di saat-saat seperti ini adalah divisi finance karena report yang mereka susun akan menjadi bintang utama dalam annual report perusahaan.

Sebelum mengetahui lebih jauh mengetahui mengenai pengaruh sebuah angka finance dalam annual report, mari simak terlebih dahulu apa itu annual report dan apa saja yang ada di dalamnya.

Apa Itu Annual Report?

Annual report merupakan data dan informasi akurat dari sebuah perusahaan yang terangkum dalam sebuah laporan tahunan. Secara umum, annual report memberi data dan informasi yang dapat digunakan oleh orang-orang dari pihak eksternal perusahaan untuk melihat sejauh mana perusahaan tersebut berkembang selama satu tahun terakhir.

Proses pembuatan sebuah annual report dapat menjadi sangat kompleks bagi perusahaan karena melibatkan hampir seluruh divisi untuk ikut andil, tak terkecuali bagian finance. Data dan informasi yang ada dalam annual report dirangkum secara komprehensif dan menyeluruh, mulai dari informasi umum hingga detail seperti keuangan disajikan dalam bentuk yang dibuat menarik dan mudah dipahami.

Dimana Kita Dapat Melihat Annual Report?

Bagi orang awam, annual report dapat diunduh secara bebas melalui situs resmi perusahaan. Dari annual report inilah kita dapat mengetahui transparansi perusahaan, berapa banyak, sih aset yang dimiliki? atau bahkan hutang yang dimiliki oleh perusahaan di tahun tersebut.

Setiap perusahaan tentu memiliki informasi yang berbeda-beda dalam annual report-nya. Namun, pada umumnya sebuah annual report memiliki informasi umum yang serupa. Misalnya profil perusahaan yang dimuat di halaman awal, surat untuk para investor, ikhtisar operasional dan keuangan dan tata kelola perusahaan. Selain itu juga dimasukkan penghargaan yang didapatkan di tahun itu hingga laporan keuangan dan laporan laba-rugi.

Seperti Apa Pengaruh Angka dan Data Finance Pada Sebuah Annual Report?

Lalu, bagaimana angka dan data finance memiliki pengaruh demikian besar di annual report? meski terlihat remeh, data dan angka yang panjang tersebut memegang kendali dan peran yang sangat penting dalam annual report.

Angka dan data finance harus dimasukan secara teliti dan cermat. Sebab, jika terdapat kesalahan peletakan koma atau kurang angka nol, maka akan memiliki dampak yang sangat besar bagi perusahaan. Maka tidak heran jika sebuah annual report harus sempurna sebelum dapat dikonsumsi oleh publik dan orang-orang penting lainnya, yaitu para investor.

Selain itu, sebuah annual report juga bisa dijadikan referensi bagi media massa untuk memantau, dan mengutip laporan terbuka suatu perusahaan yang kemudian akan ditulis ke dalam bentuk berita yang kemudian akan dikonsumsi oleh khalayak umum. Oleh karenanya, mengolah data dan angka yang ada menjadi sebuah informasi yang bernilai dan valid menjadi hal yang benar-benar perlu diperhatikan oleh setiap perusahaan dalam annual report yang dibuat.

Siap Membuat Annual Report yang Ciamik Untuk Dipamerkan Pada Investor?

Jika membutuhkan bantuan dalam pembuatan annual report untuk bisnis, Ivosights dapat membantu Anda. Dengan dukungan teknologi dan informasi yang berkembang pesat di era digital seperti saat ini, Ivosights siap menghadirkan solusi end-to-end untuk mengelola dan meningkatkan kedekatan perusahaan Anda dengan pelanggan.

Kami akan membantu Anda dalam menyusun annual report dengan berbagai dukungan layanan kami yang berbasis big data, sehingga tidak diragukan lagi otentisitasnya untuk digunakan sebagai dasar bagi Anda untuk menyusun annual report yang menarik perhatian calon investor baru maupun mempertahankan investor yang sudah ada.

Mulai dari monitoring percakapan di berbagai channel digital melalui layanan Ripple10 yang dapat membantu Anda untuk menjaga reputasi perusahaan atau brand dari isu negatif yang berpotensi viral hingga mengetahui aktivitas digital kompetior dapat Anda lakukan bersama Ivosights.

Ssst… Anda juga dapat menggunakan layanan comprehensive analytic untuk mendapatkan hasil analisis mendalam dari berbagai sumber untuk mendapatkan insights tersembunyi mengenai konsumen yang menggunakan produk atau jasa dari perusahaan Anda, seperti percakapan digital, pasar e-commerce, media sosial, dan bahkan struk belanja pelanggan.

Ivosights siap membantu Anda untuk lebih mengerti perilaku konsumen dan pasar. Dengan demikian, Anda dapat lebih mudah menjalankan bisnis dan menyusun annual report yang lebih menarik dan ‘kaya’ akan informasi yang bisa menarik lebih banyak investor, dan tentunya memanjakan investor yang sudah ada dengan annual report yang memuaskan.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami